Langsung ke konten utama

Internet Itu Dari Dulu Tidak Aman, Jadi Jangan Khawatir

Internet adalah kumpulan beberapa jaringan komputer yang terhubung menjadi satu jaringan besar. Pada dasarnya, ketika kita melewatkan sebuah informasi melalui internet, maka otomatis informasi tersebut melalui berbagai jaringan-jaringan kecil yang bahkan kita tidak tahu apakah pemilik atau orang yang berwenang di jaringan yang dilewati itu bisa dipercaya atau tidak.

Ketika kita mengirim sebuah surat melalui jasa pengiriman pos, tentu kita paham, tidak semua oknum pegawai jasa pengiriman pos tersebut bisa dipercaya. Oleh sebab itu, kita memasukkan surat kita tersebut ke dalam amplop. Semakin berharga surat tersebut, amplop yang digunakan juga semakin bermutu, dan bersegel yang kuat.

Berbicara tentang surat elektronik (surel) itu hampir sama seperti berbicara tentang surat pada umumnya. Penyedia Jasa Layanan Internet yang kita pakai bisa jadi ada oknum yang tidak bisa dipercaya. Apalagi, informasi yang kita kirimkan tidak hanya melalui penyedia jasa layanan internet yang kita pakai. Untuk mengatasi hal ini, di internet berkembang teknologi https misalnya, yang akan merahasiakan isi dari informasi yang terkirim melalui internet. Walaupun https belum bisa menjaga informasi tentang dari dan ke perangkat mana informasi tersebut bergerak serta jenis informasi apakah yang dikirimkan (jenis informasi: text, gambar, video, dll), tapi isinya masih bisa terjaga dengan baik sehingga aman dari kebocoran informasi terlebih lagi dari perubahan isi informasi.

Virtual Private Network (VPN) adalah salah satu teknologi yang membungkus kelemahan https. Jika https menutup informasi tentang isi datanya, maka VPN menutup pintu informasi dari dan kepada siapa informasi tersebut dikirim serta jenis file apa yang dikirim. Hal inilah yang membuat VPN sulit diblokir ketika salah satu alamat di internet di blokir. Karena memblokir VPN berarti memblokir internet.

Pakai VPN dan Https, tapi kok masih kebobolan?
VPN dan HTTPS mungkin aman, namun masih ada potensi kebobolan. Ada dua kemungkinan sumber kebocoran informasi, pertama komputer pengguna dan kedua, server yang dituju. Komputer pengguna merupakan sumber terbanyak kebocoran informasi, mulai dari sistem di sisi pengguna yang tidak pernah diupdate, sampai terinstalnya malware di sistem pengguna tersebut. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan kesalahan di sisi sistem server. Sebagai misal, salah satu teman dekat penulis pernah mengalami kehilangan uang di bank. Pada awalnya pihak bank tidak mau mengakui kesalahannya, setelah berbagai bukti diberikan, akhirnya bank mau mengakui bahwa kesalahan memang ada di sistem transaksi mobile banking-nya.

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa sistem VPN dan HTTPS sebenarnya cukup aman, dan kebocoran informasi biasanya berasal dari ujung ke ujung, yakni sistem pengguna atau sistem server. Terlalu menyalahkan teknologi VPN adalah kurang tepat. Bagi pengguna VPN gratis, cari aplikasi VPN yang terpercaya, yang dipastikan tidak menanam malware di sistem anda.

Malang,
20 Ramadhan 1440/ 25 Mei 2019
Ali S Kholimi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muhammadiyah Malang Buka Pesantren Putri

Malangmu.or.id -- Lembaga pendidikan pesantren yang dinanti-nanti oleh warga Muhammadiyah Malang kini telah hadir. Berlokasi di Kepanjen, Pesantren Muhammadiyah Al-Amin Putri mulai beroperasional. Tahun ajaran baru ini 2018/2019 dibuka pendaftaran dengan kuota yang terbatas.

Kelas terbatas, hanya 20 santriwati yang bakal menjadi santri perdana di pesantren ini. Didesain Program khusus yang bekerjasama dengan SMP Muhammadiyah 03 dan SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen.

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan dalam program ini, yakni:
1) Semua kegiatan pembelajaran terpadu dan terintegrasi di Pesantren.
2) Kurikulum nya mengikuti Sisdiknas dan KMI (Pondok modern).
3) Bahasa yang digunakan dalam kesehariannya adalah Inggris dan Arab.
4) Qiroatul Kutub (membaca kitab).
5) Tahfidz Qur'an.
6) Tahsin Al-quran.
7) Pengajar dan mentor alumnus pondok pesantren modern.


Adapun kegiatan ekstra kurikulernya adalah sebagai berikut:
1) Ketangkasan; memanah
2) Bela diri; tapak suci
3) Kepanduan; Hizbul Wat…

Bazar Meriahkan Pengajian Halalbihalal PDM di Kromengan

Malangmu.or.id -KROMENGAN- Mengawali syawalan 1440 H, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang menggelar pengajian dwi bulanan sekalgus Halal-bihalal di Cabang Kromengan (23/6). Salah satu Cabang Muhammadiyah yang terletak di penghujung perbatasan kabupaten Blitar ini, dipilih sebagai tempat pengajian, tepatnya di Masjid Al Ikhlas desa Kromengan kec. Kromengan. Kromengan adalah salah satu kecamatan di kabupaten Malang yang dikelilingi desa yang banyak non Muslim.

Seperti lumrahnya, pengajian daerah ini selalu dimeriahkan oleh Bazar Produk usaha Muhammadiyah yang dikoordinir oleh Majelis Pemberdayaan dan Ekonomi PDM. Beberapa aneka produk usaha seperti busana muslim, es puter cak rozi, makanan olahan, kecapmu, helm dan lain sebagainya ikut menghiasai stand stand bazar. Menurut Bahtiar, Ketua Majelis Pemberdayaan dan Ekonomi PDM Kab. Malang, event Bazar produk usaha Muhammadiyah selalu hadir dalam acara seperti pengajian daerah. Disamping untuk memberikan kesempatan kepada p…

Pengajian PDA Kabupaten Malang Wilker Barat Berlangsung di Masjid "Tajmahal" Malang

Malangmu.or.id -- Ahad, 04 Februari 2018, Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) kabupaten Malang menggelar acara rutin tiga bulanan, yaitu "Pengajian Wilayah Kerja (wilker) Barat" yang bertempat di masjid terindah di kecamatan Dau yakni masjid Salman Alfarisi di Karangwidoro, yang terkenal dengan masjid "Tajmahal" Malang.

Pengajian Wilker Barat yang beranggotakan lima Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) yakni Dau, Karangploso, Pujon, Ngantang dan Kasembon memiliki agenda rutin. Penyampaian profil masing masing-masing PCA, sejarah berdirinya, perkembangan dan tantangan yang sedang dihadapi serta keunikan dan keunggulan.

Sebagai penyelenggara, PCA Dau mengemas acara tersebut dengan Wisata Religi. Menyuguhkan kemasan acara yang berbeda dari biasanya, sekaligus menjadikan moment special bagi berdirinya PRA baru Karangwidoro yang ditempati sebagai tuan rumah.

Dalam acara ini, dilangsungkan Pelantikan PRA oleh PDA Kab.Malang, Ibu Dra.Hj.Siti Asmah, M.Pd. "PRA adalah penggerak …