Langsung ke konten utama

Kajian Ramadhan PWM Jatim di Tahun Politik


Malangmu.or.id -- Kajian Ramadhan 1439 Pimpinan Wilayah Muhamamdiyah (PWM) Jawa Timur kali ini berbeda. Acara ini bertepatan dengan tahun politik menjelang Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) 2018 bdan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Maka, tema kajian tidak hanya berkaitan dengan puasa tetapi juga kajian politik. Bagaimana warga Muhammadiyah menyikapi dan membawa diri untuk mencapai Islam yang berkemajuan. Hal itu tertuang dalam tema utama Kajian, “Politik Nilai untuk Indonesia Berkemajuan”

Sebagimana tahun sebelumnya, Kajian Ramadhan PWM kalai ini diadakan di  UMM Dome (3-4 Ramadhan 1439 H atau 19-20 Mei 2018.  Kajian yang diikuti seluruh warga Muhammadiyah di Jatim ini juga mengundang kandidat Kepala Daerah Jatim, yakni Khofifah Indar Parawansa dan Syaifullah Yusuf.

Kajian Ramadhan yang dilaksanakan 2 hari itu dibagi menjadi beberapa sesi. Pada hari Sabtu (19/5) menampilkan Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr. Haidar Nashir yang akan membawakan materi “Aktualisasi Politik Nilai Muhammadiyah: Tantangan dan Harapan” sekaligus  keynote speaker. Kemudian dilanjut Panel 1 menampilkan tema “Politik Nilai untuk Penguatan Demokrasi” (Hajriyanto Y Thohari, MA) dan “Visi mewujudkan Jatim Berkemajuan” (Dra. Khofifah Indar Parawansa, M.Si).

Menanggapi pelaksanaan Kajian Ramadhan ketua PDM Kabupaten Malang, Dr. Mursidi mengatakan,  bahwa pelaksaan kajian bertepatan dengan tahun politik. Untuk itu bagaimana caranya Muhammadiyah Jatim bisa ikut mendukung gerakan politik yang berkemajuan.

“Muhammadiyah menjadi bagian tak terpisahkan dari dinamika politik daerah. Politik butuh  Muhammadiyah, dan juga sebaliknya. Maka, Muhammadiyah harus bisa memberikan sumbangan berarti untuk mencapai politik yang berkemajuan. Ini sesuai cita-cita persyarikatan juga, “tegas dosen Fekultas Ekonomi dan Bisnis UMM itu.

Pada sesi siang peserta yang terdaftar sejumlah 2.270 akan mendengarkan pemaparan Pengurus PP Muhammadiyah Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed (Politik Nilai dan Peradaban Bangsa) dan Drs. Syaifullah Yusuf (Visi Mewujudkan Jatim Berkemajuan).

Sementara itu, pada hari Ahad (20/5) tema yang dibicarakan berkaitan dengan tahun politik,  yang akan membahas tema “Bermuhammadiyah di Tengah Dinamika Politik Lokal dan Nasional”,  disampaikan Prof. Malik Fadjar, M.Sc dan teman “Pendidikan Politik Nilai dan Generasi Berarakter (Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP). Juga ada pembicara lain mantan ketua umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin.


Acara juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur (Soekarwo), Rektor UMM (Fauzan), ketua PWM Jatim (Saad Ibrahim) dan juga ada refleksi Muhammadiyah Menghadapi Pilkada Jatim yang disampaikan Prof. Jainuri.


Delegasi terbanyak Kajian Ramadhan 2018 berasal dari PDM Lamongan dengan mengirim 290 peserta, disusul  PDM Kabupaten Kediri dengan peserta 280. Dari Malang sediri jumlah peserta 38 peserta. Acara juga diikuti oleh Ortom di amal usaha Muhammadiyah (nrd).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muhammadiyah Malang Buka Pesantren Putri

Malangmu.or.id -- Lembaga pendidikan pesantren yang dinanti-nanti oleh warga Muhammadiyah Malang kini telah hadir. Berlokasi di Kepanjen, Pesantren Muhammadiyah Al-Amin Putri mulai beroperasional. Tahun ajaran baru ini 2018/2019 dibuka pendaftaran dengan kuota yang terbatas.

Kelas terbatas, hanya 20 santriwati yang bakal menjadi santri perdana di pesantren ini. Didesain Program khusus yang bekerjasama dengan SMP Muhammadiyah 03 dan SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen.

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan dalam program ini, yakni:
1) Semua kegiatan pembelajaran terpadu dan terintegrasi di Pesantren.
2) Kurikulum nya mengikuti Sisdiknas dan KMI (Pondok modern).
3) Bahasa yang digunakan dalam kesehariannya adalah Inggris dan Arab.
4) Qiroatul Kutub (membaca kitab).
5) Tahfidz Qur'an.
6) Tahsin Al-quran.
7) Pengajar dan mentor alumnus pondok pesantren modern.


Adapun kegiatan ekstra kurikulernya adalah sebagai berikut:
1) Ketangkasan; memanah
2) Bela diri; tapak suci
3) Kepanduan; Hizbul Wat…

Reuni Veteran Pemuda Muhammadiyah, Bangkitkan Semangat Ber-Muhammadiyah

Bazar Meriahkan Pengajian Halalbihalal PDM di Kromengan

Malangmu.or.id -KROMENGAN- Mengawali syawalan 1440 H, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang menggelar pengajian dwi bulanan sekalgus Halal-bihalal di Cabang Kromengan (23/6). Salah satu Cabang Muhammadiyah yang terletak di penghujung perbatasan kabupaten Blitar ini, dipilih sebagai tempat pengajian, tepatnya di Masjid Al Ikhlas desa Kromengan kec. Kromengan. Kromengan adalah salah satu kecamatan di kabupaten Malang yang dikelilingi desa yang banyak non Muslim.

Seperti lumrahnya, pengajian daerah ini selalu dimeriahkan oleh Bazar Produk usaha Muhammadiyah yang dikoordinir oleh Majelis Pemberdayaan dan Ekonomi PDM. Beberapa aneka produk usaha seperti busana muslim, es puter cak rozi, makanan olahan, kecapmu, helm dan lain sebagainya ikut menghiasai stand stand bazar. Menurut Bahtiar, Ketua Majelis Pemberdayaan dan Ekonomi PDM Kab. Malang, event Bazar produk usaha Muhammadiyah selalu hadir dalam acara seperti pengajian daerah. Disamping untuk memberikan kesempatan kepada p…