Selasa, 03 April 2018

Posted by Ridlo Posted on April 03, 2018 | No comments

Keberadaan KL Lazismu yang Tak Sekedar “Harus Ada”

Hariadi, Ka.div. pengembangan lazismu PDM kab. Malang (kiri) saat mengukuhkan Hafidul Islam dan Alvian (tengah) sebagai amil fundraising di tingkat kantor layanan lazismu PCM Wajak – kab. Malang.

Malangmu.or.id - PAKIS. Dua tahun sudah Lazismu Kabupaten Malang periode ini berjalan untuk mengemban amanat hasil keputusan Musyda tahun 2016 silam. Rasa bangga setelah melihat semangat yang luar biasa dari para amil maupun relawan Lazismu di tingkat daerah kabupaten (PDM) Malang. Pembentukan kantor-kantor layanan Lazismu di beberapa PCM, PRM, masjid/AUM bergeliat. memang masih banyak yang belum mendirikan kantor layanan Lazismu/KLL Banyak pimpinan cabang yang belum serius membidani kelahiran Lazismu, sebagaimana telah diinstruksikan pp muhammadiyah melalui surat nomor : 259 tahun 2016. “Tapi kami yakin, tidak akan lama lagi gerakan massif akan terjadi. tidak ada kata terlambat dalam bermuhammadiyah dan dalam menggerakkan Lazismu.” (dikutib dari pernyataan Hilman Latief, Ph.D./ketua badan pengurus Lazismu pp muhammadiyah pada laman www.lazismujatim.org 21 desember 2017).

Ketua divisi pengembangan lazismu kabupaten Malang, Hariadi, S.AP mengatakan bahwa sosialisasi instruksi PP muhammadiyah nomor 259 tahun 2016 tentang pendirian dan pengelolaan lazismu pada struktur dan amal usaha muhammadiyah, yang salahsatu penekanan dari tiga poin penting pada instruksi tersebut;  “mendirikan dan mengelola lazismu, sehingga praktek penggalangan dan pengelolaan berbagai bentuk donasi dapat berjalan secara legal”, akan terus dilakukan baik dengan cara komunikasi personal maupun secara kelembagaan serta mempopulerkan brand lazismu di berbagai event kegiatan maupun media-media yang ada di persyarikatan, ortom dan AUM. Pada Senin [2/04/2016] dikukuhkannya anggota yang akan tergabung dalam tim kantor layanan lazismu/KLL yang akan menjadi penggerak yang akan menebar virus filantropi Muhammadiyah di wilayah kerja PCM Wajak kab. Malang.

KL Lazismu PCM wajak adalah KLL ke-11 yang sudah terbentuk diantara 8 KLL pcm dan 3 KLL aum. masih sangat minim dari potensi data struktur dan AUM yang ada di wilayah kerja PDM kab. Malang. Artinya masih lebih dari 75% pcm dan lebih dari 82% aum; sekolah (SD, SMP/MTs, SMA/SMK), panti pesantren, klinik/RS yang belum mendirikan dan mengelola Lazismu. Potensi besar, berbanding terbalik dengan jumlah SDM yang ada di lazismu PDM kab. Malang. Keberadaan KLL yang sudah terbentuk akan membantu dalam mengkomunikasikan pendirian KLL pada struktur dan AUM lain yang belum ada dan tergerak mendirikan dan mengelola lazismu.

Lazismu adalah lembaga zakat tingkat nasional satu-satunya dimiliki muhammadiyah yang secara sah/legal dalam menghimpun dana zakat, infaq, wakaf dan dana kedermawanan lainnya baik dari perseorangan, lembaga, perusahaan dan instansi lainnya. oleh karena itu dukungan dan komitmen seluruh pimpinan dan pemangku kebijakan di tingkat struktur PRM/PCM dan AUM juga merupakan bagian terpenting sukses lazismu kab. Malang. Keberadaan KL Lazismu tentunya diharapkan mampu menjadi penopang pendanaan implementasi program-program majelis yang ada di masing-masing struktur organisasi. senantiasa memproduksi program-program pendayagunaan yang mampu menjawab tantangan perubahan dan problem sosial masyarakat yang berkembang, tambah Hariadi. (Hari/Rid)

0 komentar:

Posting Komentar