Minggu, 28 Januari 2018

Posted by hilmi Posted on Januari 28, 2018 | No comments

MPS Gandeng UMM untuk Pengelolaan Panti yang Berkemajuan


Malangmu.or.id -- Bertempat di kediaman ketua Majelis Pelayanan Sosial (MPS) Pimpinan Daerah Muhammadiya (PDM) Kabupaten Malang, ibu Ai Mulyani Azzahra, Ahad 28 Januari 2018, fikiran-fikiran berkemajuan untuk Panti Asuhan Muhammadiyah teralirkan. Dalam agenda koordinasi rutin bulanan kali ini, MPS membahas perkembangan Panti Asuhan Muhammadiyah (PAM) se-Kabupaten Malang dan sosialisasi hasil koordinasi dengan MPS Wilayah Jawa Timur bidang kewirausahaan.

Dr. Fauzik Lendriyono selaku koordinator divisi Panti dan pesantren, yang juga kepala Laboratorium Jurusan Kesejahteraan Sosial FISIP UMM hadir dalam acara koordinasi ini. Beliau menyampaikan perihal profesionalisme pengasuh panti. Menurutnya, kedepan perlu adanya pengasuh panti yang profesional yang diimbangi dengan kesejahteraan yang layak.

Di kabupaten Malang saja, Muhammadiyah memiliki 9 panti asuhan yaitu PAM Lawang, PAM Ulil Absor, PA Aisyiah Riverside, PA Aisyiah Sengkaling, PAM Gondang legi, PAM Kepanjen putra-putri, PAM Perharsia dan PAM Pakisaji.

Beberapa hal yang disepakati dalam pertemuan  MPS ini, diantaranya adalah merencanakan atau mengadakan MoU dengan Psikologi UMM, Program Pendidikan Ulama Tarjih (PPUT) FAI UMM dan jurusan Kesejahteraan Sosial UMM terkait pendampingan pengasuh dan anak di panti. Tujuannya adalah memaksimalkan kinerja pengasuh terkait keterampilan kepengasuhan dan ketertiban administrasi di panti asuhan.

MPS juga berharap semua panti asuhan Muhammadiyah yang ada di kabupaten Malang memiliki unit bisnis untuk kemandirian panti. Karena itu, tim MPS divisi kewirausahaan akan melakukan pemetaan potensi dari masing-masing panti untuk selanjutnya dilakukan pendampingan, agar usaha yang akan/ sedang dikembangkan oleh panti dapat berkembang dengan maksimal.
*Nur Rohman Sekertaris MPS kab. Malang
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar