Selasa, 19 Desember 2017


Bergengsi.  Dava Ananda Rizki (kiri)  dan Jimly Adam Ahmad (kanan) mejeng di panggung AYRO Singapore.  Keduanya berhak wakili Asia di AJR Australia 2018.
Malangmu.or.id -- GONDANGLEGI- Tradisi juara kembali ditunjukkan kegiatan Ekstra Kulrikuler (Ekskul) robot (M-Turbo) SMK Muhammadiyah 7 (Mutu) Gondanglegi, Malang. Kali ini, dua siswanya meraih kejuaraan bergengsi Asian Youth Robot Olympiad (AYRO) di Singapura (16/12/2017). Kejuaraan kali ini semakin melengkapi prestasi SMK Mutu Gondanglegi yang sudah go international.

Dua medali sekaligus diraih pada ajang International Robotic Competition kali ini. Yaitu, excellent medal,  kategori creative robotic dan bronze medal pada kategori theater robotic. Dengan mengusung tema 'Robot Help People' tim M-Turbo SMK Mutu Gondanglegi mempercayai Jimly Adam Ahmad dan Dava Ananda Rizki sebagai kreator untuk beradu kreatif dengan 600 peserta se-Asian.

"Pada kategori teater robot, selain tema harus menarik, performance, electrical, jenis mikro controller, bahkan seni pementasan pun masuk dalam  kriteria penilaian," ujar Jimly siswa kelas XI jurusan Ototronik.

Sedangkan untuk kategori kreatif robot, lanjut Jimly dan Rizki membuat robot pendeteksi pencurian di Bank. Robot dilengkapi dengan mikro kontroler, sensor, infra red, sensor gerakan dan suara.

Hasil yang diraih dua siswa itu membuat pembimbiny M-Turbo, Martono, ST  bersuka cita dan penuh harap. Ia menyatakan, "Hasil dari AYRO Singapore belum maksimal, masih perlu ditingkatkan baik dalam hal porsi latihan maupun daya kreativitas, guna menghadapi kejuaraan robot selanjutnya. Kita harus terus genjot mereka agar nantinya lebih baik"

Perlu diketahui selain mendapat medali, sertifikat, dan voucher senilai 250 USD, Jimly Adam Ahmad dan Dava Ananda Rizki  juga berhak maju ke Asian Junior Robotic (AJR) yang akan diselenggarakan di Australia tahun 2018 nanti  (faruk)
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar