Langsung ke konten utama

Sekretaris PDM; Ranting Wajib Adakan Kegiatan setiap Pekan



Drs. M. Nurul Humaidi, M.Ag ketika memberikan sambutan pada acara Upgrading Organisasi, Sabtu (11/11/2017)


Malangmu.or.id – Drs. M. Nurul Humaidi, M.Ag ketika memberikan sambutan pada acara pembukaan Upgrading Organisasi, Sabtu 11 November 2017 mengatakan bahwa Cabang dan Ranting Muhammadiyah adalah sebagai ujung tombok persyarikatan. Di Muhammadiyah itu, yang tidak boleh tidak ada adalah Pimpinan Pusat (PP) dan Pimpinan Ranting (PR), terutama dalam hal aktifitas-aktifitas. 

Perihal keberadaan PP dan PR ini, di depan Pimpinan Cabang Dau dan 100 lebih peserta Upgrading Organisasi, Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) kabupaten Malang ini menjelaskan bahwa Pimpinan Pusat adalah pemegang legal formal Muhammadiyah sebagai persyarikatan, yang memiliki aspek hukum, yang menunjukkan eksistensinya di wilayah negara Republik Indonesia ini. Adapun Pimpinan Ranting adalah pimpinan yang berada di garis terdepan, atau bisa disebut sebagai anak panah yang akan menyusuri sasaran-sasaran dakwah di berbagai tempat, dan itulah sesungguhnya tugas Pimpinan Ranting di berbagai tempat. 

Bahkan, paparnya lebih lanjut, dalam Anggaran Dasar Muhammadiyah disebutkan, Pimpinan Ranting itu setiap pekan wajib hukumnya mengadakan kegiatan, setidak-tidaknya pengajian bagi pimpinan dan jamaahnya. Inilah sesungguhnya substansi persyarikatan, karena di Ranting itulah yang selalu bersentuhan dengan jamaah. Tegasnya di depan peserta yang terdiri dari Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah, Pimpinan Amal Usaha, TK, SD dan SMP serta Panti se-Cabang Dau serta peserta undangan dari Cabang Wagir.

Pada acara yang diselenggarakan Majelis Pendidikan Kader dan Pengembangan Ranting Pimpinan Cabang Muhammadiyah Dau di masjid Salman Al Farisi Karangwidoro, yang megah dan terkenal dengan sebutan “Tajmahal” Malang ini, Sekrtaris PDM yang juga Wakil Dekan III FAI UMM ini lebih lanjut menyampaikan Sesungguhnya, kita dalam berorganisasi adalah aktualisasi dari semangat dan spirit QS ash-Shaf ayat 4. Dimana, dengan menjadikan organisasi ini sebagai organisasi yang kuat, rapi dan teratur, bekerjasama dengan semua unsur agar lebih efektif, mengumpulkan energy-energi yang sangat banyak untuk mencapai tujuan tugas dakwah. Berbeda, jikalau kita berjalan secara individu, sendiri-sendiri akan sangat sulit dan tidak efektif dalam mewujudkan misi dakwah. (hil)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muhammadiyah Malang Buka Pesantren Putri

Malangmu.or.id -- Lembaga pendidikan pesantren yang dinanti-nanti oleh warga Muhammadiyah Malang kini telah hadir. Berlokasi di Kepanjen, Pesantren Muhammadiyah Al-Amin Putri mulai beroperasional. Tahun ajaran baru ini 2018/2019 dibuka pendaftaran dengan kuota yang terbatas.

Kelas terbatas, hanya 20 santriwati yang bakal menjadi santri perdana di pesantren ini. Didesain Program khusus yang bekerjasama dengan SMP Muhammadiyah 03 dan SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen.

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan dalam program ini, yakni:
1) Semua kegiatan pembelajaran terpadu dan terintegrasi di Pesantren.
2) Kurikulum nya mengikuti Sisdiknas dan KMI (Pondok modern).
3) Bahasa yang digunakan dalam kesehariannya adalah Inggris dan Arab.
4) Qiroatul Kutub (membaca kitab).
5) Tahfidz Qur'an.
6) Tahsin Al-quran.
7) Pengajar dan mentor alumnus pondok pesantren modern.


Adapun kegiatan ekstra kurikulernya adalah sebagai berikut:
1) Ketangkasan; memanah
2) Bela diri; tapak suci
3) Kepanduan; Hizbul Wat…

Reuni Veteran Pemuda Muhammadiyah, Bangkitkan Semangat Ber-Muhammadiyah

Bazar Meriahkan Pengajian Halalbihalal PDM di Kromengan

Malangmu.or.id -KROMENGAN- Mengawali syawalan 1440 H, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang menggelar pengajian dwi bulanan sekalgus Halal-bihalal di Cabang Kromengan (23/6). Salah satu Cabang Muhammadiyah yang terletak di penghujung perbatasan kabupaten Blitar ini, dipilih sebagai tempat pengajian, tepatnya di Masjid Al Ikhlas desa Kromengan kec. Kromengan. Kromengan adalah salah satu kecamatan di kabupaten Malang yang dikelilingi desa yang banyak non Muslim.

Seperti lumrahnya, pengajian daerah ini selalu dimeriahkan oleh Bazar Produk usaha Muhammadiyah yang dikoordinir oleh Majelis Pemberdayaan dan Ekonomi PDM. Beberapa aneka produk usaha seperti busana muslim, es puter cak rozi, makanan olahan, kecapmu, helm dan lain sebagainya ikut menghiasai stand stand bazar. Menurut Bahtiar, Ketua Majelis Pemberdayaan dan Ekonomi PDM Kab. Malang, event Bazar produk usaha Muhammadiyah selalu hadir dalam acara seperti pengajian daerah. Disamping untuk memberikan kesempatan kepada p…