Kamis, 12 Oktober 2017

Posted by kholimi Posted on Oktober 12, 2017 | No comments

Olah Limbah, Mahasiswa UMM Juarai Siemens SciTech Competition

Tim Dome Universitas Muhammadiyah Malang
  TIM mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) meraih sukses bersaing di ajang Siemens SciTech Competition, yang digelar 9-11 Oktober 2017. Dua mahasiswa yang tergabung dalam tim Dome UMM ini unggul di bidang lomba pemrograman Human Machine Interface (PLC-HMI).

Keduanya adalah Een Hutomo Putra dan Ari Devianto, mahasiswa Teknik Elektro. Tim Dome UMM ini berhasil lolos hingga babak final kategori PLC-HMI dan akhirnya berhasil meraih juara 2.

Een Hutomo dan Ari Devianto akhirnya berhasil melalui babak terakhir dan menjadi juara 2 setelah menyelesaikan studi kasus pengolahan limbah. Waktu total pengerjaan soal studi kasus ini selama dua jam.

Ilham Pakaya, pembimbing tim yang mendampingi kompetisi mengungkapkan, untuk bisa meraih juara ini setiap tim harus melalui beberapa babak yang dibagi menjadi tingkat regional dan nasional.

"Dalam setiap babak, diberikan sebuah studi kasus yang berbeda yang harus diselesaikan dalam waktu tertentu", kata Ilham, Kamis (12/10).

Dikatakan, pada kategori Programmable Logic Controller Human Machine Interface (PLC-HMI) ini, Teknik Elektro UMM mengirimkan 2 tim peserta dan bersaing dengan 19 tim lainnya dari seluruh Indonesia.

Siemens SciTech Competition sendiri merupakan kompetensi nasional tahunan bergengsi yang diadakan oleh PT Siemens Indonesia. Tahun ini Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menjadi tuan rumah tempat berlangsungnya kompetisi ini.

Selain kategori Programmable Logic Controller (PLC), dilombakan juga kelompok Human Machine Interface (PLC-HMI), Distributed Control Systems (DCS) atau sistem SCADA, serta Matematika dan Ilmu Pengetahuan. Kompetisi ini sendiri diikuti oleh 99 tim dari 22 universitas dan 8 sekolah menengah dan teknik dari seluruh Indonesia. (ask/min)

0 komentar:

Posting Komentar