Langsung ke konten utama

Membanggakan, UMM Kembali Raih Akreditasi A dari BAN-PT


Poster selamat akreditasi A UMM yang menyebar di medsos.

Malangmu.or.id - UMM. Berdasarkan surat keputusan (SK) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) bernomor 3289/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2017, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali mempertahankan akreditasi institusi A. Raihan ini jadi bukti  kepercayaan masyarakat pada kampus swasta terunggul di Jawa Timur (Jatim) itu.

Raihan itu disebut Rektor UMM, Drs H Fauzan MPd, merupakan buah dari corporate culture yang dibangun UMM. Menurut dia, kultur itu telah mendorong civitas akademika UMM, baik dosen, karyawan, maupun mahasiswa untuk bekerja dan berkaya lebih giat dan produktif. “Yang kami lakukan tidak hanya untuk prestise tapi bersifat strategis untuk kemajuan institusi, persyarikatan dan bangsa,” kata Fauzan.

Bagi Fauzan, prestasi yang diukir mahasiswa, dosen, maupun prestasi secara institusional berakar dari energi untuk memberi, sejalan dengan motto UMM, ‘Dari Muhammadiyah untuk Bangsa’. “Alhamdulillah, banyak karya mahasiswa dan dosen yang bisa dinikmati dan bermanfaat untuk masyarakat luas,” ujarnya.

Sementara Kepala Kantor Pengelola dan Pengendali Akreditasi (KPPA) UMM, Ainur Rofieq, mengatakan, keberhasilan ini lantara UMM telah memiliki pola Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang melebihi standar yang ditentukan oleh Kemenristekdikti.

“Semua standar mutu SPMI itu sudah beroperasi dengan baik sehingga tercipta budaya mutu, baik dari segi fungsi maupun tata kelola. Tak heran, ketika pelaksanaan SPMI UMM diaudit, BAN-PT memberi skor 368 atau nilai A,” ungkap Rofieq.

Langkah ke depan, kata Rofieq, untuk kurun lima tahunan ini, UMM ingin mewujudkan akreditasi internasional melalui berbagai lembaga pemberi akreditasi dunia seperti ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN QA) dan Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET).

Melalui AUN-QA, UMM telah menjadi associate member sejak Agustus 2016 dan tahun ini telah mendaftarkan sebanyak tiga prodi, yaitu Pendidikan Biologi, Peternakan, dan Manajemen untuk diakreditasi AUN-QA.

“Tahun depan, kami berencana mendaftarkan lagi tiga prodi lain untuk mendapatkan rekognisi dari AUN-QA,” papar Rofieq.

Untuk ABET, lanjutnya, tahun ini UMM telah mengikuti workshop di Amerika Serikat sebagai prasyarat mendapat rekognisi. “Sebagai awal akreditasi, pada 2017 ini, kami telah memilih tiga prodi dari Fakultas Teknik untuk menyelenggarakan akreditasi ABET,” kata Rofieq.

Selain itu, Rofieq meneruskan, UMM memiliki banyak program di bidang penelitian, kerjasama, pertukaran dosen-mahasiswa, pertemuan ilmiah, dan berbagai program lainnya berskala internasional yang mengalami peningkatan mutu dan jumlah penyelenggaraan.

Ketika dimintai pendapatnya, Wakil Rektor I, Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si menyatakan kegembiraannya. Raihan itu akan menjadi daya dorong kampus untuk maju, terutama dalam menjaga warwah (kehormatan) lembaga.

Sebagaimana diketahui juga, UMM juga telah berhasil meraih Anugerah Kampus Unggul (AKU) selama 10 tahun terakhir dari Kopertis wilayah VII Jatim. (hum/nrd).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muhammadiyah Malang Buka Pesantren Putri

Malangmu.or.id -- Lembaga pendidikan pesantren yang dinanti-nanti oleh warga Muhammadiyah Malang kini telah hadir. Berlokasi di Kepanjen, Pesantren Muhammadiyah Al-Amin Putri mulai beroperasional. Tahun ajaran baru ini 2018/2019 dibuka pendaftaran dengan kuota yang terbatas.

Kelas terbatas, hanya 20 santriwati yang bakal menjadi santri perdana di pesantren ini. Didesain Program khusus yang bekerjasama dengan SMP Muhammadiyah 03 dan SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen.

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan dalam program ini, yakni:
1) Semua kegiatan pembelajaran terpadu dan terintegrasi di Pesantren.
2) Kurikulum nya mengikuti Sisdiknas dan KMI (Pondok modern).
3) Bahasa yang digunakan dalam kesehariannya adalah Inggris dan Arab.
4) Qiroatul Kutub (membaca kitab).
5) Tahfidz Qur'an.
6) Tahsin Al-quran.
7) Pengajar dan mentor alumnus pondok pesantren modern.


Adapun kegiatan ekstra kurikulernya adalah sebagai berikut:
1) Ketangkasan; memanah
2) Bela diri; tapak suci
3) Kepanduan; Hizbul Wat…

Reuni Veteran Pemuda Muhammadiyah, Bangkitkan Semangat Ber-Muhammadiyah

Bazar Meriahkan Pengajian Halalbihalal PDM di Kromengan

Malangmu.or.id -KROMENGAN- Mengawali syawalan 1440 H, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang menggelar pengajian dwi bulanan sekalgus Halal-bihalal di Cabang Kromengan (23/6). Salah satu Cabang Muhammadiyah yang terletak di penghujung perbatasan kabupaten Blitar ini, dipilih sebagai tempat pengajian, tepatnya di Masjid Al Ikhlas desa Kromengan kec. Kromengan. Kromengan adalah salah satu kecamatan di kabupaten Malang yang dikelilingi desa yang banyak non Muslim.

Seperti lumrahnya, pengajian daerah ini selalu dimeriahkan oleh Bazar Produk usaha Muhammadiyah yang dikoordinir oleh Majelis Pemberdayaan dan Ekonomi PDM. Beberapa aneka produk usaha seperti busana muslim, es puter cak rozi, makanan olahan, kecapmu, helm dan lain sebagainya ikut menghiasai stand stand bazar. Menurut Bahtiar, Ketua Majelis Pemberdayaan dan Ekonomi PDM Kab. Malang, event Bazar produk usaha Muhammadiyah selalu hadir dalam acara seperti pengajian daerah. Disamping untuk memberikan kesempatan kepada p…