Kamis, 21 September 2017

Posted by hilmi Posted on September 21, 2017 | No comments

Unik, Tabligh Akbar Sambut Muharram Diawali Apel Pagi

Camat Dau ketika berpidato Apel Pagi Tabligh Akbar, Rabu (20/09/17)
Malangmu.or.id -- Berbeda dengan peringatan tahun baru Hijriyah tahun lalu, kini MUI dan segenap Ormas di Dau (Muhammadiyah, Hidayatullah, NU) mendesain acara peringatan tahun baru Hijriyah 1439 dengan format acara yang kreatif dan atraktif. Jikalau tahun lalu, murni pengajian dari perwakilan semua ormas, kini Tabligh Akbar ini diawali dengan Apel Pagi.

Apel pagi yang biasa dilakukan dalam acara-acara resmi pemerintahan, namun kini ditampilkan dalam acara Pengajian, Tabligh Akbar. Tak ayal, persiapanpun dilakukan secara matang. Sebelum hari H (H-1) diadakah gladi. Pada hari H, sebelum rombongan Muspika hadir dilokasi, juga dilakukan gladi bersih. Segenap petugas apel (upacara) bersiap siaga dan mengatur seluruh anggota (peserta) pengajian mengikuti instruksi. Susunan acara apel hampir mirip dengan upacara pada umumnya, kecuali pengibaran bendera yang tidak ada.

Sekitar pukul 08.45, Camat Dau dan jajaran muspika lain datang. Mereka memasuki lapangan dan menempati panggung kehormatan, apelpun dimulai. Dalam Pidatonya, Bapak Drs. Supanji selaku Camat Dau berharap agar momentum peringatan tahun baru Hijriyah ini digunakan untuk menggali makna-makna mendasar dari peristiwa Hijrahnya Nabi Muhammad SAW. Menjauhkan diri dari apa-apa yang dilarang Allah adalah termasuk berhijrah.

Lebih lanjut, Pria asli Karang Ploso ini, yang kini dipercaya memimpin wilayah Dau memaparkan bahwa meningkatkan segala amal baik, amal ibadah kita sekaligus mengoreksi, menimbang untuk memperberat amalan baik ke depan adalah tugas kita bersama. Beliaupun berpesan dan mengajak seluruh peserta apel, agar tetap menjaga kerukunan, ukhuwah Islamiyah, kesatuan dan persatuan antar umat Islam, bekerjasama antara ulama' dan umara' demi tegaknya Indonesia. Kita jangan mudah terpengaruh terhadap Narkoba, Miras, tindakan kriminal. Mari kita tetap berpegang teguh kepada nilai nilai Islam, indonesia adalah negara berketuhanan dan beradab. Tegasnya dalam pidato apel pagi Tabligh Akbar, Rabu (20/09/17).

Senada dengan pesan diatas, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Dau, Drs. Taufiq Burhan, M.Pd berpesan kepada seluruh warga Muhammadiyah dan umat Islam semuanya, agar kita senantiasa meningkatkan amal ibadah kita. Kedua, momentum pergantian tahun Hijriyah ini, semoga bisa kita petik hikmahnya. Hijrah bukan hanya berhenti ketika Nabi SAW saja, melainkan pada saat sekarang ini kita harus mengaktualisasikan maknanya dalam kehidupan. Beranjak dari kebiasaan negatif menuju hal-hal positif, salah satunya. Dan pesan ketiga adalah upaya membangun kebersamaan, kesatuan dan kekuatan demi tegaknya Islam harus terus diperjuangkan dan ditegakkan secara bersama-sama dari semua elemen masyarakat dan organisasi masyarakat Islam. Ini sesuai dengan keimanan kita yang telah tertuang dalam nash-nash baik al-Qur'an maupun Hadits. (Hilmi)
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar