Kamis, 10 Agustus 2017

Siswi Yangmoon School ketika memainkan alat tradisional di panggung. Merdu dan mempesona. (foto:Pahri)

Malangmu.or.id - Korea. Aura wajah kampus dan sekolah yang ada di Busan Korea, tampak rapi,  bersih dan tertata. Seperti di Dongsoe University, Sun Moon University dan Yangwoon High School.  Bahkan di tempat-tempat umum pun tak jauh beda, bersih dan rapi.

Di pojok-pojok sekolah,  tersedia area publik yang luas dan nyaman.  Taman hijau  mempesona. Aneka rumput,  pohon dan bunga tumbuh dan terawat dengan baik.  Tempat duduk pun tertata rapi menunggu kehadiran warga kampus.

Suasana sekolah yang asri menjadikan peserta didik nyaman dan enjoy. Anak-anak Yangwoon High School betah berlama-lama berada di sekolah. Sekolah menjadi rumah kedua bagi-nya dan sekolah menjadi kebanggaan bagi mereka. 

Perlu diketahui, sekolah di Korea seperti Yangwoon High School  tersedia bebagai fasilitas: sport center,  food center, unit kesehatan sekolah,  kantin, lab memasak,  ruang kesenian,  panggung pertunjukan,  lapangan olah raga dan kamar kecil yang bersih dan sehat. Pendek kata ada ruang untuk unjuk diri dan aktualisasi diri.  

Demikian pula,  para guru dan karyawan di sekolah atau di kampus lebih menempatkan diri sebagai orang tua, fasilitator dan motivator bagi peserta didik. Mr.  Choi Man Gong,  Principal Yangwoon High School, lebih mengedepankan mendidik dan membimbing daripada sekedar mengajar.  

Suasana dan kondisi seperti itu,  menjadikan anak-anak Korea senang berada di sekolah. Lingkungan belajar-nya jauh dari vandalisme dan kekerasan. Baik fisik maupun verbal. Inilah yang disebut dengan "Madrasatiy Jannatiy". Sekolahku Sorgaku. 

Bila sekolah menjadi taman surga, mka bakat dan minat siswa bersemi. Dan prestasi pun bersinar  menembus batas dunia. Lantas bagaimana dengan sekolah kita. (Pahri)

0 komentar:

Posting Komentar