Langsung ke konten utama

"Sekolahku Sorgaku", Catatan Perjalanan Kepala SMK MUTU ke Korea

Siswi Yangmoon School ketika memainkan alat tradisional di panggung. Merdu dan mempesona. (foto:Pahri)

Malangmu.or.id - Korea. Aura wajah kampus dan sekolah yang ada di Busan Korea, tampak rapi,  bersih dan tertata. Seperti di Dongsoe University, Sun Moon University dan Yangwoon High School.  Bahkan di tempat-tempat umum pun tak jauh beda, bersih dan rapi.

Di pojok-pojok sekolah,  tersedia area publik yang luas dan nyaman.  Taman hijau  mempesona. Aneka rumput,  pohon dan bunga tumbuh dan terawat dengan baik.  Tempat duduk pun tertata rapi menunggu kehadiran warga kampus.

Suasana sekolah yang asri menjadikan peserta didik nyaman dan enjoy. Anak-anak Yangwoon High School betah berlama-lama berada di sekolah. Sekolah menjadi rumah kedua bagi-nya dan sekolah menjadi kebanggaan bagi mereka. 

Perlu diketahui, sekolah di Korea seperti Yangwoon High School  tersedia bebagai fasilitas: sport center,  food center, unit kesehatan sekolah,  kantin, lab memasak,  ruang kesenian,  panggung pertunjukan,  lapangan olah raga dan kamar kecil yang bersih dan sehat. Pendek kata ada ruang untuk unjuk diri dan aktualisasi diri.  

Demikian pula,  para guru dan karyawan di sekolah atau di kampus lebih menempatkan diri sebagai orang tua, fasilitator dan motivator bagi peserta didik. Mr.  Choi Man Gong,  Principal Yangwoon High School, lebih mengedepankan mendidik dan membimbing daripada sekedar mengajar.  

Suasana dan kondisi seperti itu,  menjadikan anak-anak Korea senang berada di sekolah. Lingkungan belajar-nya jauh dari vandalisme dan kekerasan. Baik fisik maupun verbal. Inilah yang disebut dengan "Madrasatiy Jannatiy". Sekolahku Sorgaku. 

Bila sekolah menjadi taman surga, mka bakat dan minat siswa bersemi. Dan prestasi pun bersinar  menembus batas dunia. Lantas bagaimana dengan sekolah kita. (Pahri)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muhammadiyah Malang Buka Pesantren Putri

Malangmu.or.id -- Lembaga pendidikan pesantren yang dinanti-nanti oleh warga Muhammadiyah Malang kini telah hadir. Berlokasi di Kepanjen, Pesantren Muhammadiyah Al-Amin Putri mulai beroperasional. Tahun ajaran baru ini 2018/2019 dibuka pendaftaran dengan kuota yang terbatas.

Kelas terbatas, hanya 20 santriwati yang bakal menjadi santri perdana di pesantren ini. Didesain Program khusus yang bekerjasama dengan SMP Muhammadiyah 03 dan SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen.

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan dalam program ini, yakni:
1) Semua kegiatan pembelajaran terpadu dan terintegrasi di Pesantren.
2) Kurikulum nya mengikuti Sisdiknas dan KMI (Pondok modern).
3) Bahasa yang digunakan dalam kesehariannya adalah Inggris dan Arab.
4) Qiroatul Kutub (membaca kitab).
5) Tahfidz Qur'an.
6) Tahsin Al-quran.
7) Pengajar dan mentor alumnus pondok pesantren modern.


Adapun kegiatan ekstra kurikulernya adalah sebagai berikut:
1) Ketangkasan; memanah
2) Bela diri; tapak suci
3) Kepanduan; Hizbul Wat…

Reuni Veteran Pemuda Muhammadiyah, Bangkitkan Semangat Ber-Muhammadiyah

Bazar Meriahkan Pengajian Halalbihalal PDM di Kromengan

Malangmu.or.id -KROMENGAN- Mengawali syawalan 1440 H, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang menggelar pengajian dwi bulanan sekalgus Halal-bihalal di Cabang Kromengan (23/6). Salah satu Cabang Muhammadiyah yang terletak di penghujung perbatasan kabupaten Blitar ini, dipilih sebagai tempat pengajian, tepatnya di Masjid Al Ikhlas desa Kromengan kec. Kromengan. Kromengan adalah salah satu kecamatan di kabupaten Malang yang dikelilingi desa yang banyak non Muslim.

Seperti lumrahnya, pengajian daerah ini selalu dimeriahkan oleh Bazar Produk usaha Muhammadiyah yang dikoordinir oleh Majelis Pemberdayaan dan Ekonomi PDM. Beberapa aneka produk usaha seperti busana muslim, es puter cak rozi, makanan olahan, kecapmu, helm dan lain sebagainya ikut menghiasai stand stand bazar. Menurut Bahtiar, Ketua Majelis Pemberdayaan dan Ekonomi PDM Kab. Malang, event Bazar produk usaha Muhammadiyah selalu hadir dalam acara seperti pengajian daerah. Disamping untuk memberikan kesempatan kepada p…