Langsung ke konten utama

Enam Hal Utama yang Perlu Diperhatikan dalam Pengembangan Cabang dan Ranting Muhammadiyah

Dr. Phil Ahmad Norma Permata, MA dalam Acara Up Grading Pimpinan Cabang dan Ranting, Sabtu (26/08/17)
Malangmu.or.id -- Ketua Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting (LPCR) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Dr. Phil Ahmad Norma Permata, MA setelah melakukan observasi mulai Aceh hingga Nusa Tenggara Timur (NTT) menyimpulkan, terdapat 6 persoalan utama yang perlu diperhatikan dan dikembangkan dalam upaya pengembangan Cabang dan Ranting Muhammadiyah.

Pertama adalah organisasi. Mewujudkan system organisasi yang baik. Administrasi ditata kelola dengan baik. Misal dari yang sederhana saja, perihal undangan. Masih banyak yang belum paham aturan main yang seharusnya diperhatikan dalam penukisan surat menyurat.

Kedua adalah persoalan jama'ah. Kita bukan hanya sebuah organisasi​ keagamaan, tetapi juga organsasi dakwah. Dakwah pasti ada jamaahnya. Berdakwah pasti ada sasarannya, karenanya jama'ah perlu mendapat perhatian khusus. Strategi dan langkah-langkah jitu perlu diterapkan agar mendapatkan jumlah yang signifikan. Jelasnya.  Ada dua strategi dalam mengumpulkan jama'ah. Pertama, mari kita maknai pengajian secara lebih luas. Pengajian di level jamaah kita maknai sebagai bagian dari strategi mengumpulkan jamaah. Kita harus memahami apa yang diminati jamaah secara luas agar bisa mengumpulkan massa yg banyak. Kedua, agar menjalankan kajian Ahad Pagi secara rutin. Ahad pagi sudah menjadi​ trademark di Muhammadiyah yang sudah memiliki efek membangun kepercayaan diri Muhammadiyah dan efek keluarnya adalah mengenalkan kepada publik. Papar pria asli Kediri ini.

Persoalan ketiga yang perlu diperhatikan adakah keterlibatan angkatan Muda dalam kegiatan cabang ranting. Mari kita ajak dialog anak anak muda, misal memberikan stimulus, agenda apa yg bisa kita laksanakan untuk memajukan Cabang dan Ranting kita? Unggah rasa emosinya agar turut terlibat.

Keempat adalah Amal Usaha. Amal usaha menjadi aktualiassi kita dalam bermuhammadiyah. Beliau mencontohkan, di Cabang Cielensi sebagai Babang unggulan di Bogor sudah membantu Cabang-cabang lain untuk turut mengembangkan. Bagaimana dengan Cabang atau Ranting anda, apa yang sudah maju membantu yang belum maju? Tanyanya kepada peserta Up grading.

Persoalan kelima adalah ekonomi kreatif. Membangun ekonomi kreatif sudah menjadi keharusan demi berjalannya organisasi Muhammadiyah. Muhammadiyah maju pesat berkemajuan, warganya juga jaya.

Terakhir adalah media. Media massa dan elektronik menjadi penopang dakwah Muhammadiyah. Karenanya, meski di tingkat ranting, sudah saatnya memanfaatkan media yang ada sebagai syiar dakwah.

Keenam hal utama di atas disampaikan oleh Ketua LPCR dalam acara Up grading Pimpinan Cabang dan Ranting Muhammadiyah yang diselenggarakan oleh PDM kab. Malang di Aula lt.5 RS UMM, Sabtu 26 Agustus 2017. (Hilmi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muhammadiyah Malang Buka Pesantren Putri

Malangmu.or.id -- Lembaga pendidikan pesantren yang dinanti-nanti oleh warga Muhammadiyah Malang kini telah hadir. Berlokasi di Kepanjen, Pesantren Muhammadiyah Al-Amin Putri mulai beroperasional. Tahun ajaran baru ini 2018/2019 dibuka pendaftaran dengan kuota yang terbatas.

Kelas terbatas, hanya 20 santriwati yang bakal menjadi santri perdana di pesantren ini. Didesain Program khusus yang bekerjasama dengan SMP Muhammadiyah 03 dan SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen.

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan dalam program ini, yakni:
1) Semua kegiatan pembelajaran terpadu dan terintegrasi di Pesantren.
2) Kurikulum nya mengikuti Sisdiknas dan KMI (Pondok modern).
3) Bahasa yang digunakan dalam kesehariannya adalah Inggris dan Arab.
4) Qiroatul Kutub (membaca kitab).
5) Tahfidz Qur'an.
6) Tahsin Al-quran.
7) Pengajar dan mentor alumnus pondok pesantren modern.


Adapun kegiatan ekstra kurikulernya adalah sebagai berikut:
1) Ketangkasan; memanah
2) Bela diri; tapak suci
3) Kepanduan; Hizbul Wat…

Reuni Veteran Pemuda Muhammadiyah, Bangkitkan Semangat Ber-Muhammadiyah

Bazar Meriahkan Pengajian Halalbihalal PDM di Kromengan

Malangmu.or.id -KROMENGAN- Mengawali syawalan 1440 H, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang menggelar pengajian dwi bulanan sekalgus Halal-bihalal di Cabang Kromengan (23/6). Salah satu Cabang Muhammadiyah yang terletak di penghujung perbatasan kabupaten Blitar ini, dipilih sebagai tempat pengajian, tepatnya di Masjid Al Ikhlas desa Kromengan kec. Kromengan. Kromengan adalah salah satu kecamatan di kabupaten Malang yang dikelilingi desa yang banyak non Muslim.

Seperti lumrahnya, pengajian daerah ini selalu dimeriahkan oleh Bazar Produk usaha Muhammadiyah yang dikoordinir oleh Majelis Pemberdayaan dan Ekonomi PDM. Beberapa aneka produk usaha seperti busana muslim, es puter cak rozi, makanan olahan, kecapmu, helm dan lain sebagainya ikut menghiasai stand stand bazar. Menurut Bahtiar, Ketua Majelis Pemberdayaan dan Ekonomi PDM Kab. Malang, event Bazar produk usaha Muhammadiyah selalu hadir dalam acara seperti pengajian daerah. Disamping untuk memberikan kesempatan kepada p…