Sabtu, 26 Agustus 2017

Dr. Phil Ahmad Norma Permata, MA dalam Acara Up Grading Pimpinan Cabang dan Ranting, Sabtu (26/08/17)
Malangmu.or.id -- Ketua Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting (LPCR) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Dr. Phil Ahmad Norma Permata, MA setelah melakukan observasi mulai Aceh hingga Nusa Tenggara Timur (NTT) menyimpulkan, terdapat 6 persoalan utama yang perlu diperhatikan dan dikembangkan dalam upaya pengembangan Cabang dan Ranting Muhammadiyah.

Pertama adalah organisasi. Mewujudkan system organisasi yang baik. Administrasi ditata kelola dengan baik. Misal dari yang sederhana saja, perihal undangan. Masih banyak yang belum paham aturan main yang seharusnya diperhatikan dalam penukisan surat menyurat.

Kedua adalah persoalan jama'ah. Kita bukan hanya sebuah organisasi​ keagamaan, tetapi juga organsasi dakwah. Dakwah pasti ada jamaahnya. Berdakwah pasti ada sasarannya, karenanya jama'ah perlu mendapat perhatian khusus. Strategi dan langkah-langkah jitu perlu diterapkan agar mendapatkan jumlah yang signifikan. Jelasnya.  Ada dua strategi dalam mengumpulkan jama'ah. Pertama, mari kita maknai pengajian secara lebih luas. Pengajian di level jamaah kita maknai sebagai bagian dari strategi mengumpulkan jamaah. Kita harus memahami apa yang diminati jamaah secara luas agar bisa mengumpulkan massa yg banyak. Kedua, agar menjalankan kajian Ahad Pagi secara rutin. Ahad pagi sudah menjadi​ trademark di Muhammadiyah yang sudah memiliki efek membangun kepercayaan diri Muhammadiyah dan efek keluarnya adalah mengenalkan kepada publik. Papar pria asli Kediri ini.

Persoalan ketiga yang perlu diperhatikan adakah keterlibatan angkatan Muda dalam kegiatan cabang ranting. Mari kita ajak dialog anak anak muda, misal memberikan stimulus, agenda apa yg bisa kita laksanakan untuk memajukan Cabang dan Ranting kita? Unggah rasa emosinya agar turut terlibat.

Keempat adalah Amal Usaha. Amal usaha menjadi aktualiassi kita dalam bermuhammadiyah. Beliau mencontohkan, di Cabang Cielensi sebagai Babang unggulan di Bogor sudah membantu Cabang-cabang lain untuk turut mengembangkan. Bagaimana dengan Cabang atau Ranting anda, apa yang sudah maju membantu yang belum maju? Tanyanya kepada peserta Up grading.

Persoalan kelima adalah ekonomi kreatif. Membangun ekonomi kreatif sudah menjadi keharusan demi berjalannya organisasi Muhammadiyah. Muhammadiyah maju pesat berkemajuan, warganya juga jaya.

Terakhir adalah media. Media massa dan elektronik menjadi penopang dakwah Muhammadiyah. Karenanya, meski di tingkat ranting, sudah saatnya memanfaatkan media yang ada sebagai syiar dakwah.

Keenam hal utama di atas disampaikan oleh Ketua LPCR dalam acara Up grading Pimpinan Cabang dan Ranting Muhammadiyah yang diselenggarakan oleh PDM kab. Malang di Aula lt.5 RS UMM, Sabtu 26 Agustus 2017. (Hilmi)

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar