Sabtu, 26 Agustus 2017

Posted by hilmi Posted on Agustus 26, 2017 | No comments

Begini Pesan Ketua PDM kepada Pimpinan Cabang dan Ranting

Dr. Mursidi, MM ketika memberikan sambutan pada acara Up grading Pimpinan Cabang dan Ranting, Sabtu 26/08/2017.
Malangmu.or.id -- Pada acara Up grading ini, kita ingin meningkatkan kemampuan kita bersama. Kita sadar, dalam mengelola Muhammadiyah ini tidak penuh waktu. Tetapi, meski hanya paruh waktu, Muhammadiyah sudah besar seperti ini. Bayangkan, jika kita kelola penuh waktu, mungkin negara ini akan kalah, Muhammadiyah bisa jadi lebih besar dari negara ini, mungkin. Demikian Mursidi dalam mengawali sambutannya pada acara Up Grading Pimpinan Cabang dan Ranting Muhammadiyah se-Kab. Malang yang diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah kabupaten Malang di Aula Lt.5 Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang, Sabtu 26 Agustus 2017.

Menurut Ketua PDM kab. Malang ini, acara yang bertema "Membangun Manajemen Persyarikatan yang Sehat dan Berkemajuan", bertujuan untuk mendinamisasikan organisasi, sehat organisasi. Pimpinan agar dapat mengelola organisasi dengan baik. Menata organisasi mulai administrasi, keuangan dan sebagainya. Misal dalam mengelola Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), sekolah, mushollah dan masjid bisa dijalankan dengan baik. Semua ini sesuai dengan isyarat dan makna al-Qur’an Surat Al-Isra’ ayat 7: “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri….”

Dalam acara yang dihadiri oleh perwakilan Pimpinan Cabang dan Ranting se-Kabupaten Malang ini, Mursidi berbicara banyak tentang kondisi persyarikatan. Menyikapi berbagai macam corak karakter pimpinan organisasi ini, Mursidi menyampaikan bahwa kita sadar, orang yang masuk ke Muhammadiyah ini memiliki beragam corak, tetapi kalau sudah masuk maka seharusnya sudah bertemu dan menjadi satu dalam memajukan organisai, karena semuanya bertujuan untuk kebaikan. Etos kerja bagi pemimpin persyarikan semestinya diperhatikan. Kita harus selalu mengingat bahwa kita sedang mengemban amanah sebagai pimpinan. Ungkapnya dihadapan ratusan peserta Up grading.

Pria yang pernah menjadi Pembantu Rektor 2 UMM yang kini diberi amanah memimpin RS UMM ini memberikan sedikit tips dalam menjalankan persyarikatan. Menurutnya ada tiga pilar yang harus tetapditegakkan. Pertama adalah harapan positif. Termasuk di dalamnya adalah berpikir positif. Harapan merupakan energi yang luar biasa diberikan oleh Allah SWT dalam menggerakkan roda oraganisasi agar senantiasa aktif, kreatif dan inovatif. Kedua adalah iman. Kita semua sebagai manusia yang beriman, tentunya memiliki spirit yang kuat dalam membangun dan mengembangkan persyarikatan sesuai dengan nilai-nilai ketuhanan. Dan ketiga adalah memahami sunnatullah dengan baik. Bahwa, kehidupan organisasi ini terus berlangsung. Karenanya harus terus diupayakan berjalan secara dinamis, bukan statis.

Di akhir sambutannya, Lulusan Doktor Universitas Brawijaya ini berpesan, pertama, janganlah kita menyerah dengan keadaan. Marilah kita berusaha semaksimal mungkin dalam perbaikan. Kedua, Kenangan yang baik adalah umur yang panjang. Artinya, mari kita memberikan warisan yang terbaik pada generasi penerus kita. kita mengukir sejarah yang baik agar menjadi kenangan di generasi berikutnya. (Hilmi)
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar