Langsung ke konten utama

Istimewanya Pengajian PRM Sepanjang, Mulai Penyerahan Tanah Wakaf sampai Mualaf

Penerimaan sertifikat tanah wakaf Faris Fathoni kepada PRM Sepanjang.

Malangmu.or.id - SEPANJANG. Pengajian Ranting Muhammadiyah Sepanjang Kepanjen (Kamis, 27/7/17) terasa istimewa meski hujan tapi tidak menyurutkan semangat jamaah Muhammadiyah untuk hadir. Pengajian rutin yang biasa dilaksanakan pada malam Jumat tidak hanya diisi dengan kajian keIslaman maupun keMuhammadiyahan, tapi ada momen istimewa yang sangat membahagiakan bagi warga persyarikatan.

Pertama, pengajian ini disertai dengan penyerahan tanah wakaf seluas 1120 meter persegi dari bapak Fariz Fathoni bin H Sujarwo (alm). Diserahkan oleh perwakilan almarhum dan diterima PRM Sepanjang untuk pengembangan amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah di Sepanjang.

Kedua, momen pengajian kali ini juga dilakukan pengucapan dua kalimat syahadat oleh Valentha Christy Febriawati, sebagai mualaf Islam yang berasal dari agama Kristen. Proses bimbingan kalimat syahadat dibimbing oleh Ust. Abd. Wahid,  Ketua Majelis Tabligh PDM Kab. Malang.

Prosesi pengucapan kalimat syahadat Valentha Cristy Febriyanti yang dibimbing oleh Ust. Abdul Wachid, SPd., Ketua Majelis Tabligh PDM Kab Malang.

Drs. Akhmad Satya Darmawan, Ketua PRM Sepanjang dalam sambutannya menyampaikan bahwa tanah wakaf yang baru ini adalah wakaf kedua dari Sdr. Fariz Fathoni dan menjadi tantangan bagi PRM periode ini untuk segera mewujudkan menjadi amal usaha seperti yang diinginkan oleh wakif.

Sementara itu Kristin kakak kandung dari Valentha Christy Febriawati mengatakan sangat berterima kasih kepada takmir masjid Al Khairat yang telah membantu memediasi adiknya untuk memeluk agama Islam. "Alhamdulillahi, sama seperti 8 tahun yg lalu ketika saya juga mengucapkan dua kalimat syahadat di masjid ini juga," jelasnya ke pewarta malangmu.or.id.

Dalam tausiyahnya, Ust. Abdul Wahid, S.Pd menyampaikan bahwa terhitung mulai malam hari ini kita sebagai umat Islam punya tugas baru untuk membimbing saudara baru kita untuk mengamalkan ajaran Islam sesuai kemampuannya. Sedangkan sebagai warga Persyarikata Muhammadiyah kita punya tanggung jawab baru setelah menerima tanah wakaf yaitu mewujudkan dan mengelola sesuai keinginan dari dari wakif.

Fariz Fathoni sebagai wakif dan alumni TPQ masjid Al Khairat menyampaikan terima kasih kepada PRM Sepanjang yang telah membantu merealisasikan niatnya untuk bisa ikut berpartisipasi membangun masjid melalui wakaf yang pertama seluas 330 m2 dan dalam wakaf yang kedua ini dia juga berharap PRM Sepanjang bisa segera memanfaatkan tanah wakaf tersebut.

Itulah Muhammadiyah Sepanjang yang selalu dinamis bergerak untuk menyinari desa Sepanjang dengan kiprahnya dalam bidang sosial dan pendidikan,  dan akan terus bergerak untuk mengepakkan sayap organisasi dengan membina Ikatan Pelajar Muhammadiyah yang potensinya cukup besar. Terlihat dari setiap kegiatan yang dilakukan oleh PRM Sepanjang yang banyak dihadiri oleh anak-anak dan remaja maka prospek pengkaderan akan sangat menjanjikan pada masa yang akan datang. (Masturin)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muhammadiyah Malang Buka Pesantren Putri

Malangmu.or.id -- Lembaga pendidikan pesantren yang dinanti-nanti oleh warga Muhammadiyah Malang kini telah hadir. Berlokasi di Kepanjen, Pesantren Muhammadiyah Al-Amin Putri mulai beroperasional. Tahun ajaran baru ini 2018/2019 dibuka pendaftaran dengan kuota yang terbatas.

Kelas terbatas, hanya 20 santriwati yang bakal menjadi santri perdana di pesantren ini. Didesain Program khusus yang bekerjasama dengan SMP Muhammadiyah 03 dan SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen.

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan dalam program ini, yakni:
1) Semua kegiatan pembelajaran terpadu dan terintegrasi di Pesantren.
2) Kurikulum nya mengikuti Sisdiknas dan KMI (Pondok modern).
3) Bahasa yang digunakan dalam kesehariannya adalah Inggris dan Arab.
4) Qiroatul Kutub (membaca kitab).
5) Tahfidz Qur'an.
6) Tahsin Al-quran.
7) Pengajar dan mentor alumnus pondok pesantren modern.


Adapun kegiatan ekstra kurikulernya adalah sebagai berikut:
1) Ketangkasan; memanah
2) Bela diri; tapak suci
3) Kepanduan; Hizbul Wat…

Bazar Meriahkan Pengajian Halalbihalal PDM di Kromengan

Malangmu.or.id -KROMENGAN- Mengawali syawalan 1440 H, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang menggelar pengajian dwi bulanan sekalgus Halal-bihalal di Cabang Kromengan (23/6). Salah satu Cabang Muhammadiyah yang terletak di penghujung perbatasan kabupaten Blitar ini, dipilih sebagai tempat pengajian, tepatnya di Masjid Al Ikhlas desa Kromengan kec. Kromengan. Kromengan adalah salah satu kecamatan di kabupaten Malang yang dikelilingi desa yang banyak non Muslim.

Seperti lumrahnya, pengajian daerah ini selalu dimeriahkan oleh Bazar Produk usaha Muhammadiyah yang dikoordinir oleh Majelis Pemberdayaan dan Ekonomi PDM. Beberapa aneka produk usaha seperti busana muslim, es puter cak rozi, makanan olahan, kecapmu, helm dan lain sebagainya ikut menghiasai stand stand bazar. Menurut Bahtiar, Ketua Majelis Pemberdayaan dan Ekonomi PDM Kab. Malang, event Bazar produk usaha Muhammadiyah selalu hadir dalam acara seperti pengajian daerah. Disamping untuk memberikan kesempatan kepada p…

Pengajian PDA Kabupaten Malang Wilker Barat Berlangsung di Masjid "Tajmahal" Malang

Malangmu.or.id -- Ahad, 04 Februari 2018, Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) kabupaten Malang menggelar acara rutin tiga bulanan, yaitu "Pengajian Wilayah Kerja (wilker) Barat" yang bertempat di masjid terindah di kecamatan Dau yakni masjid Salman Alfarisi di Karangwidoro, yang terkenal dengan masjid "Tajmahal" Malang.

Pengajian Wilker Barat yang beranggotakan lima Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) yakni Dau, Karangploso, Pujon, Ngantang dan Kasembon memiliki agenda rutin. Penyampaian profil masing masing-masing PCA, sejarah berdirinya, perkembangan dan tantangan yang sedang dihadapi serta keunikan dan keunggulan.

Sebagai penyelenggara, PCA Dau mengemas acara tersebut dengan Wisata Religi. Menyuguhkan kemasan acara yang berbeda dari biasanya, sekaligus menjadikan moment special bagi berdirinya PRA baru Karangwidoro yang ditempati sebagai tuan rumah.

Dalam acara ini, dilangsungkan Pelantikan PRA oleh PDA Kab.Malang, Ibu Dra.Hj.Siti Asmah, M.Pd. "PRA adalah penggerak …