Langsung ke konten utama

Ustadz Iwan: Puasa adalah Saat-saat yang Ijabah

Ustadz Insan Muhtadawan, S.Ag saat memberi Taushiyah pada acara Baksos PCA Kasembon (Ahad, 18/06/17)
Malangmu.or.id -- KASEMBON, "Kita banyak dimudahkan oleh Allah, banyak orang yang suka kepada kita, kita banyak dikasi tempat, ini semua adalah buah dari hati yang tidak mudah dengki". Demikian ungkap ustadz Insan Muhtadawan, S.Ag dalam taushiyahnya pada acara Baksos Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Kasembon di masjid Darussalam.

Acara yang diselenggarakan pada Ahad, 18 Juni 2017 mulai pukul 08.30 hingga 11.00 wib itu dihadiri oleh 400 orang undangan yang akan diberi santunan. Sebelum diberi santunan, PCA Kasembon menghadirkan pembicara untuk memberikan siraman ruhani kepada masyarakat yang diundang. Sehingga selain santunan (sembako), masyarakat mendapatkan juga mendapatkan ilmu untuk memantapkan kebaragamaan.

Karenanya, ust. Iwan (panggilan akrabnya) banyak menguraikan hal-hal mendasar yang perlu dipegang teguh oleh masyarakat. Niat yang tulus dalam menjalankan semua kegiatan atau aktivitas. Mengorientasikan semua kegiatannya hanya untuk ibadah krpada Allah hingga mengelelolah hati (manajemen qalbu).

Menurut pengasuh Padepokan Hizbul Wathan Malang ini, Orang yang hatinya selamat (qalbun salim) itu hanya berharap keridloan Allah SWT. Jadi, seluruh ibadah kita itu sebenarnya adalah hanya mencari ridlo Allah SWT. Bukan mengharap pujian manusia, bukan mengharap imbalan dari manusia, dan sebagainya.

Banyak hikmah dan keistimewaan yang bisa dimabil dalam puasa Ramadhan yang kita jalankan ini, salah satunya adalah mendidik kita agar ihlas. Jelasnya. Namun ada yang sangat penting dalam pelaksanaan puasa ini yang harus kita ketahui. Apa itu? Puasa adalah saat-saat yang ijabah, saat dikabulkan segala doa atau permintaan kita. Tegasnya diakhir ceramah. (Hilmi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muhammadiyah Malang Buka Pesantren Putri

Malangmu.or.id -- Lembaga pendidikan pesantren yang dinanti-nanti oleh warga Muhammadiyah Malang kini telah hadir. Berlokasi di Kepanjen, Pesantren Muhammadiyah Al-Amin Putri mulai beroperasional. Tahun ajaran baru ini 2018/2019 dibuka pendaftaran dengan kuota yang terbatas.

Kelas terbatas, hanya 20 santriwati yang bakal menjadi santri perdana di pesantren ini. Didesain Program khusus yang bekerjasama dengan SMP Muhammadiyah 03 dan SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen.

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan dalam program ini, yakni:
1) Semua kegiatan pembelajaran terpadu dan terintegrasi di Pesantren.
2) Kurikulum nya mengikuti Sisdiknas dan KMI (Pondok modern).
3) Bahasa yang digunakan dalam kesehariannya adalah Inggris dan Arab.
4) Qiroatul Kutub (membaca kitab).
5) Tahfidz Qur'an.
6) Tahsin Al-quran.
7) Pengajar dan mentor alumnus pondok pesantren modern.


Adapun kegiatan ekstra kurikulernya adalah sebagai berikut:
1) Ketangkasan; memanah
2) Bela diri; tapak suci
3) Kepanduan; Hizbul Wat…

Reuni Veteran Pemuda Muhammadiyah, Bangkitkan Semangat Ber-Muhammadiyah

Bazar Meriahkan Pengajian Halalbihalal PDM di Kromengan

Malangmu.or.id -KROMENGAN- Mengawali syawalan 1440 H, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang menggelar pengajian dwi bulanan sekalgus Halal-bihalal di Cabang Kromengan (23/6). Salah satu Cabang Muhammadiyah yang terletak di penghujung perbatasan kabupaten Blitar ini, dipilih sebagai tempat pengajian, tepatnya di Masjid Al Ikhlas desa Kromengan kec. Kromengan. Kromengan adalah salah satu kecamatan di kabupaten Malang yang dikelilingi desa yang banyak non Muslim.

Seperti lumrahnya, pengajian daerah ini selalu dimeriahkan oleh Bazar Produk usaha Muhammadiyah yang dikoordinir oleh Majelis Pemberdayaan dan Ekonomi PDM. Beberapa aneka produk usaha seperti busana muslim, es puter cak rozi, makanan olahan, kecapmu, helm dan lain sebagainya ikut menghiasai stand stand bazar. Menurut Bahtiar, Ketua Majelis Pemberdayaan dan Ekonomi PDM Kab. Malang, event Bazar produk usaha Muhammadiyah selalu hadir dalam acara seperti pengajian daerah. Disamping untuk memberikan kesempatan kepada p…