Sabtu, 10 Juni 2017

Alfi Nurhidayat, ST., Wakil Sekretaris PDM Kab Malang ketika berada ditengah peserta Kajian Ramadhan di Masjid Ulil Absar Dau (11/6/17). 


Malangmu.or.id - DAU. Filantropi tak lain bentuk pelaksanaan semangat Al Ma’un yang pernah dikenalkan  KH Ahmad Dahlan. Kalau dahulu warga Muhammadiyah tidak mengenal Filantropi  tetapi mereka melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Filantropi adalah wujud kepedulian pada sesama.

Demikian pendapat yang disampaikan Sekretaris PDM Kabupaten Malang, M Nurul Humaidi, saat ditemui reporter malangmu.or.id di sela-sela Kajian Ramadhan 1438 H di kompleks Ulil Abshar (6/11/17).

Sekretaris yang dikenal dengan inisial ustadz MNH itu juga menjelaskan bahwa dipilihnya Ulil Abshar karena tempat ini menjadi pengejawantahan semangat Filantropi. Nurul memberikan contoh tempat pelaksanaan acara Kajian Ramadhan ini. “Semangat filantropi itu semangat Al Ma’un yang pernah dianjurkan oleh KH Ahmad Dahlan. Masjid Ulil Abshar dan panti Ulil Abshar yang dijadikan tempat acara kajian ini ini sebagian dari amal usaha Muhammadiyah. Kita syiar dengan amal usaha tidak melulu dengan gembar-gembor, “ tegas dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Alfi Nurhidayat, wakil sekretaris PDM, saat ditemui reporter malangmu.or.id memberikan penjelasan yang lebih rinci. Menurutnya, Filantropi harus direvitalisasi. “Menurut pandangan saya, Revitalisasi Filantropi adalah revitalisasi aksi-aksi yang menyangkut pengembangan model-model kegiatan atau aktivitas  Muhammadiyah. Kegiatan itu secara langsung dapat menyentuh kepentingan umat dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat, advokasi anak dan keluarga, pembangunan berbasis lingkungan hidup. Tak lupaa juga  memperkuat potensi dan peran serta masyarakat madani, resolusi konflik, dan sebagainya”.

Mantan ketua Pemuda Muhammadiyah PDM Kabupaten Malang2002-2006  tersebut menekankan tujuan revitalisasi itu untuk  melakukan pencerahan nurani agar organisasi menjaddi solid dan teguh, serta  bermanfaat bagi sesama. Fastabiqul Khairaat. (nrd/hil/ali).
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar