Jumat, 23 Juni 2017

Posted by hilmi Posted on Juni 23, 2017 | No comments

Gerakan Filantropi ala PRM Sumbersekar Dau

Bpk. Ngalil, ta'mir masjid An Nur sedang memberikan bingkisan kepada anak yatim 
Malangmu.or.id -- DAU -- Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) dan Ranting Aisyiyah Sumbersekar mengadakan acara bakti sosial (baksos) pada hari Kamis, 22 Juni 2017 yang diselenggarakan di masjid An Nur Sumbersekar Dau Malang.

Kata panitia acara, Irfan "Acara ini tergolong bersifat spontan, disemangati dan diinspirasi oleh Kajian Ramadhan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim beberapa waktu lalu di Dome UMM, dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) kabupaten Malang di masjid Ulil Abshar (Ahad, 11/06/17) yang bertema Implementasi Gerakan Filantropi Muhammadiyah.

Kali ini, di masjid An Nur Sumbersekar juga turut ambil peran dalam gerakan filantropi yang digadang-gadang Muhammadiyah akhir-akhir ini. Mengawali acara, Kajian bertema Implementasi Gerakan Filantropi yang disampaikan oleh Dr. Muhammad Nuh, M.Si. Beliau mengajak, "mari kita tingkatkan ketakwaan dengan mewujudkan amal soleh dan peduli  kaum duafa, salah satunya adalah pemberdayaan ekonomi, karena ini merupakan  gerakan filantropi yang harus digiatkan."
Ketika acara kajian filantropi di dalam masjid An Nur
Setelah acara kajian sebagai siraman ruhani para hadirin, dilanjutkan dengan acara berbuka puasa bersama dengan menu yang bervariasi hasil sumbangan sukarela warga setempat. Kemudian pemberian santunan kepada anak yatim dan dhuafa dan pemberian reward untuk guru ngaji TPQ. Santunan tersebut berupa sembako sejumlah 90 paket untuk dhuafa dan 14 paket untuk anak yatim plus uang saku.

Acara yang dihadiri oleh Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) dan kepala desa Sumbersekar bisa dibilang sukses. "Kami bangga dan semoga acara seperti ini bisa diikuti dan diselenggarakan oleh masjid-masjid lain di desa Sumbersekar ini", harap bpk. Kades, Hasan Asyari. "Gerakan filantropi ini tidak cukup hanya di bulan Ramadhan saja tetapi ayo digiatkan di bulan-bulan selanjutnya," tutur dan ajak ketua PCM Dau, Taufiq Burhan.
Lokasi berbuka puasa bersama di halaman masjid An Nur
Ada yang menarik di saat acara belum di mulai. Di antara jamaah yang hadir, ada yang mengusulkan agar kegiatan ini rutin diadakan, entah 4 bulan sekali atau setahun sekali. Usul salah satu jamaah yang kemudian diiyakan oleh jamaah lain. Terlihat betul antusiasme warga dalam mewujudkan gerakan filantropi.

Semoga warga dan Muhammadiyah di Ranting Sumbersekar semakin maju dan sukses dalam semua hal. (irfan/khozin/hil)
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar