Jumat, 16 Juni 2017

Posted by kholimi Posted on Juni 16, 2017 | No comments

Fauzan: Berpuasalah Seperti Ulat

Fauzan saat memberikan sambutan pembukaan Baitul Arqam Dosen dan Karyawan UMM 1438 H.


Malangmu.or.id - UMM. Selama ini,  orang sudah merasa berpuasa jika sudah mampu menaham diri dari makan dan munum.  Juga, kuat menahan hubungan suami istri.  Padahal inti puasa itu juga harus mampu menahan diri dari pernyataan yang tidak  berguna.

Demikian,  pendapat Fauzan,  Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) saat membuka acara Baitul Arqam di UMM Dome (17/6/17). Acara yang berlangsung sehari itu diikuti seluruh dosen dan karyawan UMM.

Fauzan juga menekankan bahwa puasa itu menahan diri dari membuat gaduh. "Menahan diri tidak membuat gaduh itu juga inti puasa. Kalau sekadar menahan makan dan minum mungkin mudah. Menahan gaduh di tengah suhu masyarakat yang panas seperti saat ini sangat bagus".

Mantan Wakil Rektor  2 UMM itu juga memberikan teladan dengan mencontohkan seekor ulat.  Ulat itu juga melakukan ritual puasa.  Setelah sekian lama,  dia menjadi makhluk baru.

"Jadi proses sangat penting dalam berpuasa.  Ulat contohnya.  Sekian waktu puasa jadi makhluk baru yang lebih menarik.  Ini beda dengan ular. Ular berpuasa tetapi wujudnya tetap ular, meski berganti kulit.  Ulat berpuasa jadi kupu-kupu, "tegasnya lebih lanjut.

Rektor juga berpesan agar ramadhan bisa menjadi cermin dan muhasabah diri.

Adapun salah satu tema menarik yakni bertema "Pemaknaan Nilai Ramadhan dalam Meningkatkan Spirit Berkhidmat untuk UMM Berkemajuan"  dengan pembicara Malik Fadjar (Watimpres) ,  Muhadjir Effendy (Mendikbud) ,  dan Imam Suprayogo (mantan rektor UIN Malang) (nrd/ali)
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar