Jumat, 07 April 2017


Dr. Mursidi, MM saat Presentasi Disertasinya di FEB, Sabtu (08/04/17)
Malangmu.or.id - Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang, yang juga dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Drs Mursidi MM, menjalani Ujian Disertasi program Doktoral S3 di Universitas Brawijaya (UB) Malang, Sabtu (8/4) pagi. Dalam ujian disertasi ini, Mursidi harus mempertanggung jawabkan disertasi ilmiahnya di hadapan lima penguji.

Manajemen Sumberdaya Manusia sebagai konsentrasi studinya pada Program Pascasarjana UB mengambil judul disertasi 'Gaya Kepemimpinan Perguruan Tinggi Islam Swasta (Studi fenomenologi di kampus Universitas Muhammadiyah Malang).' Dalam ujian yang dilangsungkan di Gedung C Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB ini, ia harus menghadapi berbagai pertanyaan lima penguji sekaligus. Diantaranya, Prof. Dr. Ubud Salim, MA, Dr. Haedar Nashir, M.Si, dan Prof. Dr. Ahmad Jainuri, MA.

Dari paparan Abstrak disertasinya, Mursidi menyimpulkan dihasilkannya teori bahwa Gaya Kepemimpinan Perguruan Tinggi Islam (UMM) adalah "gaya kepemimpinan yang memiliki filosofi profetik dan kuntul baris dengan manajerial pola paguyuban yang transformatif menuju profesional. Menurutnya, teori ini didasarkan fenomena dan pemaknaan beberapa proposisi dalam penelitian tersebut. Diantaranya, Kepemimpinan Perguruan Tinggi Islam (UMM) berfilosofi profetik dan penggerak, filosofi guru dan kuntul baris serta dipengaruhi oleh perjalanan hidup si pemimpin sejak dini.

Fenomenologi gaya kepemimpinan dua mantar Rektor UMM, Malik Fajar dan Muhajir Efendy (menjabat dua periode) menjadi obyek penelitian Mursidi. Dari beberapa tahun kepemimpinan dua rektor tersebut, Mursidi mendapati berbagai model kepemimpinan yang diterapkan keduanya di kampus yang dipimpin selama kurun waktu itu.

"Kepemimpinan Perguruan Tinggi Islam (UMM) mendasarkan pada banyak filosofi dengan menerapkan manajerial pola paguyuban, lurus dan dinamis. Bahkan, pola pemimpin juga menggunakan konsep jurnalisme, militer dan sepakbola," demikian Mursidi dalam paparan abstrak disertasinya, Sabtu (8/4).

Dari hasil ujian disertasi yang berlangsung sekitar empat jam, ketua PDM dua periode berturut-turut Mursidi akhirnya ditetapkan lulus dan mendapatkan nilai A (Sangat Memuaska). Ia pun menjadi Doktor ke 601 di kampus PTN tersebut. (amin)
Categories:

1 komentar: