Selasa, 04 April 2017

Posted by hilmi Posted on April 04, 2017 | No comments

PCM Dau Realisasi Pemisahan SD - SMP



Segenap Tim UMM, PCM Dau, dan Pimpinan SMP saat Survey lahan rencana pembangunan SMP Boarding School, Kamis (30/03/17)

malangmu.or.id --  Pendidikan menjadi salah satu ciri has gerakan Muhammadiyah. Di mana ada Muhammadiyah, maka di sana ada pendidikan. Karenanya, tidak salah jika dikatakan Muhammadiyah identik dengan pendidikan. Ribuan lembaga pendidikan formal, mulai tingkat dasar hingga Perguruan Tinggi telah menghiasai wajah Muhammadiyah di berbagai penjuru negeri.

Kualitas yang ditampilkan oleh sekolah dan madrasah Muhammadiyah mulai tingkat dasar hingga menengah atas sangat beragam. Upaya perbaikan dan peningkatan kualitaspun tiada henti dilakukan demi pendidikan itu sendiri, yang salah satu tujuannya adalah menciptakan manusia yang sempurna (insan kaamil).

Di Cabang Muhammadiyah Dau, Malang, terdapat Perguruan Muhammadiyah yang terdiri dari SD Muhammadiyah 08 (SD Mapan) dan SMP Muhammadiyah 06. Kedua sekolah ini berada dalam satu lokasi, di Jl. Margobasuki No. 48 Mulyoagung Dau Malang.

Berdasarkan jumlah siswa dari dua sekolah itu yang kian tahun kian bertambah, sedangkan lokasi (ruang kelas, dsb) tidak memungkinkan untuk bisa bertambah lagi karena berbagai faktor, maka ide untuk pemisahan dua sekolah itu kian santer digelorakan. Puncak ide pemisahan sekolah itu dituangkan dalam sidang pleno, pada acara Turba PDM atau Konsolidasi Organisasi PDM – PCM Kelompok A (Dau, Pujon, Ngantang dan Kasembon) yang bertempat di Perguruan Muhammadiyah Dau, Ahad (15/01/2017) yang lalu.

Ketika itu, Sekretaris PDM, Drs. M. Nurul Humaidi, M.Ag menyampaikan dalam sesi akhir sidang pleno, setelah paparan dari masing-masing PCM yang hadir, bahwa PCM Dau mempunyai agenda besar yaitu pemisahan SD Mapan dan SMP  Muhammadiyah 06. Program besar ini diupayakan terealisasi dalam tahun ini. Rencananya, sekolah yang akan direlokasi adalah SMP. Adapun lokasi baru itu berada di komplek Panti Ulil Abshar Muhammadiyah yang beralamat di Jl. Margobasuki 43 Mulyoagung Dau Malang.

Sebagai tindak lanjut keputusan yang disampaikan oleh PCM Dau pada acara Turba PDM tersebut, Jumat (17/02/2017) segenap Pengurus PCM Dau, Majelis Dikdasmen PCM Dau, Majelis Dikdasmen PDM kab. Malang, Pimpinan SD dan SMP mengadakan rapat perdana dalam membahas rencana pemisahan SD-SMP itu. Walhasil, kesepahaman dan kesepakatan telah dicapai bersama untuk realisasi rencana pemisahan itu.

Dr. Ihsanul In’am, MM selaku Ketua Dikdasmen PDM kab. Malang menegaskan bahwa “kita jangan berpikir parsial, sudah saatnya kita bersatu, kerahkan seluruh tenaga dan pikiran untuk mensukseskan rencana besar ini”, pintanya kepada segenap pimpinan sekolah yang hadir dalam rapat itu. "SMP Muh. 06 akan dijadikan SMP Boarding School, konsep sudah ada, dan sudah matang". Tegasnya di hadapan seluruh peserta rapat.

Pada kesempatan terpidah, Sekretaris PCM Dau, Miseri, SH ketika dihubungi malangmu.or.id  menyampaikan, pemisahan SD-SMP ini segera kita realisasikan dengan maksud mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Dau. SD dan SMP harus menjadi sekolah-sekolah yang unggul, memberikan yang terbaik kepada masyarakat pada umumnya. Karenanya, segenap pimpinan SD, SMP dan semua yang terkait harus tulus ihlas dan berusaha keras saling membantu rencana pemisahan tersebut.

Senada dengan Ketua PCM di atas, Dr. Baiduri, M.Si selaku Ketua Majelis Dikdasmen PCM Dau juga menegaskan, proses pemisahan ini tidak mudah, butuh energy dan kekuatan besar, baik terkait materi maupun pikiran dan sebagainya. Kita akan bekerjasama dengan Tim Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), tuturnya.

Sebagai wujud realisasi kerjasama PCM Dau dengan Tim Perencanaan dan Pembangunan UMM, Kamis (30/03/17) telah hadir di lokasi lahan/tanah yang akan dibangun SMP Boarding School itu segenap Pimpinan SMP, PCM Dau dan Tim UMM dalam rangka Survey awal sebelum pengukuran dan penggambaran. (Hil)
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar