Sabtu, 04 Maret 2017

Suasana Pembukaan Baitul Arqom AUM MPK PDM kabupaten Malang. (Foto Izzudin)

Prihatin dengan fenomena banyaknya pegawai dan guru dilingkungan Amal Usaha Muhammadiyah yang kurang aktif di persyarikatan, Majelis Pendidikan Kader  Pimpinan Daerah Muhammadiyah mengadakan Baitul Arqom.  Dengan sasaran para Guru muda dilingkungan sekolah Muhammadiyah, acara ini mengusung tema 'Peneguhan Ideologi, Peningkatan dan Pengembangan Sumber Daya Kader di Lingkungan AUM (Amal Usaha Muhammadiyah). Bertempat di Pusat Kegiatan Bakti Masyarakat (PKBM) Zamzam Jln. Cakalang Malang Jatim Baitul Arqom ini berlangsung selama 2 hari Sabtu-Minggu, (4 - 5 / 3) yang dimulai setelah sholat ashar pukul 15.00 WIB.

Ketua MPK PDM, Ahad Abdul Djalil SAg MPd saat sambutan pembukaan.

Beberapa muatan materi yang disiapkan MPK yaitu Ideologi Ke-Islam-an, Ke-Muhammadiyah-an, Profesionalisme dalam Dunia Pendidikan, dan Materi Pengelolaan AUM. Dalam sambutan pembukaan, Ahad Abdul Djalil SAg., M.Pd ( Ketua Majelis Pendidikan Kader) menyampaikan bahwa, "Kegiatan Perkaderan Baitul Arqom Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) ini sangat penting karena didalamnya ada banyak muatan materi yang bisa dijadikan bekal, dan sekaligus nantinya alumni Baitul Arqom AUM ini akan mendapatkan sertifikat sebagai salah satu persyaratan untuk diajukan sebagai pertimbangan menjadi guru tetap atau jenjang lebih atas dalam sekolah yang dikelola dikdasmen PDM kabupaten Malang", ujarnya.

Sementara itu Drs Wakidi MPd  (Wakil Ketua PDM kabupaten Malang) menyampaikan sambutan pada acara pembukaan bahwa, "Penguatan ideologi merupakan kekuatan pokok dalam perkaderan AUM untuk guru kali ini", ucapnya. Menurutnya hal ini sudah menjadi tuntutan organisasi Muhammadiyah yang berkemajuan dalam rangka mewujudkan cita-cita luhur yang ada dalam AD/ART Muhammadiyah.. "Jadi apapun yang kita lakukan, mari kita sandarkan pada kaidah Muhammadiyah yaitu semua disandarkan pada niatan kita karena ibadah kepada Allah SWT", jelasnya dihadapan  70an peserta  guru muda Muhammadiyah. Kemudian mantan Pembantu Rektor II UMM ini melanjutkan, "Dari niat awal inilah yang nantinya menjadi bekal kita melangkah pada proses pengkaderan selanjutnya menjadi kader muda yang lebih baik dan berkualitas sebagai guru", pungkasnya mengakhiri sambutan pembukaan sekaligus membuka acara Baitul Arqom ini.

Drs Wakidi MPd saat sambutan pembukaan sekaligus membuka acara Baitul Arqom AUM Guru
Kegiatan penguatan ideologi persyarikatan ini merupakan salah salah satu realisasi program kerja MPK PDM Kab Malang yang bertujuan untuk mencetak kader kader Muhammadiyah melalui pegawai dan guru dlingkungan AUM di kabupaten Malang. "Diharapkan dengan penggemblengan ini, Muhammadiyah akan semakin maju dan berkembang seiring dengan kuatnya pengkaderan dan aktifnya seluruh warga Muhammadiyah yang bekerja di banyak AUM d kabupaten Malang", jelas Santoko, Wakil Ketua MPK disela-sela kegiatan pembukaan Batul Arqom ini. (Izzudin/Rid)


0 komentar:

Posting Komentar