Minggu, 19 Maret 2017

Posted by hilmi Posted on Maret 19, 2017 | No comments

PCM Tumpang Robohkan Masjid



Ahad, 19/03/2017, pagi hari saat dimulainya kerja bakti pembongkaran bangunan (lama) masjid At-Taqwa PRM Kebonsari, PCM Tumpang.

malangmu.or.id – TUMPANG, Dikomandani langsung oleh ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Tumpang Drs. Moch. Anwar, pada Ahad 19/03/2017 di basecamp Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Kebonsari,  warga, jama’ah, dan simpatisan Muhammadiyah melakukan kerja bakti pembongkaran/merobohkan bangunan lama masjid At-Taqwa. Pembongkaran masjid yang berdiri sejak tahun 1981 itu bukannya tanpa dasar, melainkan dikarenakan mulai hari Jum’at, 24/02/2017 yang lalu, pusat pelaksanaan ibadah sholat dan keagamaan serta persyarikatan telah menempati bangunan baru yang berada diatas tanah seluas 2.700m². 

Warga masyarakat sekitar pun membaur dalam kerja bakti pembongkaran bangunan masjid lama tersebut. Turut hadir dan berbaur di tengah kerumunan warga yang sedang kerja bakti itu, adalah ketua PDM kab. Malang Drs. H. Mursidi, M.M. Beliau Nampak semangat dan kerja keras, meski sempat terkena musibah kecil, telapak kakinya berdarah karena tanpa sengaja menginjak paku.

Masjid baru nampak berdiri kokoh, meski finishing bangunan masjid masih terus dilakukan. Dengan demikian, PCM Tumpang kini memiliki atau menambah satu lagi asset persyarikatan, berupa bangunan masjid dan pusat kegiatan keagamaan. Selain itu adalah gedung kantor PCM dan Ortom yang cukup representative, karena letaknya sangat strategis, di jalan protokol menuju kec. Poncokusumo, Wajak dan Turen.
Tampak bagian dalam (kiri) dan depan/teras (kanan) masjid At-Taqwa Kebonsari, Tumpang

Bangunan baru masjid At-Taqwa Kebonsari ini sudah menghabiskan dana sekitar 500 juta. Pembangunannya dimulai pada 13 Maret 2016 yang lalu. Saat itu, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, Prof. Dr. Thohir Luth, MA sebagai peletak batu pertamanya. Kini, masjid itu telah dipergunakan. Rencananya, di areal tersebut juga segera dibangun gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah Boarding School Malang, yang akan dipadukan dengan pendidikan pesantren modern “Tahfidzul Qur’an”.

“Masjid At-Taqwa PRM Kebonsari ini boleh dibilang kini menjadi icon baru Muhammadiyah Tumpang. Jika tadinya, sejak tahun 1981 bangunan masjid At-Taqwa adalah yang paling memprihatinkan, maka nantinya insyaAllah akan menjadi masjid terbagus yang dikelilingi bangunan sekolah dan pesantren berkemajuan yang dimiliki Muhammadiyah Tumpang. Diharapkan juga, nantinya masjid ini lebih dapat berfungsi rahmatan lil ‘alamin, menjadi pusat kegiatan Muhammadiyah di berbagai bidang dakwah, pendidikan, pengkaderan, ekonomi, social dan budaya. Pada akhirnya akan memberikan manfaat serta kemashlahatan ummat di kecamatan Tumpang khususnya dan di daerah kabupaten Malang pada umumnya.” Terang Hariadi, S.AP. (Sekretaris panitia pembangunan yang juga ketua divisi pengembangan Lazismu PDM kab. Malang). (BP-Hil)
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar