Sabtu, 18 Februari 2017

Posted by hilmi Posted on Februari 18, 2017 | No comments

Wujudkan Sekolah Unggul, Kepala Sekolah Muhammadiyah Didiklat


Malangmu.or.id -- Sejumlah 27 sekolah di bawah Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Malang berkumpul dalam sebuah acara yang digelar selama Sabtu-Ahad, 18-19 Februari 2017. Bertempat di UMM Inn, para kepala sekolah Muhammadiyah jenjang SD/SMP/SMA/SMK ini mengikuti diklat dan sharing tentang pengembangan sekolah Muhammadiyah yang unggul.

Dalam kegiatan diklat kepala sekolah Muhammadiyah ini, setidaknya diberikan tiga materi penting yang bakal disampaikan narasumber dan praktisi bidang pendidikan. Diantaranya, tantangan dan peluang sekolah Muhammadiyah, motivasi pengembangan, dan tata kelola sekolah Muhammadiyah.

Materi pembinaan ini diantaranya akan disampaikan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jatim untuk wilayah Kabupaten Malang Gunawan, Prof Dr Mohammad Amin MSi dari dari Majelis Dikdasmen PWM, dan Rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Dr Hidayatullah, MSi.

Ketua Majelis Dikdasmen PW Muhammadiyah Jatim Dra Arba'iyah Yusuf, MA mengungkapkan, seluruh kepala sekolah Muhammadiyah memang dituntut melakukan upaya inovatif dalam rangka membangun budaya mutu pada sekolah yang dipimpinnya. Karena itu, menurutnya, kegiatan diklat kepala sekolah-sekolah Muhammadiyah ini tentunya sangat signifikan bagi para kepala sekolah.

Dengan kegiatan Diklat ini, lanjutnya, diharapkan kepala sekolah bisa meng-update tatakelola sekolah, kepemimpinan sekolah, inovasi sekolah dan lain sebagainya.

"Terlebih, Majelis Dikdasmen PWM memiliki target di setiap kabupaten/kota terdapat Muhammadiyah excellent schools (sekolah hebat) yang bisa menjadi rujukan," demikian Arba'iyah, Sabtu (18/2) siang.

Ditambahkan, di kabupaten Malang sudah terdapat 4 excellent school, yakni SMKM 3 Singosari, SMKM 1 Kepanjen, SMKM 5 Kepanjen, dan SMKM 7 Gondanglegi. Akan tetapi, kata Arbaiyah, pada jenjang SD, SMP, dan SMA-nya belum ada.

"Dalam kondisi seperti ini, sesungguhnya sudah waktunya sekolah Muhammadiyah di tiga jenjang ini memiliki minimal 1 sekolah unggul," pungkasnya. (amin)
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar