Sabtu, 25 Februari 2017

Posted by Ridlo Posted on Februari 25, 2017 | No comments

Mursidi: Kembalikan Dakwah pada Putusan Tarjih

Ketua PDM Kabupaten Malang saat menyampaikan sambutan pada Koordinasi dan Konsolidasi PCM se-Kabupaten Malang.

Malangmu.or.id - GONDANGLEGI. Sebagai organisasi yang bergerak di bidang dakwah, tentangan Muhammadiyah tidaklah ringan. Tantangan yang mulai terasa bukan saja pada faktor eksternal organisasi, justru berasal dari internal. Bisa karena faktor organisasi atau individu yang sudah mulai melenceng dari “ruh”
Muhammadiyah.

Demikian, pendapat inti yang disampaikan oleh Mursidi (ketua PDM Kabupaten Malang) dalam sambutannya di acara Koordinasi dan Konsolidasi PDM Kabupaten Malang dengan PCM kelompok E (Gondanglegi, Pagelaran, Banatur, Bululawang). Acara dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 7 (Mutu) Gondanglegi (26/2/17). Hadir dalam acara tersebut seluruh pimpinan PDM, Majelis, Lembaga Muhammadiyah se kabupaten Malang dan PCM di wilayah kelompok E.

Suasana Koordinasi dan Konsolidasi PDM Kabupaten Malang di SMK Mutu Gondanglegi

Mursidi lebih lanjut mengatakan bahwa salah satu tantangan gerakan dakwah Muhammadiyah  yang sudah abai pada putusan tarjin, “Beberapa pendakwah dengan mudah memahami ajaran Islam, itu tidak salah. Tetapi, dakwah yang harus disampaikan setidaknya harus mengacu pada putusan tarjih. Karena dengan inilah kita bisa mempertahankan ideologi gerakan Muhammadiyah, “tegasnya.

Itu bukan soal gagah-gagahan. Tetapi, gerakan dakwah Muhammadiyah mempunyai ciri khas, salah satunya dengan berlandaskan tarjih itu.

Dalam kesempatan itu, Mursidi yang juga ketua PDM dua periode itu juga mengungkapkan pentingnya untuk menyolidkan kembali gerakan Muhammadiyah. Untuk itu, konsolidasi dan koordinasi penting dilakukan. Mursidi menekankan lagi, “Maka, pelaksanaan Konsolidasi dan Koordinasi PDM dengan PCM itu harus digalakkan terus. Muhammadiyah bisa diurus siapa saja yang mau berkhidmat pada gerakan. Muhammadiyah tidak menganal darah biru. Jadi tidak harus berdasarkan keturunan untuk mengurus Muhammadiyah. Yanag penting berpegang teguh pada ajaran Muhammadiyah dan mau mengembangkan dakwah Muhammadiyah”.

Acara Koordinasi dan Konsolidasi yang dilaksanakan di SMK Mutu Gondanglegi ini meurpakan putaran ke 5. Putaran terakhir dilaksanakan di PCM Lawang pada tanggal 12 Maret 2017. Acara Koordinasi dan Konsolidasi berupa pemaparan program-program PCM yang disesuaikan dengan program PDM. (nrd)

0 komentar:

Posting Komentar