Senin, 16 Januari 2017

Posted by Ridlo Posted on Januari 16, 2017 | No comments

UM Malaysia dan Fisip UMM Perkuat Kerjasama Internasional

Dr. Asep Nurjaman Dekan Fisip UMM ketika menerima cindera mata dari Dr. Hanafi Bin Hussin Dekan FASS Malaysia (15/1/17)

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip UMM) melakukan terobosan lanjutan dengan menjalin kerjama internasional dengan Faculty of Social and Political Sciences Universiy of Malaya (UM) (16/1/17). Sebelumnya Fisip UMM menjalin kerjasama internasional dengan Kon Khaen University dan Universiti Utara Malaysia (UUM). Kerja sama itu penting dilakukan untuk mewujudkan keinginan fakultas agar go internasional.

Dalam acara tersebut rombongan Fisip UMM terdiri dari Dr. Asep Nurjaman, M,Si (Dekan), Nurudin, M.Si (Wakil Dekan 1), Dra. Juli Astutik, M.Si (Wakil Dekan 2), Zen Amiruddin, M.Med.Kom (Wakil Dekan 3), Gonda Yumitro, MA (Ketua Prodi Ilmu Hubungan Internasional), M Syaprin Zahidi MA (Sekretaris Prodi Ilmu Hubungan Internasional), Dr. Saiman, M.Si, Drs. Abdullah Masmuh, M.Si, Drs. Jainuri, M.Si (wakil dosen Fisip), dan 4 staf tata usaha.

Sementara itu, dari Faculty of Social and Political Sciences Universiy of Malaya (FASS UM) diwakili oleh Prof. Dr. Hanafi bin Hussin (Dekan), Prof. Dr. Shanthi A (Wakil Dekan Post Graduate), Dr. Safiah Dato Muhammad (Wakil Dekan program sarjana).

Dekan Fisip UMM, Dr. Asep Nurjaman, M.Si berharap agar kerjasama ini bisa terimplementasikan ke depannya. UM dipilih karena reputasi di bidang pengembangan akademik dan kemahasiswaan. “Kerjasama ini penting kami lakukan untuk memperkuat kerjasama internasional ke depan. Kami berharap nanti ada program kuliah tamu, review jurnal internasional, transfer kredit, sit in dan pertukaran mahasiswa serta dosen”.

Lebih lanjut dekan Fisip UMM itu menekankan ini bagian dari semangat UMM sebagai lembaga amal usaha pendidikan yang harus memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh lapisan masyarakat. Disamping itu juga agar bisa memperkuat atmosfir akademik di UMM.

Prof, Dr, Hanafi Hussin (dekan FASS UM) menyambut baik keinginan Fisip UMM menjalin kerjasama. “Masak, kerjasama UM dilakukan pada negara-negara lain, padahal Indonesia itu sudah menjadi saudara dan tetangga dekat, bahkan satu rumpun. Kenapa tidak?” tegas dekan yang fasih berbahasa Indonesia itu.

Dekan yang lulusan UM tersebut memberikan contoh bahwa selama ini UM juga snagat mendorong pengembangan kerjasama internasional. Bahkan sudah ada kerjasama degan 5 Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia yang tergabung dalam program Persidangan ANtarbangsa Hubungan Malaysia Indonesia (PAHMI) yang beberapa kali melakukan kegiatan bergiliran ke PT yang tergabung.

Dalam kesempatan yang sama Prof. Dr. Shanthi mengemukakan peluang-peluang kerjasama antara lain di bidang penulisan jurnal. Bahkan UM juga meminta ada reviewer terkait jurnalnya. Juga, kerjasama penelitian yang juga sangan menantang. “Kita sedang mengejar bagaimana jurnal kita terindeks scopus juga. Ini kesempatan bagi kita untuk saling berbagi pengalaman”, tegas dosen yang sangat tertarik dengan studi gender ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah dan pengenalan beberapa tempat di UM. JUga, pembicaraan pribadu terkait kelembagaan dan Prodi untuk tindak lanjut kerjasama. (nrd).

0 komentar:

Posting Komentar