Minggu, 01 Januari 2017

Siswa SMK Muh Kepanjen ketika mengikuti Unjuk Kompetensi di Ajang Honda Technical Skill Contest 2016.

KEPANJEN - Dua siswa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen menjadi yang terbaik dalam unjuk kompetensi keahlian teknik sepeda motor (TSM) di ajang Honda Technical Skill Contest for Technical High School yang digelar di bengkel Honda SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, Rabu (28/12). Mereka memenangi persaingan untuk berkesempatan menjajal kontes serupa tingkat nasional mendatang.

Dua siswa jurusan TSM SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen ini berhasil meraih juara 1 dan 2 ajang tahunan tersebut. Mereka berturut-turut adalah Wahyu Talifatul L dan M Abdul Khafit. Keduanya mengungguli 36 peserta lain pada kontes yang diselenggarakan bekerja sama dengam PT MPM (Mitra Pinastika Mulia) ini.

Aditya Irawan, pelaksana lomba mengungkapkan, para peserta Honda Technical Skill Contest ini berasal dari 12 SMK Malang Raya, Kota dan Kabupaten Blitar dalam wilayah Karisidenan Malang. Menurutnya, seleksi regional Jatim digelar di empat wilayah, meliputi area eks-Karisidenan Madiun, Surabaya, Jember dan Malang.

"Peserta Honda Technical Skill Contest adalah siswa jurusan TSM SMK-SMK yang selama ini menjadi peserta didik kelas khusus TSM-Honda. Setiap Karesidenan dicari 3 peserta terbaik. Hasil akhirnya, akan diambil 4 peserta untuk mewakili Jatim ke kontes skill Honda tingkat nasional yang akan digelar sekitar pertengahan 2017 mendatang," terangnya.

Aditya menambahkan, kompetensi peserta diuji untuk menyelesaikan soal teori sejumlah 50 soal, dilanjutkan tes praktik meja dengan 5 soal. Diantaranya mencakup pekerjaan chasis, elektrikal, pengukuran alat ukur mekanik, tekanan kompresi dan bahan bakar. Waktu pengerjaan adalah 10 menit per soal praktik meja.

"Dari tahun ke tahun, siswa SMK dengan sarpras program keahlian TSM yang lengkap selama ini selalu masuk 10 besar," terang pria yang juga promo service dan edukasi PT MPM ini.

Dari hasil kompetisi, disusul juara 3 dari adalah siswa SMK Turen. Dikatakan, setiap juara 1-3 regional wilayah selanjutnya akan diberi pembekalan selama sebulan di Learning Center PT MPM Jatim.

Menurutnya, juara Honda Technical Skill Contest nasional tahun lalu, diraih siswa TSM SMK-Honda Jatim. Yakni, dari SMKN 1 Bendo Magetan sebagai juara 1 dan siawa SMKN 1 Geger Madiun juara 3. Dua tahun sebelumnya, pada 2014, siswa SMK Muhammadiyah 1 pernah meraih juara 3 Honda Skill Contest tingkat nasional.

Kelas khusus TSM-Honda di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen sendiri saat ini memasuki tahun keempat. (amin)

0 komentar:

Posting Komentar