Minggu, 25 Desember 2016

Posted by Ridlo Posted on Desember 25, 2016 | No comments

Lazismu Tiada Henti Tularkan Virus Filantropi Muhammadiyah

Hariadi/Ketua Divisi Pengembangan Lazismu PDM kab. Malang (dua dari kiri) dan sam Nanang/Ketua PCM Jabung (berkaos kuning) bersama warga usai kerja bakti pembersihan lahan yang akan dibangun masjid “al-Hadi” PRM Kemantren Jabung.[25/12/2016]

Beberapa bulan belakangan ini, Lazismu PDM Kabupaten Malang gencar melakukan optimalisasi penghimpunan dana kemanusiaan melalui tajuk aksi berbagi dan memberi untuk negeri. Mulai dari aksi 1000 paket sembako (dengan nilai Rp.100.000,-/paket) yang dihimpun oleh Lazismu PWM Jawa Timur pada Milad 104 muhammadiyah yang dipusatkan di kabupaten Bangkalan Madura [27/11/2016], dimana Lazismu PDM Kabupaten Malang memberikan kontribusi terbanyak dengan jumlah 179 paket (rilis data Lazismu pwm).

Tidak lama setelah itu, Lazismu PDM Kab Malang harus menghimpun dana kembali, yang kali ini diperuntukkan bagi minoritas muslim Rohingya dan korban gempa Aceh, yang hingga pada sabtu [24/12/2016] telah terkumpul dana lebih dari 21 juta rupiah dari para donatur. Sampai berita ini diturunkan Lazismu  kab. Malang kembali memulai aksi peduli dan kemanusiaan bagi korban konflik berkepanjangan di Aleppo (Suriah) maupun korban banjir bandang di daerah NTB.

Wagiran/anggota PCM Jabung (kiri) dan Roni/PCPM Jabung (kanan) sesaat sebelum edarkan/bagikan kotak infaq dari Lazismu PDM kab. Malang.[25/12/2016]

Tak lupa, Lazismu juga selalu konsen mensosialisasikan filantropi dan terus memotifasi warga persyarikatan di level/tingkat pimpinan PCM - PRM se-kab. Malang. Moment akan dimulainya pembangunan masjid “al-Hadi” PRM Kemantren Jabung pada pekan ini pun dijadikan penanda makin digairahkannya “gerakan semangat berinfaq” dengan membagikan atau menyebar kotak infaq, majalah mata hati dan informasi ke-lazismu-an kepada unsur anggota pimpinan maupun ortom diwilayah kerja ranting Kemantren. Bersama pula anggota PCM Jabung dan 30 warga masyarakat mengikuti kegiatan Lazismu usai kerja bakti pembersihan lahan yang akan dibangun masjid diatas tanah waqaf seluas 918 m².

Sejak tahun 2008 status tanah telah bersertifikat atas nama Muhammadiyah yang berstatus waqaf dari Mayor (purn) TNI-AU Mas Hadi, B.Sc. allahuyarham yang berdomisili di Purwantoro kec. Blimbing kota Malang, baru akan berdiri bangunan masjid seluas 8x10m². Pada tahap awal mendapatkan bantuan dari yayasan “Asseelah Charity Indonesia” yang berkantor pusat di Depok Jawa Barat senilai hampir 200 juta rupiah. Selagi dalam proses pembangunan dan setelah berdirinya bangunan masjid, UPZ masjid “al-Hadi” PRM Kemantren Jabung akan melakukan pengelolaan dana dari hasil kotak infaq yang sudah disebar dan dibagikan, ungkap Wagiran anggota PCM Jabung.

Senada dengan wagiran, sam Nanang (sapaan akrab Ketua PCM Jabung)  menyampaikan terima kasih kepada Lazismu PDM kab. Malang yang terus-menerus memotivasi dan memberikan support terhadap PRM dan PCM serta optimisme melalui penghimpunan kekuatan dana ummat sebagai gerakan dakwah ataupun jihad bi amwal ditubuh persyarikatan muhammadiyah akan terus bergairah, semarak dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Virus filantropi melalui Lazismu akan terus disebar hingga mewabah di semua kalangan terlebih warga persyarikatan, tidak hanya di perkotaan dan pemukiman mewah, namun juga sampai ke pelosok desa yang masih terhampar luasnya sawah. Sebagian ummat Islam bukan tidak mengerti, bukan tidak mau maupun tidak mampu berinfaq dan bersedekah, karena pada dasarnya ada beberapa yang mungkin perlu selalu di refreshkan kesadaran ber-ZISnya. Itu merupakan tugas dan tanggungjawab kita sesama muslim termasuk kami-kami yang tergabung dan diberi amanah di lazismu yang akan selalu bergerak untuk mengajak (ta’awwun), saling mengingatkan (tawashshul) akan sebuah kekuatan. Arti penting berbagi bersama untuk sesama dengan menyampaikan kabar gembira (bil hikmah wa mauidzotil hasanah) dan semangat menggembirakan dalam memberi untuk negeri, tegas Hariadi, S,AP. Ketua Divisi Pengembangan Lazismu PDM kab. Malang. (Hari/Rid)

0 komentar:

Posting Komentar