Rabu, 02 November 2016

Posted by Ridlo Posted on November 02, 2016 | No comments

Siswa SMK Mutu Dapatkan Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemula

Ketua KPU Kab Malang, Santoko ketika memberikan piagam penghargaan ke SMK Mutu Gondanglegi

GONDANGLEGI - Pemungutan suara persis saat pemilihan umum digelar di aula lantai dua SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Rabu (2/11) siang. Kegiatan ini diikuti ratusan siswa kelas XII sekolah setempat dan difasilitasi KPU Kabupaten Malang.

Simulasi pemungutan suara ini menjadi bagian dari kegiatan sosialisasi kepemiluan bagi pemilih pemula oleh KPU. Kegiatan ini melibatkan setidaknya 600 siswa SMK Muhammadiyah 7 dan dibagi menjadi dua sesi.

Dalam simulasi, sekitar 10 pelajar diminta memerankan diri bertugas sebagai petugas PPS di tempat pemungutan suara. Sementara, 15 pelajar lainnya berperan menjadi pemilih yang harus melakukan pencoblosan suara. Satu persatu mereka bergantian mencoblos kertas suara di dua bilik yang disediakan kemudian memasukkan kertas suara ke kotak suara yang telah disediakan.

Peragaan oleh siswa SMK Mutu mengenai proses pemilihan pilkada oleh KPU Kab Malang

Ketua KPU Kabupaten Malang Santoko mengatakan, sosialisasi bagi pemilih pemula ini sudah yang kali ketiga dilakukan. Tujuannya, agar para pelajar kelas XII yang sudah memenuhi syarat usia minimal ikut pemilu memiliki persepsi dan sikap positif untuk turut berpartisipasi dalam pemilu yang bakal diikutinya.

"Pada termin pertama ini kami hanya menyasar calon pemilih pemula dari empat sekolah dulu. Sekolah yang didatangi sengaja yang memiliki siswa yang merepresentasi cakupan semua wilayah yang ada di Kabupaten Malang," terangnya di sela sosialisasi, kemarin.

Selain agar berpartisipasi menjadi pemilih, menurutnya sosialisasi kepemiluan bagi pelajar juga sangat penting, mengingat potensi pemilih pemula relatif memiliki pendidikan yang cukup. Karena itu pula, lanjutnya, kegiatan serupa perlu diperkuat dengan tindak lanjut agar pemahaman pemilu semakin meluas.

"Bukan tidak mungkin ke depan akan diupayakan sosialisasi masuk per kelas-kelas melalui duta pemilu dari kalangan pelajar sendiri untuk membantu sosialisasi," kata Santoko.

Seakan tak mau mensia-siakan kesempatan, ia pun banyak memberikan motivasi kepada pelajar bahwa sekolah di lembaga Muhammadiyah juga tak kalah bagus dibandingkan sekolah lain. Bahkan, ia berharap pelajar SMK Mutu juga nantinya bisa sukses menjadi orang besar seperti halnya tokoh-tokoh dan pejabat nasional yang berasal dari kalangan Muhammadiyah saat ini.

Santoko juga menekankan pentingnya peran KPU di balik sukses pemilihan umum mulai Pilpres, pileg dan Pilkada.

Dalam sosialisasi ini, komisioner KPU Divisi SDM dan Partisipasi Pemilih Sofi Rahma Dewi, SH, MH. juga ikut memberikan pemaparan teknis dan tahapan dari pemilu. Saat ini, perempuan ini juga menjabat sebagai ketua Majelis Hukum PD Aisyiyah Malang dan sekertaris Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PDM Kabupaten Malang. (amin)

0 komentar:

Posting Komentar