Sabtu, 26 November 2016

Posted by Ridlo Posted on November 26, 2016 | No comments

Sisi Lain Milad: Mengenal Nasi Serpang Khas Bangkalan

Nasi Serpang khas Bangkalan

Ke Bangkalan tidak akan lengkap jika tidak menikmati Nasi Serpang. Ini adalah nasi khas Bangkalan, Madura. Di sela meliput acara Milad Muhammadiyah ke-107, Tim Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) PDM Kabupaten Malang mencoba menelusuri nasi khas pulau garam itu.

Madura memang sangat dikenal dengan makanan khas sate. Tetapi nasi Serpang juga terkenal, mekipun tidak tersohor sebagaimana sate. Nasi ini banyak dijumpai di Bangkalan, Madura. Makananya unik, khas Madura. Nasinya dilengkapi dengan pepes ikan tongkol, soun bumbu kecap, telor asin, sambal terasi, peyek serundeng, dendeng daging sapi Madura, kerang masak sambal goreng serta kripik paru.

Yang khas laian dari nasi ini adalah tidak ada sayur sebagaimana makanan lainnya. Terasinya juga khas, menyerupai petis.

 Menurut Awang Dharmawan, penduduk asli di Bangkalan, nasi Serpang itu punya riwayat sendiri. Serpang itu nama desa yang menjadi cikal bakal munculnya nasi terkenal di Bangkalan tersebut. Menurut beberapa sumber, nasi Serpang lahir dari tangan wanita bernama Hj. Turah yang kemudian dilanjutkan oleh anak keturunanya. Kemudian, dikembangkan sendiri oleh masyarakat Bangkalan.

“Saat sekarang, nasi Serpang menjadi terkenal. Nasi yang biasanya di jual di bawah tenda itu kadang diborong oleh seseorang. Ratusan diborong kemudian dikirim ke kota lain seperti Jakarta dan Surabaya melalui  untuk melayani kantor-kantor, “pungkas Awang yang juga dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) itu.

Untuk lebih mendalam merasakan nasi Serpang, tak ada salahnya Anda menikmati di sela-sela mengikuti Milad Muhammadiyah ke 107  di Bangkalan, Madura (27/11/16). (nrd)

0 komentar:

Posting Komentar