Selasa, 08 November 2016

Posted by Ridlo Posted on November 08, 2016 | No comments

Raih Tiga Emas, SMK Muhammadiyah 1 Siap LKS SMK Nasional

Empat siswa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen dengan tropi juara LKS SMK 2016 Jatim masing-masing. SMK Muhammadiyah 5 juga meraih juara 3 bidang lomba film pendek.


KEPANJEN - Siswa-siswi SMK di Kabupaten Malang berhasil menjadi juara umum di ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK se Jawa Timur 2016 ini. Di ajang LKS yang digelar selama 5-8 November 2016 dan dipusatkan di Nganjuk Jatim ini, penyumbang medali terbanyak adalah siswa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, dengan capaian 3 medali emas dan satu perak.

Predikat juara umum LKS SMK 2016 Jatim ini setelah pelajar SMK Kabupaten Malang berhasil membawa pulang 5 medali emas, 5 medali perak, dan 5 medali perunggu.
Tiga medali emas diantaranya disumbangkan siswa dari SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen dan didapatkan dari bidang lomba Chemistry, Industrial Control dan Mobile Robotics. Peraihnya adalah Deviana Rosadewi (Chemistry), Eddy Susanto (Industrial Control), dan M. Rois dan Vardyansyah Cahya (Mobile Robotics). Sementara, peraih juara 3 bidang Automobile Technology adalah Krisna Imanuddin.

Kepada malangmu.or.id, kaprog Teknologi Otomasi Industri SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Ivayanti Maysarah ST, mengungkapkan rasa syukur atas prestasi yang diraih siswanya. Menurutnya, kemenangan LKS ini buah kerja keras tim pembina serta para guru yang terlibat mengantarkan siswa selama ajang lomba.

"Kami persiapan intensif kurang lebih selama 2 bulan, bahkan hari Minggu pun siswa tetap latihan di sekolah demi mendapatkan hasil yang maksimal. Alhamdulillah akhirnya sukses sesuai harapan," katanya, Selasa (9/11) petang.

Yang juga tidak disangka, lanjutnya, adalah hasil dari bidang lomba chemistry, karena ini adalah yang pertama bagi jurusan Kimia Industri. Namun akhirnya, siswa bisa mendapatkan juara pertama mengalahkan juara bertahan SMKN 1 Madiun.

Dengan hasil juara 1 ini, menurutnya jurusan Teknik Otomasi Industri bisa mempertahankan prestasi seperti tahun kemarin, yang juga mendapatkan emas bidang lomba Industrial Control yang diwakili Eddy Susanto dan bidang lomba Mobile Robotics, yang diwakili M. Rois dan Vardyansyah Cahya. Bahkan, lanjut Ivayanti, skor bidang lomba industrial control yang didapatkan hampir sempurna yaitu 97,78. Nilai hampir sempurna juga didapatkan dari bidang mobile robotics, dimana dari total 4 tes, 3 tes mendapatkan nilai sempurna.

Selain kompetensi siswa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen yang terbukti unggul sebagai penyumbang medali terbanyak, raihan medali emas LKS SMK Jatim juga menjadi milik SMKN 2 Turen bidang Nautica yang Wahyu Sony Ramadhan dan SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo. Medali emas SMK NU didapatkan dari bidang Landscaping & Gardening, dengan peraihnya Qoidin dan Doni Adikusuma.

Sementara, pengurus MKKS SMK Kabupaten Malang Drs Abdul Mujib Syadzili MSi cukup berbangga dengan prestasi siswa-siswi SMK Kabupaten Malang di ajang LKS SMK Jatim tahun ini. Dengan menjadi juara umum, menurut Gus Mujib ini menunjukkan bahwa kompetensi keahlian siswa SMK yang unggul kini lebih merata. Apalagi, terkhusus SMK swasta yang sebelumnya tidak banyak berpartisipasi di ajang ini, ternyata bisa membuktikan mereka memiliki kompetensi keahlian yang tidak kalah.

Di ajang LKS SMK 2016 Jatim ini, sejumlah 14 SMK se Kabupaten Malang menurunkan siswa-siswi terbaiknya menjadi peserta. Mereka terjun di 46 bidang lomba. Dari peserta SMK swasta, SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi juga turun di dua bidang lomba, namun belum beruntung mendapatkan juara. Lebih dari itu, pada Pameran Produk SMK yang masih satu rangkaian dengan LKS SMK Jatim ini, siswa dari jasa boga SMK Muhammadiyah 3 Singosari juga tampil memeragakan dan menunjukkan kemampuan dan hasil kompetensi keahliannya. (amin)

0 komentar:

Posting Komentar