Minggu, 13 November 2016

Posted by hilmi Posted on November 13, 2016 | No comments

Prof. Dr. Wahyudi Siswanto Beri Tips Sukses Berwirausaha

Prof. Dr. Wahyudi, M.Pd dalam acara Business Gathering MEK PDM di DOME UMM, Ahad (13/11)
Di hadapan 200 peserta Business Gathering I yang diselenggarakan oleh Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang, Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, M.Pd memberikan Tips sukses berwirausaha. Menurutnya, ada dua hal penting yang tidak boleh dilupakan oleh para wirausahawan. Pertama adalah Jangan pernah lupa dengan mimpi. Kedua adalah gunakan rumus ATM.

Wakil Ketua PDM kab. Malang itu menjelaskan bahwa orang sering tidak sadar mengucapkan sesuatu yang pada akhirnya menjadi kenyataan. Hayalan dan angan-angan yang terkadang tidak disengaja terlintas dan terucap seringkali terwujud dalam kehidupan kita. Karenanya, bermimpilah yang indah dan baik saja agar terwujud pula kenyataan yang baik. Begitu juga dalam hal bisnis, semua orang tidak tahu apa yang akan dia jalani, tetapi dengan angan-angan dan konsentrasi serta keseriusan dalam berusaha maka dia menjadi sukses.

Rumus ATM menurut Guru Besar Universitas Negeri Malang ini adalah Amati, Tiru dan Modifikasi. ATM harus menjadi prinsip bagi para pengusaha. Di manapun pengusaha selalu menerapkan prinsip ATM itu. Berapa banyak orang yang membuka usaha restaurant atau warung dalam satu ruas jalan, tetapi mereka tidak pernah sepi. Itu karena menerapkan ATM. Mereka memodifikasi rasa, penyajian dan tempat. Tuturnya dalam acara yang bertema "Bangun Sinergi, Perkuat Kemandirian Ekonomi" di DOME Universitas Muhammadiyah Malang, Ahad (13/11/2016).



“Oleh karenanya, para pengusaha yang hadir di ruangan ini harus berbagi ilmu atau resep. Berikan semua ilmunya, kita ini bukan competitor/saingan, melainkan sahabat” tegasnya. Kita ini orang beragama (Islam) yang harus meyakini bahwa semakin banyak memberi maka semakin banyak pula apa yang kita dapat, karena Allah sudah menjanjikan itu semua, 7 kali lipat, 10 kali lipat, 100 kali lipat, 700 kali lipat dan bahkan sampai tak terbatas. Lanjutnya, sambil diberi applous para hadirin yng mayoritas pengusaha itu.

Selain dua hal di atas, Wahyudi juga memberikan 4 kunci sukses lainnya, yaitu: bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja tuntas dan terakhir adalah ikhlas. (Hilmi)

0 komentar:

Posting Komentar