Langsung ke konten utama

Dinas Koperasi dan UMKM Siap Bersinergi dengan Pebisnis Muhammadiyah

Ibu Irina Widiyanti, S.E, M.Si dalam Business Gathering I di DOME UMM, Ahad (13/11) (foto:Izudin)

Tidak di sangka, kegiatan wirausaha warga Muhammadiyah di kabupaten Malang begitu menggeliat. Mereka bergerak di segala bidang, mulai produksi sampai jasa. Tak ayal, kegiatan Business Gathering I yang diselenggarakan Majelis EKonomi dan Kewirausahaan PDM Kab. Malang ini dipenuhi peserta dari kalangan pebisnis dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah se-Kab. Malang.

Bertempat di DOME UMM, Ahad (13/11), tidak kurang dari 200 pelaku usaha dilingkungan warga Muhammadiyah Kabupaten Malang berbondong-bondong ke acara itu. Sebagian besar dari mereka menampilkan hasil produk usahanya di arena Stand Bazar yang disediakan panitia. Produk usaha yang dipamerkan di stand itu mulai dari tahu, tempe dengan aneka macam olahan dan rasa, berbagai macam makanan ringan, kripik dan sejenisnya, berbagai macam minuman yang menyehatkan, Susu, Yoghut, Madu dan lain sebagainya. Bidang Elektronikpun juga ditampilkan di stand itu. Adapun mereka yang bergerak di bidang jasa  juga diberi kesempatan untuk mempresentasikan usahanya, seperti Bengkel spd motor sampai bengkel mobil beserta variasinya.

Acara Business Gathering I ini melibatkan pemateri dari pihak pemerintah, yang dalam hal ini diwakili oleh Dinas Koperasi dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Kabupaten Malang, Ibu Irina Widiyanti, SE. M.Si. Beliau menyampaikan, "Kami siap, bersedia memberikan bimbingan kepada warga Muhammadiyah yang bergerak di Usaha Mikro, Kecil dan Menengah", tegasnya sambil disambut aplous seluruh peserta. “Warga atau Pimpinan Muhammadiyah yang memiliki usaha hendaknya memiliki ijin usaha dan selalu mengikuti prosedur dalam segala aktifitasnya”, imbuhnya.
Suasana Business Gathering I MEK PDM kab. Malang di Dome UMM, Ahad (13/11) (foto:Hilmi)
Pemateri UMKM, Ibu Irina dengan gaya yang hangat, menyapa langsung peserta, dengan berjalan mengitari bangku duduk peserta sekaligus melihat produk-produk yang dipamerkan di sekitar ruangan. "Ternyata, setelah saya melihat beberapa usaha yang dimiliki warga Muhammadiyah ini, banyak yang belum ada ijin usahnya ya?” ungkap dan tanyanya sambil senyum.  “Sebaiknya, segera mengurus ijin karena itu merupakan syarat mutlak untuk mendapatkan bimbingan berupa bantuan dana modal untuk usaha dari dinas Koperasi dan UMKM", tegasnya.

Dalam kesmpatan itu pula, Irina menyampaiakn bahwa ada dana yang bisa diakses hingga 50juta perorang, tentu dengan margin yang sangat murah, hanya 6 pertahun, tetapi tetap dengan prosedur resmi, ada ijin, dan jaminan yang harus dianggunkan. Semoga peserta Business Gathering I bisa memanfaatkan dengan baik moment yang luar biasa itu, sehingga usaha mereka samakin berkembang. (Izudin-Hilmi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muhammadiyah Malang Buka Pesantren Putri

Malangmu.or.id -- Lembaga pendidikan pesantren yang dinanti-nanti oleh warga Muhammadiyah Malang kini telah hadir. Berlokasi di Kepanjen, Pesantren Muhammadiyah Al-Amin Putri mulai beroperasional. Tahun ajaran baru ini 2018/2019 dibuka pendaftaran dengan kuota yang terbatas.

Kelas terbatas, hanya 20 santriwati yang bakal menjadi santri perdana di pesantren ini. Didesain Program khusus yang bekerjasama dengan SMP Muhammadiyah 03 dan SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen.

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan dalam program ini, yakni:
1) Semua kegiatan pembelajaran terpadu dan terintegrasi di Pesantren.
2) Kurikulum nya mengikuti Sisdiknas dan KMI (Pondok modern).
3) Bahasa yang digunakan dalam kesehariannya adalah Inggris dan Arab.
4) Qiroatul Kutub (membaca kitab).
5) Tahfidz Qur'an.
6) Tahsin Al-quran.
7) Pengajar dan mentor alumnus pondok pesantren modern.


Adapun kegiatan ekstra kurikulernya adalah sebagai berikut:
1) Ketangkasan; memanah
2) Bela diri; tapak suci
3) Kepanduan; Hizbul Wat…

Bazar Meriahkan Pengajian Halalbihalal PDM di Kromengan

Malangmu.or.id -KROMENGAN- Mengawali syawalan 1440 H, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang menggelar pengajian dwi bulanan sekalgus Halal-bihalal di Cabang Kromengan (23/6). Salah satu Cabang Muhammadiyah yang terletak di penghujung perbatasan kabupaten Blitar ini, dipilih sebagai tempat pengajian, tepatnya di Masjid Al Ikhlas desa Kromengan kec. Kromengan. Kromengan adalah salah satu kecamatan di kabupaten Malang yang dikelilingi desa yang banyak non Muslim.

Seperti lumrahnya, pengajian daerah ini selalu dimeriahkan oleh Bazar Produk usaha Muhammadiyah yang dikoordinir oleh Majelis Pemberdayaan dan Ekonomi PDM. Beberapa aneka produk usaha seperti busana muslim, es puter cak rozi, makanan olahan, kecapmu, helm dan lain sebagainya ikut menghiasai stand stand bazar. Menurut Bahtiar, Ketua Majelis Pemberdayaan dan Ekonomi PDM Kab. Malang, event Bazar produk usaha Muhammadiyah selalu hadir dalam acara seperti pengajian daerah. Disamping untuk memberikan kesempatan kepada p…

Pengajian PDA Kabupaten Malang Wilker Barat Berlangsung di Masjid "Tajmahal" Malang

Malangmu.or.id -- Ahad, 04 Februari 2018, Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) kabupaten Malang menggelar acara rutin tiga bulanan, yaitu "Pengajian Wilayah Kerja (wilker) Barat" yang bertempat di masjid terindah di kecamatan Dau yakni masjid Salman Alfarisi di Karangwidoro, yang terkenal dengan masjid "Tajmahal" Malang.

Pengajian Wilker Barat yang beranggotakan lima Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) yakni Dau, Karangploso, Pujon, Ngantang dan Kasembon memiliki agenda rutin. Penyampaian profil masing masing-masing PCA, sejarah berdirinya, perkembangan dan tantangan yang sedang dihadapi serta keunikan dan keunggulan.

Sebagai penyelenggara, PCA Dau mengemas acara tersebut dengan Wisata Religi. Menyuguhkan kemasan acara yang berbeda dari biasanya, sekaligus menjadikan moment special bagi berdirinya PRA baru Karangwidoro yang ditempati sebagai tuan rumah.

Dalam acara ini, dilangsungkan Pelantikan PRA oleh PDA Kab.Malang, Ibu Dra.Hj.Siti Asmah, M.Pd. "PRA adalah penggerak …