Minggu, 13 November 2016

Ibu Irina Widiyanti, S.E, M.Si dalam Business Gathering I di DOME UMM, Ahad (13/11) (foto:Izudin)

Tidak di sangka, kegiatan wirausaha warga Muhammadiyah di kabupaten Malang begitu menggeliat. Mereka bergerak di segala bidang, mulai produksi sampai jasa. Tak ayal, kegiatan Business Gathering I yang diselenggarakan Majelis EKonomi dan Kewirausahaan PDM Kab. Malang ini dipenuhi peserta dari kalangan pebisnis dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah se-Kab. Malang.

Bertempat di DOME UMM, Ahad (13/11), tidak kurang dari 200 pelaku usaha dilingkungan warga Muhammadiyah Kabupaten Malang berbondong-bondong ke acara itu. Sebagian besar dari mereka menampilkan hasil produk usahanya di arena Stand Bazar yang disediakan panitia. Produk usaha yang dipamerkan di stand itu mulai dari tahu, tempe dengan aneka macam olahan dan rasa, berbagai macam makanan ringan, kripik dan sejenisnya, berbagai macam minuman yang menyehatkan, Susu, Yoghut, Madu dan lain sebagainya. Bidang Elektronikpun juga ditampilkan di stand itu. Adapun mereka yang bergerak di bidang jasa  juga diberi kesempatan untuk mempresentasikan usahanya, seperti Bengkel spd motor sampai bengkel mobil beserta variasinya.

Acara Business Gathering I ini melibatkan pemateri dari pihak pemerintah, yang dalam hal ini diwakili oleh Dinas Koperasi dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Kabupaten Malang, Ibu Irina Widiyanti, SE. M.Si. Beliau menyampaikan, "Kami siap, bersedia memberikan bimbingan kepada warga Muhammadiyah yang bergerak di Usaha Mikro, Kecil dan Menengah", tegasnya sambil disambut aplous seluruh peserta. “Warga atau Pimpinan Muhammadiyah yang memiliki usaha hendaknya memiliki ijin usaha dan selalu mengikuti prosedur dalam segala aktifitasnya”, imbuhnya.
Suasana Business Gathering I MEK PDM kab. Malang di Dome UMM, Ahad (13/11) (foto:Hilmi)
Pemateri UMKM, Ibu Irina dengan gaya yang hangat, menyapa langsung peserta, dengan berjalan mengitari bangku duduk peserta sekaligus melihat produk-produk yang dipamerkan di sekitar ruangan. "Ternyata, setelah saya melihat beberapa usaha yang dimiliki warga Muhammadiyah ini, banyak yang belum ada ijin usahnya ya?” ungkap dan tanyanya sambil senyum.  “Sebaiknya, segera mengurus ijin karena itu merupakan syarat mutlak untuk mendapatkan bimbingan berupa bantuan dana modal untuk usaha dari dinas Koperasi dan UMKM", tegasnya.

Dalam kesmpatan itu pula, Irina menyampaiakn bahwa ada dana yang bisa diakses hingga 50juta perorang, tentu dengan margin yang sangat murah, hanya 6 pertahun, tetapi tetap dengan prosedur resmi, ada ijin, dan jaminan yang harus dianggunkan. Semoga peserta Business Gathering I bisa memanfaatkan dengan baik moment yang luar biasa itu, sehingga usaha mereka samakin berkembang. (Izudin-Hilmi)

0 komentar:

Posting Komentar