Kamis, 06 Oktober 2016

Posted by kholimi Posted on Oktober 06, 2016 | No comments

SMK MUDA Pagak Selenggarakan Ujian Berbasis IT



Gedung Baru SMK MUDA Pagak (tampak dari depan)

PAGAK- Perkembangan Teknologi Informasi yang kian pesat nampaknya tidak disia-siakan oleh dunia pendidikan kita. Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 (SMK MUDA) Pagak Kabupaten Malang kini tengah melakukan terobosan baru yang berbasis IT (Information Technology), yakni menyelenggarakan Ujuan Tengah Semester (UTS) dalam jaringan (Daring/Online). 

Pelaksanaan ujian dilakukan di dalam Laboratorium Komputer dan Laptop. Selain itu, Hand Phone & Gadjet juga dimanfaatkan dalam ujian tersebut. Selama 8 hari, mulai tanggal 03 – 12 Oktober 2016 ujian itu diikuti oleh 493 siswa, masing-masing tingkat 18 mata pelajaran. 

Siswa-siswi sedang Ujian Menggunakan Laptop

“Ujian Berkemajuan” menjadi jargon yang layak diacungkan jempol. Jauh hari SMK MUDA Pagak ini benar-benar mempersiapakan diri secara matang dalam menyambut Ujian Nasional tahun 2017. Merupakan inisiatif dari internal sendiri yang ingin mewujudkan sekolah ini menjadi sekolah pelaksana UNBK tahun ajaran 2016/2017.

Ujian yang berbasis komputer itu merupakan migrasi dari paper ke digital. Efektif dan efisiensi waktu, lebih cepat untuk koreksi dan tidak lagi menggandakan (foto copy) adalah diantara dari sekian banyak kelebihan ujian menggunakan IT.

Siswa-siswi sedang Ujian Menggunakan Handphone

Berikut beberapa manfaat Ujian Berbasis Komputer dibandingkan dengan Ujian Berbasis Kertas bagi Siswa dan Satuan Pendidikan Sekolah/Madrasah selengkapnya sebagai berikut :

1.   Lebih kecil kemungkinan terjadi keterlambatan soal, tertukarnya soal, dan ketidakjelasan hasil cetak soal
2.   Tidak ada kerumitan pengumpulan LJUN
3.   Gambar menjadi lebih jelas
4.   Lebih mengakomodasi siswa dengan ketunaan. Misalnya, untuk ‘low vision’ tulisan dan gambar bisa diperbesar.
5.   Hasil Ujian bisa diumumkan secara lebih cepat, sehingga siswa memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau untuk masuk ke dunia kerja
6.   Ujian memungkinkan untuk dilakukan beberapa kali dalam satu semester bila ada kendala.
7.   Memudahkan dalam pengamanan dan penyediaan logistik
Demikian beberapa kelebihan / manfaat dari pelaksanaan Ujian berbasis komputer dengan Ujian berbasis kertas. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...! (Hilmi/Fatur)

0 komentar:

Posting Komentar