Senin, 24 Oktober 2016

Tim Lazismu dan MDMC Malang raya bersama Hendik Arso [kepala desa Pujiharjo, depan ketiga dari kanan] saat penyerahan bantuan secara simbolis ke warga terdampak bencana banjir bandang
Lazismu dan Lembaga Penanggulangan Bercana (LPB)MDMC Malang Raya [Kabupaten, Kota Malang dan Batu] untuk kali pertama melakukan aksi ‘berbagi bersama untuk sesama’ ke daerah terpencil yang berada di kecamatan Tirtoyudo kabupaten Malang tepatnya di desa Pujiharjo yang jarak tempuhnya sekitar 3 jam dari kota Malang. dipilihnya desa Pujiharjo sebagai obyek atau sasaran da’wah dikarenakan satu bulan yang lalu desa ini terkena bencana alam berupa ‘banjir bandang’ yang mengakibatkan satu rumah hanyut, satu rumah rusak parah, delapan rumah rusak sedang, dan 43 rumah rusak ringan serta 64 keluarga harus mengungsi.

Ceremonial bakti sosialLlazismu dan MDMCmalang raya di pendopo kantor desa Pujiharjo kec. Tirtoyudo kab. Malang

Desa Pujiharjo yang mayoritas penduduknya beragama kristen, pasca terjadinya bencana membutuhkan bantuan makanan, pakaian layak dan air bersih. bantuan material untuk perbaikan rumah, utamanya bagi penduduk yang rumahnya hilang tersapu banjir, perbaikan fasilitas umum (jalan kampung/desa, sekolah dan juga tempat ibadah) juga masih terus dilakukan oleh dinas terkait pemkab malang. perjalanan tim lazismu dan mdmc dari kota malang pagi hari itu sabtu [22/10/2016] sempat terhenti dikarenakan di ujung jalan desa Sumbertangkil sebelum masuk desa Pujiharjo ada pekerjaan perbaikan jalan yang longsor dengan alat berat oleh BPBD kab. Malang. setibanya pukul 11.30 WIB. rombongan tim Lazismu dan MDMC Malang raya (dengan belasan kendaraan roda empat dan roda dua) serta dukungan tim medis RS. Islam ‘Aisyiyah Malang dan RSU-UMM lengkap dengan mobil ambulance) di lokasi disambut hangat dan antusias kepala desa beserta perangkat desa Pujiharjo dan juga warga masyarakat setempat.

Perjalanan yang sempat terhenti di ujung jalan desa Sumbertangkil sebelum memasuki desa Pujiharjo, akibat tanah longsor

Selain membagikan lebih dari 200 paket sembako dan makanan kalengan, pakaian layak pakai, paket pendidikan (buku-buku dan atau alat-alat tulis) dan puluhan dos air mineral, pada kesempatan itu juga dilakukan pemeriksaan (cek-up) kesehatan plus obat-obatan yang dipusatkan di pendopo kantor desa Pujiharjo. Bantuan yang diberikan oleh muhammadiyah Malang Raya melalui Lazismu dan MDMC sangat berguna dan semoga mendatangkan manfaat kebaikan bagi semuanya khususnya warga masyarakat desa Pujiharjo yang terkena dampak banjir bandang, terang Hendik Arso kepala desa Pujiharjo pada kata sambutannya.

Kondisi jalan menuju/memasuki desa pujiharjo [22/10/2016] hujan dan kabut tebal saat perbaikan agar bisa dilalui kembali oleh pengguna jalan
Guyuran hujan lebat siang itu sama sekali tak menyurutkan semangat tim Lazismu dan MDMC Malang raya yang berbaur, berbagi kegembiraaan bersama dengan antusias warga masyarakat desa Pujiharjo. Ucapan terima kasih kepada masyarakat desa Pujiharjo atas disambutnya dengan penuh kekeluargaan dan rasa persaudaraan tim Lazismu dan MDMC Malang raya, dengan harapan mudah-mudahan momen penting ini menjadi perekat hubungan diantara pemerintah dan masyarakat desa Pujiharjo dengan Muhammadiyah sebagai organisasi/gerakan da’wah islam di bidang pendidikan, sosial dan kesehatan yang manfaatnnya telah dirasakan hingga detik ini dengan amal usaha yang terus tumbuh dan berkembang di pelosok nusantara, disampaikan Hariadi, S.AP.[Ketua divisi pengembangan lazismu kabupaten Malang] pada kata sambutannya.

Mengutip apa yang pernah disampaikan oleh Drs. H. Hajriyanto Y. Thohari, M.A. salah seorang Ketua PP Muhammadiyah ; “perhatian kepada orang miskin dan dhuafa menjadi prioritas gerakan Muhammadiyah. dalam perkembangannya, muhammadiyah tumbuh menjadi besar. tidak hanya lembaga sosial, pendidikan dan tabligh yang berdiri kokoh. saat ini, muhammadiyah memiliki lembaga zakat, infak dan sedekah, Majelis Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga Penanggulangan Bencana disebutnya sebagai trisula baru gerakan Muhammadiyah. artinya potensi gerakan sosial dan dakwah Muhammadiyah ke depan akan semakin besar di luar isu-isu strategis dan ke-Islaman (kalam jadid)”, jelas Rossi Hendrawan ketua LPB/MDMC kabupaten Malang. (Hari)

0 komentar:

Posting Komentar