Langsung ke konten utama

Membanggakan, Siswa SD Muhammadiyah 1 Kepanjen Juarai Kontes Robot Nasional

BANGGA: Hanif Asyhar (tengah), bersama At Thaariq Zuhair Hendika Putra dan Syahdan Yudha Adistyo, siswa SD Muhammadiyah 1 Kepanjen peraih juara 3 Kompetisi Robot Nasional kemarin.

KEPANJEN - Prestasi membanggakan dipersembahkan tim siswa SD Muhammadiyah 1 Kepanjen, Kabupaten Malang. Mereka berhasil tampil meraih juara kontes robot tingkat nasional yang diselenggarakan Dishubkominfo Kota Kediri, 8-9 Oktober 2016 lalu.

Tim robot dari SD Muhammadiyah 1 Kepanjen ini beranggotakan At Thaariq Zuhair Hendika Putra dan Syahdan Yudha Adistyo, yang keduanya masih duduk di kelas 4. Dua siswa cerdas ini berhasil meraih juara III di ajang National Robotic Competition 2016 di Kediri tersebut.

Tim robot SD Muhammadiyah 1 ini bersaing dengan 35 tim lain dari berbagai daerah. Sementara, juara 1 diraih peserta dari SD Muhammadiyah 04 Pucang Kota Surabaya dengan poin kecepatan 12.09 detik.

"Kami berkompetisi di kategori Maze Solving. Dari dua kali sesi, tampilan robot anak-anak diselesaikan dengan kecepatan 14:86 detik," terang Endik Kuswanto, wali pendamping siswa, Senin (10/10) kemarin.

Dalam kategori robot ini, kata Endik, ketepatan, kecermatan, kecepatan dan ketepatan robot sangat menentukan penilaian. Menurutnya, timing (waktu) kapan robot berbelok harus pas. Salah satu langkah saja, menurutnya robot bisa gagal.

"Pada Sesi I, robot anak-anak sebenarnya berhasil masuk peringkat 2 perolehan poin. Tetapi, hasil akhirnya masih kalah cepat," imbuhnya.

Syahdan Yudha Adistyo mengungkapkan, dalam melintasi line tracing yang ditetapkan, robot diharuskan bisa sampai dan menyentuh 10 check point. Lintasan yang harus dilalui robot adalah kombinasi X, ∆, Π, juga setengah lingkaran.

Thaariq Zuhair menambahkan, timnya hanya diberi waktu satu jam untuk programing robot. Tambahan waktu diberikan dengan pemanfaatan jam trial dan 1 jam lagi untuk lomba.

"Seminggu latihan 2 kali persiapan sebelum lomba. Saya memang suka robot dan suka bongkar-bongkar mainan," akunya.

Sementara itu, Hanif Asyhar, ketua tim pengembang SD Muhammadiyah 1 Kepanjen mengungkapkan, prestasi anak didiknya ini justru menjadi motivasi dan penyemangat untuk prestasi lain di kemudian hari. Bahkan, pada 16 Oktober mendatang, ia berencana mengikutkan siswanya berkompetisi di kontes robot yang digelar Kemenristek Dikti Kemdikbud.

"Kami akan ikuti lagi kontes robot itu. Jika bisa menang, akan menjadi tiket menuju ajang Asian Junior Robotic di Malaysia November mendatang," terangnya. (min)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muhammadiyah Malang Buka Pesantren Putri

Malangmu.or.id -- Lembaga pendidikan pesantren yang dinanti-nanti oleh warga Muhammadiyah Malang kini telah hadir. Berlokasi di Kepanjen, Pesantren Muhammadiyah Al-Amin Putri mulai beroperasional. Tahun ajaran baru ini 2018/2019 dibuka pendaftaran dengan kuota yang terbatas.

Kelas terbatas, hanya 20 santriwati yang bakal menjadi santri perdana di pesantren ini. Didesain Program khusus yang bekerjasama dengan SMP Muhammadiyah 03 dan SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen.

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan dalam program ini, yakni:
1) Semua kegiatan pembelajaran terpadu dan terintegrasi di Pesantren.
2) Kurikulum nya mengikuti Sisdiknas dan KMI (Pondok modern).
3) Bahasa yang digunakan dalam kesehariannya adalah Inggris dan Arab.
4) Qiroatul Kutub (membaca kitab).
5) Tahfidz Qur'an.
6) Tahsin Al-quran.
7) Pengajar dan mentor alumnus pondok pesantren modern.


Adapun kegiatan ekstra kurikulernya adalah sebagai berikut:
1) Ketangkasan; memanah
2) Bela diri; tapak suci
3) Kepanduan; Hizbul Wat…

Bazar Meriahkan Pengajian Halalbihalal PDM di Kromengan

Malangmu.or.id -KROMENGAN- Mengawali syawalan 1440 H, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang menggelar pengajian dwi bulanan sekalgus Halal-bihalal di Cabang Kromengan (23/6). Salah satu Cabang Muhammadiyah yang terletak di penghujung perbatasan kabupaten Blitar ini, dipilih sebagai tempat pengajian, tepatnya di Masjid Al Ikhlas desa Kromengan kec. Kromengan. Kromengan adalah salah satu kecamatan di kabupaten Malang yang dikelilingi desa yang banyak non Muslim.

Seperti lumrahnya, pengajian daerah ini selalu dimeriahkan oleh Bazar Produk usaha Muhammadiyah yang dikoordinir oleh Majelis Pemberdayaan dan Ekonomi PDM. Beberapa aneka produk usaha seperti busana muslim, es puter cak rozi, makanan olahan, kecapmu, helm dan lain sebagainya ikut menghiasai stand stand bazar. Menurut Bahtiar, Ketua Majelis Pemberdayaan dan Ekonomi PDM Kab. Malang, event Bazar produk usaha Muhammadiyah selalu hadir dalam acara seperti pengajian daerah. Disamping untuk memberikan kesempatan kepada p…

Pengajian PDA Kabupaten Malang Wilker Barat Berlangsung di Masjid "Tajmahal" Malang

Malangmu.or.id -- Ahad, 04 Februari 2018, Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) kabupaten Malang menggelar acara rutin tiga bulanan, yaitu "Pengajian Wilayah Kerja (wilker) Barat" yang bertempat di masjid terindah di kecamatan Dau yakni masjid Salman Alfarisi di Karangwidoro, yang terkenal dengan masjid "Tajmahal" Malang.

Pengajian Wilker Barat yang beranggotakan lima Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) yakni Dau, Karangploso, Pujon, Ngantang dan Kasembon memiliki agenda rutin. Penyampaian profil masing masing-masing PCA, sejarah berdirinya, perkembangan dan tantangan yang sedang dihadapi serta keunikan dan keunggulan.

Sebagai penyelenggara, PCA Dau mengemas acara tersebut dengan Wisata Religi. Menyuguhkan kemasan acara yang berbeda dari biasanya, sekaligus menjadikan moment special bagi berdirinya PRA baru Karangwidoro yang ditempati sebagai tuan rumah.

Dalam acara ini, dilangsungkan Pelantikan PRA oleh PDA Kab.Malang, Ibu Dra.Hj.Siti Asmah, M.Pd. "PRA adalah penggerak …