Rabu, 12 Oktober 2016

BANGGA: Hanif Asyhar (tengah), bersama At Thaariq Zuhair Hendika Putra dan Syahdan Yudha Adistyo, siswa SD Muhammadiyah 1 Kepanjen peraih juara 3 Kompetisi Robot Nasional kemarin.

KEPANJEN - Prestasi membanggakan dipersembahkan tim siswa SD Muhammadiyah 1 Kepanjen, Kabupaten Malang. Mereka berhasil tampil meraih juara kontes robot tingkat nasional yang diselenggarakan Dishubkominfo Kota Kediri, 8-9 Oktober 2016 lalu.

Tim robot dari SD Muhammadiyah 1 Kepanjen ini beranggotakan At Thaariq Zuhair Hendika Putra dan Syahdan Yudha Adistyo, yang keduanya masih duduk di kelas 4. Dua siswa cerdas ini berhasil meraih juara III di ajang National Robotic Competition 2016 di Kediri tersebut.

Tim robot SD Muhammadiyah 1 ini bersaing dengan 35 tim lain dari berbagai daerah. Sementara, juara 1 diraih peserta dari SD Muhammadiyah 04 Pucang Kota Surabaya dengan poin kecepatan 12.09 detik.

"Kami berkompetisi di kategori Maze Solving. Dari dua kali sesi, tampilan robot anak-anak diselesaikan dengan kecepatan 14:86 detik," terang Endik Kuswanto, wali pendamping siswa, Senin (10/10) kemarin.

Dalam kategori robot ini, kata Endik, ketepatan, kecermatan, kecepatan dan ketepatan robot sangat menentukan penilaian. Menurutnya, timing (waktu) kapan robot berbelok harus pas. Salah satu langkah saja, menurutnya robot bisa gagal.

"Pada Sesi I, robot anak-anak sebenarnya berhasil masuk peringkat 2 perolehan poin. Tetapi, hasil akhirnya masih kalah cepat," imbuhnya.

Syahdan Yudha Adistyo mengungkapkan, dalam melintasi line tracing yang ditetapkan, robot diharuskan bisa sampai dan menyentuh 10 check point. Lintasan yang harus dilalui robot adalah kombinasi X, ∆, Π, juga setengah lingkaran.

Thaariq Zuhair menambahkan, timnya hanya diberi waktu satu jam untuk programing robot. Tambahan waktu diberikan dengan pemanfaatan jam trial dan 1 jam lagi untuk lomba.

"Seminggu latihan 2 kali persiapan sebelum lomba. Saya memang suka robot dan suka bongkar-bongkar mainan," akunya.

Sementara itu, Hanif Asyhar, ketua tim pengembang SD Muhammadiyah 1 Kepanjen mengungkapkan, prestasi anak didiknya ini justru menjadi motivasi dan penyemangat untuk prestasi lain di kemudian hari. Bahkan, pada 16 Oktober mendatang, ia berencana mengikutkan siswanya berkompetisi di kontes robot yang digelar Kemenristek Dikti Kemdikbud.

"Kami akan ikuti lagi kontes robot itu. Jika bisa menang, akan menjadi tiket menuju ajang Asian Junior Robotic di Malaysia November mendatang," terangnya. (min)

0 komentar:

Posting Komentar