Rabu, 12 Oktober 2016

Posted by kholimi Posted on Oktober 12, 2016 | No comments

LHKP dan KPU Kab. Malang Wujudkan Pemilih Cerdas

Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko, S.Pd.I, dan Sekretaris LHKP PDM Kabupaten Malang, Sofi Rahma Dewi, SH, MH, saat foto bersama perwakilan siswa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen

malangmu - Pemilihan Umum (Pemilu) adalah agenda bersama bangsa Indonesia yang mutlak harus dilaksanakan secara berkala sebagai negara demokrasi. Seluruh stakeholder Pemilu, baik peserta, Pemerintah, Pemilih dan Masyarakat harus membangun sinergitas berkesinambungan dalam mewujudkan Pemilu yang berkualitas.

Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PDM Kabupaten Malang sebagai bagian dari masyarakat dengan tugas pokok, salah satunya berpartisipasi secara aktif dan kreatif dalam upaya penguatan masyarakat sipil serta penegakan demokrasi dan Hak Asasi Manusia (HAM) mengambil peran dalam hal ini melalui kerjasama membangun sinergitas dengan KPU Kabupaten Malang dalam bentuk program pendidikan pemilih pemula di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen.

Sekretaris LHKP PDM Kabupaten Malang, Sofi Rahma Dewi, SH, MH, saat memaparkan materi pendidikan pemilih
Dengan jumlah peserta lebih 600 siswa, agenda ini dilaksanakan di aula KH Mas Mansur SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen pada Rabu (12/10) pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai.

Nara sumber utama agenda ini adalah Santoko, S.Pd.l Ketua KPU Kabupaten Malang dan Sekretaris LHKP PDM Kabupaten Malang Sofi Rahma Dewi, SH, MH. Agenda ini dikemas dengan format sesi pemaparan, dialog dan simulasi pemungutan suara. Di sela-sela agenda, LHKP PDM Kabupaten Malang membagikan souvenir kepada para siswa yang aktif mengikuti program ini.

Pendidikan pemilih ini bertujuan guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pemilu bagi pemilih pemula serta mewujudkan pemilih cerdas dan cermat. Hal ini penting bagi pemilih pemula yang pada tahun 2018 nanti akan menggunakan suaranya pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Berikutnya tahun 2019 dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres yang digelar secara serentak untuk pertama kalinya.

Suasana pelaksanaan Program Pendidikan Pemilih di Aula KH Mas Mansur SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen
Kedepan diharapkan sinergitas yang berkesinambungan ini mampu meningkatkan peran masyarakat, khususnya para pemilih pemula dalam Pemilu sehingga tercipta Pemilu yang berkualitas.

(Sofi Rahma Dewi, SH, MH, Sekretaris LHKP PDM Kabupaten Malang)

0 komentar:

Posting Komentar