Selasa, 25 Oktober 2016

Posted by kholimi Posted on Oktober 25, 2016 | No comments

Gembleng Kader, PC IPM Gondanglegi Adakan Taruna Melati I

Peserta Pelatihan Kader Taruna Melati I PC IPM Gondanglegi

Musim hujan tidak menjadi penghalang bagi Ipmawan-ipmawati Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah Gondanglegi untuk menyelenggarakan suatu kegiatan. Mengambil momen pasca UTS dan sebelum ujian semester di sekolah masing-masing, PC IPM Gondanglegi memutuskan untuk menyelenggarakan Pelatihan Kader Taruna Melati I pada hari Jum’at sampai dengan Ahad tanggal 21 – 23 Oktober 2016 dan mengusung tema “ Jauhi Kebodohan Dekati Prestasi, Mendorong Pelajar Berkemajuan “. Dan sengaja memilih tempat yang kondusif untuk kegiatan pengkaderan yaitu masjid Al Khairat Pimpinan Ranting Muhammadiyah Sepanjang Gondanglegi. Tentu saja kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh semua komponen Persyarikatan Muhammadiyah di Gondanglegi mulai dari PCM, PCA, SMK Muhammadiyah 7, SMP Muhammadiyah 9 dan yang pasti PRM, PRA Sepanjang serta TK ABA 2 sebagai tuan rumahnya.

Peserta TM I Putri Semangat Mengikuti Acara

Bapak Munali, S.T (staf pengajar SMK Mutu Gondanglegi) sebagai pemateri pertama memberikan ilmu tentang kepemimpinan dan dilanjutkan oleh pemateri kedua yaitu Ustadzah Chotitah Anggun Dumiyangsari, S.IP alumni Hubungan Internasional UMM yang membawakan materi dasar-dasar fotografi. Ba’da shalat Maghrib, ibu-ibu ‘Aisyiyah Sepanjang Gondanglegi sudah menyiapkan soto ayam untuk menu makan malam hari pertama kegiatan ini.
Setelah shalat Isya’, materi “Berwira usaha sambil berdakwah” disampaikan oleh Bpk. Drs. Parngadi, M.Pd (Kasek SMP Muhammadiyah 9 Gondanglegi). Dalam materinya beliau menyampaikan tentang pentingnya meniru pola dakwah yang dilakukan oleh KH. Ahmad Dahlan yaitu berdagang batik sambil mendakwahkan Islam yang berkemajuan.

Dan materi penutup hari pertama tentang Wawasan Kebangsaan dalam perspektif Muhammadiyah” disampaikan oleh Bpk. Masturin Adi Wijaya (Sekretaris Tamir Masjid Al Khairat Sepanjang). Muhammadiyah ikut membidani lahirnya NKRI, Muhammadiyah juga tidak akan pernah berhenti untuk menyinari negeri ini dan tentu saja. Muhammadiyah juga tidak akan rela jika negeri ini dikoyak-koyak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab terlebih oleh kepentingan asing, begitulah yang disampaikan oleh beliau.

Hari Kedua Sabtu 22 Oktober 2016, setelah shalat subuh berjama’ah kegiatan dibuka dengan senam pagi dan dilanjutkan dengan jalan-jalan melintasi perkampungan di sekitar masjid Al Khairat Sepanjang. Pada hari kedua ini materi difokuskan tentang Ikatan Pelajar Muhammadiyah diawali dengan keorganisasian, persidangan, visi dan misi serta motivasi ikut IPM yang disampaikan oleh Pimpinan Daerah IPM Kab. Malang dan Pimpinan Wilayah IPM Jatim. Ba’da shalat Ashar, Ustadz A. Yusuf Wibisono menyampaikan materi tentang Thaharah sesuai Keputusan Tarjih  Muhammadiyah. Materi ini dipilih karena wudhu adalah kunci pembuka shalat oleh karena itu tema ini sangat strategis untuk disampaikan kepada para kader IPM. Sebagai penutup materi hari kedua adalah tentang Masalah Lima yang disampaikan oleh Ustadzah Azmi Rizqi Ula (mahasiswa S2 UIN Maliki Malang yang juga alumni PPUT UMY).

Pukul 07.00 WIB materi game dan outbond dimulai. Materi ini sebagai penutup kegiatan PKTM I pada hari terakhir yang bertujuan untuk membangun kekompakan, kebersamaan, kepemimpinan, membentuk mental & karakter kader yang kuat dan militan. Hal tersebut sangat dibutuhkan oleh kader IPM sebagai pelopor, pelangsung dan penyempurna amal usaha Muhammadiyah. Pada sesi ini peserta yang jumlah nya 60 siswa terdiri dari 38 putri dan 22 putra dibagi menjadi enam kelompok. Dengan semangat yang luar biasa, tak kenal lelah dan menyerah serta bermandikan lumpur sawah masing-masing kelompok selalu menyuarakan yel-yel yang telah mereka bikin sebelum berangkat ke arena outbond yaitu Wadukan Sepanjang dan sekitarnya. Tepat pukul 10.00 WIB seluruh peserta kembali ke basecamp masing-masing yaitu peserta putra di ruang kelas A & B TK ABA 2 Sepanjang dan peserta putri di rumah-rumah jama’ah masjid Al Khairat Sepanjang yang secara sukarela bersedia ditempati demi kelancaran dan kesuksesan kegiatan ini.

Menjelang waktu Dzuhur seluruh peserta sudah kembali ke masjid Al Khairat untuk mengikuti shalat berjama’ah, makan siang dan persiapan closing ceremony. Secara resmi kegiatan Pelatihan Kader Taruna Melati 1 IPM Gondanglegi ini ditutup oleh Masturin Adi Wijaya selaku Sekretaris PCM Gondanglegi. Semakin bertambah keimanan dan ketaqwaannya, semakin kompak, semakin militant dalam menggerakkan IPM Gondanglegi itulah harapan yang disampaikan oleh Sekretaris PCM Gondanglegi dalam sambutan penutupan kegiatan ini.

Sebelum para peserta kembali ke rumah masing-masing, Panitia membagikan hadiah hasil beberapa lomba yang dilaksanakan yaitu lomba fotografi, game dan outbond serta pengumuman peserta paling gokil.

Seperti lazimnya kegiatan IPM, setelah para peserta kegiatan kembali ke rumah masing-masing maka seluruh Panitia melaksanakan kegiatan membersihkan lokasi yang digunakan kegiatan serta langsung melaksanakan rapat evaluasi sampai menjelang waktu shalat Isya’.
Selamat bermuktamar XX di Samarinda, IPM Jaya (turin)

0 komentar:

Posting Komentar