Langsung ke konten utama

Gedung yang Diresmikan itu Hasil Swadaya



Bpk. Nur Rochim (Ketua PCM Pagak) Ketika Memberikan Sambutan Pengajian Daerah di  Pagak, Ahad 09 Okt. 2016


Pagak – Pengajian Daerah Muhammadiyah Kab. Malang menghadirkan Prof. Dr. H. Syafiq A. Mughni, MA. Selaku Ketua PP Muhammadiyah, bertempat di SMK Muhammadiyah 2 Pagak, Ahad, 9 Oktober 2016. Dihadiri hampir 1000 jamaah pengajian yang terdiri dari seluruh unsur pimpinan dan anggota ortom se-kabupaten Malang serta para para simpatisan (warga) Muhammadiyah. 

Nur Rohim selaku Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Pagak menyampaikan, ucapan selamat datang kepada PP Muhammdiyah di PCM paling selatan yang ada di Kab. Malang. Selain itu, ucapan terimakasih kepada semua pihak yang turut terlibat dalam menyukseskan acara rutin dua bulan sekali ini.

Ketua PCM yang sekaligus kini sebagai ketua panitia pelaksana pengajian daerah Muhammadiyah itu juga menjelaskan bahwa banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh PCM Pagak dalam upayanya membangun kesejahteraan umat. Dimulai dari bidang keagamaan, PCM Pagak aktif mengadakan pembinaan keagamaan dengan dilaksanakanya pengajian rutin di masjid As-Salam, Kajian Ahad Pagi (KAP) di masjid Ahmad Dahlan, pengajian rutin mingguan yang terselenggara di 11 masjid. Tidak cukup dengan itu, PCM Pagak pun aktif mengadakan pengajian rutin yang dihadiri oleh guru dan seluruh Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di lingkungan Pagak.

Selain menggiatkan ghirah dalam hal keagamaan, PCM Pagak pun intens melaksanakan program di bidang kesehatan, dengan mengaktifkan kembali layanan kesehatan di PKU (Pusat Kesehatan Ummat) Muhammadiyah Pagak. Di bidang Pendidikan pun tak kalah hebatnya, Muhammadiyah Pagak  turut aktif membantu pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui lembaga pendidikan tingkat PAUD di Pandan Rejo, TK ABA yang hingga saat ini berjumlah 105 siswa,  SD Muhammadiyah dengan jumlah siswa 76,  SMP Muhammadiyah 96 siswa dan gedung yang sedang dipakai untuk kegiatan ini yaitu SMK Muhammadiyah 2 pagak dengan jumlah 496 siswa. ‘’Semoga amal usaha dan ikhtiar yang dilaksanakan oleh masyarakat Muhammadiyah di cabang Pagak bisa bermanfaat untuk umat,’’ tuturnya. 

Prof. Dr. Syafiq A. Mughni memotong pita dalam acara peresmian gedung baru SMKM2 Pagak, Ahad 09/10/2016 (foto: Andik)

Rangkaian acara yang berlangsung di SMK Muhammadiyah 2 ini juga akan meresmikan Aula SMKM 2 Pagak. Ia menjelaskan, Aula tersebut terdiri dari 3 lantai. Lantai dasar digunakan untuk Klinik Kesehatan dan bengkel otomotif, lantai dua untuk Aula dan lantai tiga untuk ruang kelas. Bangunan tersebut dibangun dengan swadaya anggota dan semangat dari masyarakat Muhammadiyah selama dua tahun. ‘’semoga amal usaha yang digalakan oleh warga Muhammadiyah akan bernilai pahala dan mampu mensejahterakan umat,’’ tutupnya. (Izna/Hil)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muhammadiyah Malang Buka Pesantren Putri

Malangmu.or.id -- Lembaga pendidikan pesantren yang dinanti-nanti oleh warga Muhammadiyah Malang kini telah hadir. Berlokasi di Kepanjen, Pesantren Muhammadiyah Al-Amin Putri mulai beroperasional. Tahun ajaran baru ini 2018/2019 dibuka pendaftaran dengan kuota yang terbatas.

Kelas terbatas, hanya 20 santriwati yang bakal menjadi santri perdana di pesantren ini. Didesain Program khusus yang bekerjasama dengan SMP Muhammadiyah 03 dan SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen.

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan dalam program ini, yakni:
1) Semua kegiatan pembelajaran terpadu dan terintegrasi di Pesantren.
2) Kurikulum nya mengikuti Sisdiknas dan KMI (Pondok modern).
3) Bahasa yang digunakan dalam kesehariannya adalah Inggris dan Arab.
4) Qiroatul Kutub (membaca kitab).
5) Tahfidz Qur'an.
6) Tahsin Al-quran.
7) Pengajar dan mentor alumnus pondok pesantren modern.


Adapun kegiatan ekstra kurikulernya adalah sebagai berikut:
1) Ketangkasan; memanah
2) Bela diri; tapak suci
3) Kepanduan; Hizbul Wat…

Reuni Veteran Pemuda Muhammadiyah, Bangkitkan Semangat Ber-Muhammadiyah

Bazar Meriahkan Pengajian Halalbihalal PDM di Kromengan

Malangmu.or.id -KROMENGAN- Mengawali syawalan 1440 H, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang menggelar pengajian dwi bulanan sekalgus Halal-bihalal di Cabang Kromengan (23/6). Salah satu Cabang Muhammadiyah yang terletak di penghujung perbatasan kabupaten Blitar ini, dipilih sebagai tempat pengajian, tepatnya di Masjid Al Ikhlas desa Kromengan kec. Kromengan. Kromengan adalah salah satu kecamatan di kabupaten Malang yang dikelilingi desa yang banyak non Muslim.

Seperti lumrahnya, pengajian daerah ini selalu dimeriahkan oleh Bazar Produk usaha Muhammadiyah yang dikoordinir oleh Majelis Pemberdayaan dan Ekonomi PDM. Beberapa aneka produk usaha seperti busana muslim, es puter cak rozi, makanan olahan, kecapmu, helm dan lain sebagainya ikut menghiasai stand stand bazar. Menurut Bahtiar, Ketua Majelis Pemberdayaan dan Ekonomi PDM Kab. Malang, event Bazar produk usaha Muhammadiyah selalu hadir dalam acara seperti pengajian daerah. Disamping untuk memberikan kesempatan kepada p…