Sabtu, 22 Oktober 2016

Posted by kholimi Posted on Oktober 22, 2016 | No comments

Empat Alasan Utama Turba PWM Jatim


Dr. Saad Ibrahim (Ketua PWM Jatim) memberiksan sambutan dalam acara "Turba" Konsolidasi Organisasi di UMM, Ahad 23/10/16)
 
malangmu.or.id - Dalam rangka Konsolidasi Organisasi, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur mengadakan Turba (turun ke bawah). Acara dilaksanakan di Univeritas Muhammadiyah Malang (23/10/16). Hadir dalam acara tersebut  pengurus PWM,  PDM Kota dan Kabupaten Malang, PDM Kota dan Kabupaten Blitar serta PDM Batu juga Ortom yang terkait.

Dalam sambutannya, Dr. Sa’ad Ibrahim selaku ketua umum PWM  menyampaikan bahwa TURBA akan dilakukan setiap tahun untuk melihat wilayah mana yang telah melaksanakan programnya dengan sempurna dan yang belum.  Gerakan Muhammadiyah itu gerakan amal usaha, jadi tindakan nyata menjadi penting. “Mengacu pada ungkapan Ibnu Taimiyah, yang penting itu bukan yang di pikiran tetapi yang nyata terjadi di lapangan”, demikian ujar dosen UIN Malang.

Sa’ad juga menekankan bahwa tujuan acara Konsolidasi Organisasi tersebut mempunyai 4 tujuan antara lain;  Pertama, media untuk melakukan tanfidz oleh masing-masin PDM, menyeleksi dan menetapkan program mana yang dapat eksekusi di lapangan untuk satu tahun ke depan. Tentunya hal ini harus dilakukan melalui skala prioritas. Tanfidz ini dimaksudkan untuk acuan ketika akan dilakukan evaluasi.

“Kedua,  program selanjutnya, sebagai sarana sinkronisasi antara program kerja yang berda di Wilayah (PWM) dengan program kerja yang berada di Daerah (PDM) seperti halnya sinkronisasi antara Pusat dengan Wilayah” kata pria kelahiran Mojokerto itu.

Kemudian, ketiga, Turba akan melihat PDM mana yang menduduki level tinggi, level menengah dan level bawah. Sehingga, siapapun yang berada di bawah mampu mengambil sikap dan pelajaran dari yang berada di atas. Level tersebut dapat ditentukan dengan amal usaha yang telah dimiliki dan yang telah direncanakan.                                                 
Keempat, Turba juga sarana menambah ilmu pengetahuan baik terkait tentang organisasi Muhammadiyah maupun terkait dengan Agama Islam. Jugapengetahuan-pengetahuan di luar keduanya. Oleh karena itu, untuk setiap Turba pasti ada undangan khusus untuk Pimpinan Pusat.

Suasana acara Konsolidasi Organisasi PWM dan PDM di Gedung Teater Dome UMM, Ahad (23/10/16) (Foto Panorama: Irfan)

Ketua Majelis Trajih PWM 2000-2005 itu kemudian meneruskan   bahwa setiap yang diamanahi untuk memimpin Muhammadiyah harus memegang dua hal, yaitu menjaga eksistensi agama yang dalam hal ini menjaga ideologi Muhammadiyah ar-ruju’ ila al-qur’an wa as-sunnah. Itulah tugas utama yang harus benar-benar dijalankan oleh setiap pengurus Muhammadiyah. Selain harus menjaga ideologi agama, juga harus melakukan pengendalian urusan-urusan duniawiyah yang dalam hal ini dapat diwujudkan melalui amal usaha sebagai bakti terhadap umat dan bangsa bahkan bagi manusia secara keseluruhan. Melalui inilah misi Islam yang rahmatan lil’alamin akan semakin terbuka”, tegas doktor lulusan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menutup sambutan (Harid).

0 komentar:

Posting Komentar