Minggu, 18 September 2016

Posted by Ridlo Posted on September 18, 2016 | No comments

Pengurus dan Aggota MTT Dilatih Aplikasi Hadist berbasis IT

Pengurus dan anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PDM Kab Malang saat diberi pelatihan.
Majlis Tarjih dan Tajdid (MTT) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang menyelenggarakan Pelatihan Aplikasi Hadits Berbasis IT di kantor PDM Kabupaten Malang, Ahad (18/9/2016).

Pelatihan yang berlangsung mulai pukul 08.30-12.00 WIB ini merupakan realisasi salah satu program Majlis Tarjih dan Tajdid PDM Kabupaten Malang. Mengenai peserta pelatihan terdiri dari pengurus dan anggota Majlis Tarjih sendiri dan dari Majlis Tabligh.

Ketua Majlis Tarjih dan Tajdid PDM Kabupaten Malang, ustadz Sholeh Subagja, menyatakan bahwa penting bagi internal pengurus dan anggota Majlis Tarjih untuk memiliki penguasaan IT yang terkait dengan hal ihwal sumber hukum Islam.

"Pelatihan aplikasi hadits berbasis IT ini termasuk bagian dari usaha peningkatan kompetensi keilmuan pengurus tarjih dan tabligh", kata ustadz Sholeh, begitu beliau biasa dipanggil.
Mengenai alasan mengapa penguasaan IT penting bagi pengurus dan anggota MTT dan MT, tidak lain agar semakin memudahkan pengurus majlis Tarjih dan Tabligh dalam memberikan dalil hukum Islam (khususnya hadits) pada warga Muhammadiyah dan masyarakat luas.

"Dengan training aplikasi hadits berbasis IT ini, nantinya bisa memudahkan pengurus dan anggota majlis tarjih dan tabligh dalam menelusuri dalil-dalil hukum Islam, termasuk memberikan pencerahan kepada umat", tegas alumnus pascasarjana UMM ini dengan mantap

Sementara Trainer dalam pelatihan aplikasi hadits berbasis IT, ustadz Hikmatulloh, S.Pdi. M.Pdi, memberikan materi dengan telaten. Mulai dari bagaimana cara menginstall aplikasi hadits ke dalam laptop, mencari hadits secara tematik, bagaimana cara melacak suatu riwayat hadits, mengapa ditemukan ada redaksi (isi/matan) hadits yang berbeda tetapi substansi maknanya sama, dan sebagainya [Basthomi)

0 komentar:

Posting Komentar