Senin, 05 September 2016

Posted by hilmi Posted on September 05, 2016 | No comments

Kaya Ilmu dari Pelatihan dan Magang Budidaya Lele

Acara Pelatihan Budidaya Lele di Aula PDM Kab. Malang


Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang terus berupaya berbagi pengetahuan untuk memberdayakan warga. Ahad, 4 September 2016 lalu, digelar Pelatihan Budidaya Lele Biona & Bionik untuk menelorkan komunitas peternak lele syar'i.

Kegiatan pelatihan budidaya yang dihadiri oleh 63 orang peserta dari hampir seluruh PCM se Kabupaten Malang ini pun berjalan sukses. Peserta pelatihan tampak begitu antusias. Acara dijadualkan dimulai pukul 09.00 WIB, namun telah dipadati peserta sejak pukul 07.00 yang bersemangat melakukan regestrasi.

Acara dibuka oleh Prof Dr. Ir. Yunianta, DEA ketua PDM yang membidangi Majelis Pemberdayaan Masyarakat, Majelis Pemberdayaan Ekonomi, dan Majelis Pemberdayaan Lingkungan. Prof Yunianta dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini merupakan kali pertama di PDM Kabupaten Malang dan merupakan langkah positif untuk membentuk warga Muhammadiyah yang pintar, cerdas, dan kreatif menuju masyarakat muslim yang mandiri dan berkemajuan.

Terpisah, ketua MPM Dr. Ir. Ahmad Wahyudi, MKes mengatakan, misi MPM periode ini adalah melatih masyarakat, membentuk komunitas, membuat percontohan produksi dan pengembangannya, serta menguatkan jaringan informasi dan pemasaran dengan IPTEK.

Pelatihan Lele sistem Biona & Bionic ini sendiri hanyalah salah satu dari beberapa program MPM dalam waktu 5 tahun ke depan. Dikatakan, pelatihan lainnya yang segera dilaksanakan adalah pengolahan dan pengemasan produk pangan, pelatihan produksi listrik pico hidro dan energi terbarukan, pelatihan teknologi penjernihan produksi air minum, pelatihan produksi biofertilizer, biopestisida, formulasi dan pengawetan pakan, dan pembibitan tanaman pengikat air.

Materi pelatihan diberikan oleh dua narasumber, yaitu Riza Rahman Hakim SPi, MSc, penemu konsep OHOP sistem Biona & Bionic dan bapak Samar, praktisi peternak Lele Higienis dari Majelis Ekonomi PCM Pagelaran. Sejak awal hingga akhir, seluruh peserta pelatihan tampak serius, bersemangat, dan tidak ada yang meninggalkan tempat duduknya masing-masing.

Peserta diajak ke lokasi budidaya lele


Agar tetap ada tindak lanjut, usai pelatihan dilanjutkan dengan praktek lapang (outdoor) selama dua jam, mulai pukul 14.00-16.00 WIB, di tiga kolam bionic milik ketua MPM dan satu kolam milik Sekretaris PDM. Praktek lapang ini sekaligus anjangsana ke sesama warga muhammadiyah.

Peserta juga diajak musyawarah pembentukan "Komunitas Peternak Lele Syar'i" Muhammadiyah PDM Kabupaten Malang dengan ketua bapak Samar sebagai Ketua. Rangkaian kegiatan pelatihan itu pun berlangsung akrab, inspiratif, dengan masing-masing penuh harap sukses di masa mendatang.

Menariknya, jeda ishoma diisi dengan santap makan siang Bothok lele bumbu kluwak sebagai menunya, ditambah nikmat kopi susu ASI-nya pedet. Di sela sela waktu istirahat itu pun kedua narasumber masih nampak sibuk melayani berbagi pertanyaan dan konsultasi dari peserta. (amin)

0 komentar:

Posting Komentar