Rabu, 21 September 2016

Posted by Ridlo Posted on September 21, 2016 | No comments

Aksi Perdana UPZ Tumpang Tangani Qurban

Pelaĸѕanaan penyeмвelιнan qυrвan dι мaѕjιd al-ғυrqon [jl. вιмa 23 тυмpang]
ranтιng ĸυlonpaѕar тυмpang (12/09/2016)

Kegiatan 'iedul adha 1437 H./2016 dilingkungan amal usaha muhammadiyah Tumpang jadi momentum aksi perdana UPZ PCM Tumpang. Pengelolaan penghimpunan dana pengadaan hewan, penyembelihan dan pendistribusian daging qurban merupakan kegiatan yang ditangani UPZ. Momen ini digunakan sebaik-baiknya oleh personalia UPZ yang telah memperoleh pendidikan dan pelatihan/diklat manajemen zakat [14/08/2016] dari Lazismu kabupaten Malang. Diserahkannya surat keputusan pdm kabupaten malang nomor : 206/KEP/III.0/ B/2016 tertanggal 29 syawal 1437 H./3 agustus 2016 tentang : penetapan personalia unit pelaksana zakat lazismu PDM Kabupaten Malang di kecamatan Tumpang, maka diharapkan tim ini bisa langsung mempraktekan hasil pelatihannya utamanya dalam pengelolaan zakat dan infak di momen iedul Adha tahun ini.


Pelaksanaan SHolat iedul Adha yang diikuti lebih dari 700 jama'ah
Suasana Sholat Ied Adha di lapangan Tumpang
Pelaksanaan sholat 'ied Adha PCM Tumpang bertempat di stadion Tumpang pada hari senin 10 dzulhijjah 1437 H./12 september 2016 pagi dimulai pukul 06:00 wib. Sebagai khotib Ir. Agus Purwadyo (wakil ketua PDM kota Malang) yang menyampaikan khutbahnya tentang ibadah qurban.  Menurutnya, "qurban adalah salah satu indikator atau parameter ketaqwaan seorang hamba terhadap Allah SWT.". Usai pelaksanaan sholat 'ied khotib didampingi beberapa anggota PCM maupun PRM beramah-tamah dan sejenak meninjau salah satu tempat pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di masjid al-Furqon ranting Muhammadiyah Kulonpasar Tumpang.


Pelaĸѕanaan penyeмвelιнan qυrвan dι мaѕjιd aт-тaqwa [jl. ronggowυnι тυмpang]
 ranтιng Ronggowυnι Tυмpang

Data yang berhasil dihimpun oleh tim UPZ PCM Tumpang, dari 6 tempat/aum di wilayah kerja PCM Tumpang ada 15 ekor sapi dan 39 ekor kambing yang total nilainya lebih dari 300 juta rupiah, dana operasional pelaksanaan qurban mencapai lebih dari 15 juta rupiah. Adapun penerima pendistribusian daging qurban mencapai lebih dari 5000 anggota keluarga yang diprioritaskan bagi masyarakat lingkungan sekitar (desa Malangsuko dan Jeru, dusun Tumpang I dan II, dusun Ronggowuni, dusun Kebonsari dan dusun Jago). Juga masyarakat kecamatan Tumpang serta daerah-daerah di kecamatan sekitar Tumpang yaitu kecamatan Jabung, Pakis dan Poncokusumo yang kesemuanya insya Allah sesuai dengan tuntunan/syar'i, terang Hariadi, S.AP. anggota ranting Muhammadiyah Kulonpasar Tumpang yang juga sekretaris ta'mir masjid al-Furqon.


Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di masjid al-ikhlash [Jl. raya malangsuko]
ranting Muhammadiyah Malangsuko Tumpang

Hariadi juga menambahkan bahwa penyembelihan hewan qurban di 5 tempat dilaksanakan serempak atau di hari yang sama yaitu pada hari senin [12//09/2016], sedangkan 1 tempatdi SD Muhammadiyah 03 Tumpang penyembelihan hewan qurban dilaksanakan pada hari selasa [13/09/2016]. Kegiatan rutin tahunan ini terus mengalami peningkatan, baik dari kualitas maupun kuantitas penghimpunan dana. Hal ini membuktikan kepercayaan jama'ah dan masyarakat untuk mengamanahkan hewan qurban dan pendistribusiannya dari tahun ke tahun.


Pelaĸѕanaan penyeмвelιнan qυrвan dι мυѕнolla aт-тaqwa [jl. raya paнlawan тιмυr ĸeвonѕarι тυмpang] ranтιng мυнaммadιyaн ĸeвonѕarι Tυмpang

Penghimpunan data qurban 1437 H./2016 diteruskan dan dilaporkan ke lazismu PDM kabupaten Malang. Hal ini sangat penting dilakukan untuk dijadikan inventarisasi dan inputan data juga sebagai bahan evaluasi kegiatan untuk dapatnya melakukan peningkatan kualitas maupun kuantitas di tahun-tahun mendatang, sekaligus sebagai bentuk tertib administrasi dengan pencatatan segala macam aktifitas/kegiatan aum/lembaga maupun persyarikatan serta ortom-ortom yang ada, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penyusunan laporan pertanggungjawaban hingga tahap evaluasi. Kekuatan inventarisasi data khususnya potensi dana dari umat/masyarakat di berbagai event menjadi sebuah motivasi plus dalam berfastabiqul khoirot bagi pergerakan organisasi dalam mendakwahkan islam berkemajuan yang mesti secara terus-menerus digaungkan melalui berbagai media, baik cetak, elektronik dan sistem informasi website maupun berbagai sosial media, jelas Zainal Fanani, ketua UPZ PCM Tumpang.(Hari/Rid)

0 komentar:

Posting Komentar