Senin, 29 Agustus 2016

Poster Pelatihan yang telah menyebar di Medsos

Sukses membudidayakan lele di area rumah yang sempit dan halaman yang terbatas,  tentu bukanlah hal yang mustahil. Tidak perlu membuat kolam besar dari semen dan ataupun dari terpal. Sistem Biona (Bionatural) dan Bionic (Bionatural and Aquaponic Cimbination) telah memberikan solusi bagi budidaya lele di area yang sempit tapi tetap menghasilkan lele yang berkualitas dan bersaing. Metode baru ini merupakan penemu dan inisiasi bapak Reza Rachman Hakim, M.Sc., dosen Fakultas Pertanian – Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang.

Untuk lebih memahami proses pembuatan dan aplikasinya, Majelis Pemberdayaan Masyarakat PDM Kab Malang akan menggelar pelatihan budidaya lele higienis dengan system Biona dan Bionic. Acara ini akan dilakukkan pada hari Ahad 4 September 2016 bertempat di AULA PDM Kab Malang. Kegiatan ini akan dimulai pukul 08.00 WIB dan direncakan berakhir pukul 13.00 WIB.

Akan ada 2 pembicara utama yaitu bapak Reza Rachman Hakim, M.Sc, Dosen FPP UMM dan Bapak Samar, ketua Majelis Ekonomi PCM Pagelaran. Bapak Riza akan menjelaskan mengenai konsep Biona  dan Bionic serta metode aplikasinya, sedangkan Bapak Samar akan memberikan sharing pengalaman budidaya lele dan kiat sukses beternak lele.

“Panitia dari MPM telah menyebarkan informasi pelatihan ini baik melalui surat maupun poster medsos baik dari WA ataupun yang lain. Semoga semua perwakilan dari Cabang atau ranting dan AUM bisa mengikuti  pelatihan ini. Minimal akan memberikan bekal bagi warga Muhammadiyah akan mudahnya beternak lele dan prospek pemberdayaan ekonominya”, jelas M. Jufri, Wakil Ketua Majelis Pemberdayaan Masyarakat PDM Kab Malang kepada Malangmu.  Dosen FT UMM ini menambahkan maksud dan tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan bekal ilmu budidaya lele dengan system Biona dan Bionic serta prospek bisnisnya kepada warga Muhammadiyah.  “Kedepan semoga system Biona dan Bionic ini akan bis memberikan solusi untuk peternak lele supaya bisnisnya lebih berkembang, mudah dan mensukseskan. Sehingga akan bis mengangkat perekenomian serta menambah pemberdayaan kepada warga Muhammadiyah dan masyarakat umum”, pungkas Jufri.

Sesuai dengan poster yang telah dibuat,  warga Muhammadiyah di kabupaten Malang bisa mendaftar untuk mengikuti pelatihan ini dengan menghubungi panitia melalui bapak Nur Khozin dengan No HP. 081330432113. (Rid)





TERM OF REFERENCE (TOR)
PELATIHAN DAN WORKSHOP LELE BIONA & BIONIC
MPM PDM


I.   Misi Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang adalah mewujudkan masyarakat muslim yang berkemajuan melalui edukasi dan pelatihan IPTEK kepada masyarakat.
II.                Visi MPM PDM Kabupaten Malang adalah melatih, membentuk komunitas, membuat percontohan produksi & pengembangan, menguatkan pasar dan jaringan pemasaran.
III.         Latar Belakang. Edisi pertama edukasi dan pelatihan teknologi Tahun pertama adalah budidaya lele BIONA & BIONIC, suatu teknik baru pemeliharaan lele yang aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH). Program ini sangat tepat dilaksanakan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka mendukung program pemerintah Pusat hingga Daerah yang sekarang sedang digalakkan untuk membangun kemandirian/ketahanan pangan dan mengembangkan ekonomi kreatif. Ikan lele sempat diragukan kebersihan dan kehalalannya di Indonesia bahkan pernah diharamkan di Malaysia karena cara budidaya yang dilakukan oleh masyarakat umumnya tidak terjamin mutunya. Berkaitan dengan hal itu, maka lahirlah konsep gerakan One House One Pond (OHOP) dengan teknologi BIONA & BIONIC yang dikembangkan oleh Bapak Riza Rachman Hakim, MSc. Dosen Perikanan FPP Universitas Muhammadiyah Malang. Teknologi tersebut akan menjadi solusi masalah keraguan terhadap lele konvensional.

IV.      Tujuan KegiatanInovasi sistem OHOP BIONA-BIONIC adalah : (1) untuk mewujudkan kemandirian/ketahanan pangan bagi keluarga khususnya keluarga Muhammadiyah dalam pemenuhan kebutuhan protein hewani dan nabati melalui budidaya ikan dan sayuran di tiap rumah, (2) memberi motivasi dan alur SOP yang jelas pada komunitas peternak lele Muhammadiyah, (3) mengembangkan jiwa entrepreneur bagi keluarga Muhammadiyah melalui penerapan OHOP BIONA-BIONIC, (4) meningkatkan taraf hidup peternak lele melalui pengembangan ekonomi kreatif, (5) mewujudkan komunitas peternak lele yang berkemajuan.

V.     Waktu dan Tempat. Pelatihan dan workshop lele BIONA & BIONIC dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 04 September 2016 di Aula Gedung PDM Kabupaten Malang, Jl Raya Sengkaling No. 146 Mulyoagung, Dau, Kabupaten Malang. Website www.malangmu.or.id, http://malang. muhammadiyah.or.id, email: pdmkab.malang@ yahoo.co.id

VI.             Peserta. Peserta utama adalah 2 orang utusan perwakilan (kader) tingkat Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) dan atau unsur anggota dan Pimpinnan Ranting Muhammadiyah (PRM) di Lingkungan PDM Kabupaten Malang.


VII.          Akomodasi Peserta: Setiap peserta dikenakan biaya akomodasi sebesar Rp. 50.000 untuk konsumsi, sertifikat, dan materi pelatihaan. Kontak person panitia : Nur Khozin 081330432113

1 komentar: