Minggu, 07 Agustus 2016

Posted by Ridlo Posted on Agustus 07, 2016 | No comments

PCM Wajak Sukses Gelar Pengajian PDM Kab Malang

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Dr. Abdul Mu'ti ketika menyampaikan Ceramah
di pengajian PDM Kab Malang

Pengajian rutin dua bulanan Pimpinan Daerah Muhammadiyah  Kab. Malang kali ini (Ahad, 7/8/2016) berlokasi di kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Kurang lebih 1200 jamaah Muhammadiyah hadir memenuhi arena  halaman kantor kecamatan yang luas. Hal ini menambah antusiasme dan kemeriahan pengajian yang baru pertama kali dilaksanakan di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wajak ini. 

Meskipun pada hari itu, banyak acara Muhammadiyah yang bersamaan tapi ghiroh untuk menyukseskan Pengajian PDM ini sungguh luar biasa. Cuaca yang cerah dan bersahabat seakan mengamini setiap rangkaian kegiatan warga Muhammadiyah Kabupaten Malang.

Salah satu rangkaian acara pengajian, Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Malang melakukan penanda tangan MoU dengan Radio Republik Indonesia (RRI) Malang. Pada nota kesepahaman ini, RRI siap membantu meliput segala kegiatan Aisyiyah Kab Malang dalam seminggu 3 kali. Untuk Muhammadiyah juga diberi waktu sekali dalam seminggu.  RRI yang diwakili oleh Kepala seksi  Pelayanan dan Pengembangan Usaha berharap agar RRI dimanfaatkan untuk kepentingan penyiaran dan publikasi secara luas oleh warga persyarikatan Muhammadiyah.

Pada sesi sambutan, Kapolsek Wajak  Ajun Komisaris Endro Sujiat, SH, MM, M.H menyampaikan terima kasih dan bangga kepada Muhammadiyah Wajak yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan ormas yang melibatkan warga Muhammadiyah sekabupaten Malang. "Ini adalah kegiatan yang pertama diadakan Muhammadiyah dan yang tersukses diselenggarakan. Kami bangga kepada Muhammadiyah karna melalui pengajian seperti ini tentunya akan lebih meningkatkan keharmonisan dan kedamaian antar warga Muhammadiyah pada khususnya dan masyarakat sekabupaten Malang pada umumnya. Semoga Muhammadiyah bisa menjadi teladan bagi ormas lain dalam rangkaian menjaga ketentraman dan kedamaian serta kerukunan masyarakat Indonesia", punkasnya mengakhiri sambutan.

Sementara itu, Drs. H Mursidi, MM selaku ketua PDM Kabupaten Malang menyampaikan berbagai hal yang berhubungan dengan kebijakan PDM utamanya mengenai banyaknya pergantian Kepala Sekolah. Belaiu menjelaskan bahwa pergantian kepala sekolah adalah bertujuan untuk regenerasi dan refreshing kepemimpinan supaya keberlangsungan pendidikan dapat terjaga dengan baik. Dosen Fakultas Ekonomi UMM ini juga mengungkapkan tentang filosofi pensil yang memiliki makna yang tinggi bila dicermati dan dipahami. "Pensil memiliki makna tentang pentingnya mewarnai dunia, mengasah ketajaman berpikir dan berkarya tiada henti , itu yang harus dipegang teguh oleh warga Muhammadiyah", jelasnya.


Pada bagian pamungkas, pengajian ini menghadirkan Dr. Abdul Mu'ti  Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode ini. PDM sengaja memanfaatkan kegiatan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah dalam rangkian kegiatannya di Jawa Timur. Mengawali pidatonya Mu'ti menyampaikan mengenai  Refleksi dan Proyeksi Indonesia Berkemajuan. "Refleksi adalah muhasabah untuk menfeetback apa yang telah dilaksanakan, sedangkan proyeksi adalah  merancang apa yang bisa kita lakukan kedepan. Sesuai dengan amanah hasil Muktamar di Makasar bahwa Muhammadiyah berkomitmen untuk membangun mansyarakat berkemajuan", lanjutnya. 

Menurut Mukti, Indonesia merupakan negara yang memiliki aset sumberdaya alam yang sangat besar dibanding negara negara lain didunia, bila mengelolaan dan manajemen tidak dilakukan dengan sebaik-baiknya maka Indonesia bisa merugi selamanya. Muhammadiyah harus mengambil bagian dalam rangka ikut membantu mewujudkan bangsa yang berkamajuan yang tidak hanya bisa mengelola sumberdayanya tapi juga mengambangkan potensi Indonesia untuk bisa bersaing di internasional. " Semoga kita akan memiliki peran strategis untuk bisa mengangkat harkat dan marbat bangsa melalui pembangunan masyarakat Indonesia yang berkemajuan,' imbuhnya mengakhiri ceramah pengajian PDM Kab Malang. (Hilmi/Rid)

0 komentar:

Posting Komentar