Rabu, 17 Agustus 2016

Posted by Ridlo Posted on Agustus 17, 2016 | No comments

Muhammadiyah Reboisasi 'Bumi Pramuka' Lebakharjo

MDMC PDM Kab Malang menyerahkan secara simbolis bibit mahoni kepada
Kepala Desa Lebakharjo, Wiyadi.

Desa Lebakharjo identik dengan desa Pramuka. Organisasi internasional ini memilih Lebakharjo sebagai lokasi bakti perkemahan pramuka semenjak 1970-an lalu. Tercatat tiga even pramuka tingkat dunia pernah digelar di desa ini.

Pertama, rangkaian kegiatan Bakti Perkemahan Wirakarya (PW) kawasan Asia Pasific ke-1 (The First Asia Pasific Community Service Camp) pada 18 Juni hingga 19 Juli 1978.

Yang kedua, Lebakharjo dipercaya sebagai lokasi lomba Lingkungan Pemukiman oleh pramuka tingkat dunia atau World Scout Competetition on Habitat. Lomba itu digelar melalui Perkemahan Wirakarya dan Perkemahan Bakti Kabupaten Malang pada 17 Juni sampai 7 Juli 1989.

Dan even internasional yang ketiga adalah perkemahan wirakarya dunia yang pertama, atau dikenal dengan The First World Community Development Camp (Comdeca) pada 26 Juli hingga 8 Agustus 1993.

Acara Bakti Lingkungan Muhammadiyah di desa Lebakharjo
Dikelilingi banyak gunung dan bukit, membuat Lebakharjo memiliki potensi wisata dan pertanian yang bagus. Tetapi dengan kondisi geografis alamnya yang merupakan lembah/dataran rendah serta akses jalan yang tidak mudah dilalui, diantara perbukitan dengan tekstur tanah yang sangat mudah tergerus air, menjadikan daerah ini juga sangat rawan terdampak longsor serta banjir.

Menurut cerita salah satu warga, kondisi desa Lebakharjo sebelum reformasi hutan diperbukitan sekeliling desa masih utuh. Jalan menuju desa masih banyak monyet. Namun setelah reformasi hutan dibabat orang tak bertanggung jawab dan diganti tanaman kopi dan pisang, desa ini sekarang jadi langganan banjir dan tanah longsor.

Bertepatan dengan Hari Pramuka, 14 Agustus 2016, Lembaga Penanggulangan Muhamadiyah Kabupaten Malang bekerja sama dengan Majelis Lingkungan Hidup dan Pimpinan Daerah Aisyiyah, menggelar Bakti Lingkungan Muhammadiyah di desa Lebakharjo. Pada kegiatan tersebut diserahkan 1000 bibit pohon Mahoni kepada Kepala Desa Lebakharjo.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wiyadi, Kepala Desa Lebakharjo, Yuli, perwakilan PCM Ampelgading, Slamet B. S., perwakilan MLH dan Endang Sri Rejeki, perwakilan PDA Kabupaten Malang.

Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMK Gondanglegi ikut berpartisipasi
program Bhakti Lingkungan Muhammadiyah

Dengan didukung Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi dan aparat desa setempat, reboisasi dilakukan secara simbolis 150 Mahoni di daerah rawan longsor.

Ketua Lembaga Penanggulan Bencana PDM Kabupaten Malang, Rosi N. Hendrawan menjelaskan bahwa kegiatan reboisasi tersebut merupakan salah satu upaya mitigasi bencana banjir dan longsor di Lebakharjo.

"Selain merupakan program kerja yang diamanahkan kepada Lembaga Penanggulangan Bencana, reboisasi juga merupakan dakwah hayati Muhammadiyah bagi warga Lebakharjo", demikian tutup Rosi. (cholis)


0 komentar:

Posting Komentar