Minggu, 28 Agustus 2016

Posted by Ridlo Posted on Agustus 28, 2016 | No comments

Jurnalistik Sekolah Masyarakat ala MPS

Abdul Muntholb, Duta MPS ketika sharing pengalaman tentang jurnalistik.

Majelis Pelayanan Sosial (MPS) Pimpinan Daerah Muhammadiyah mengawali program Suryaksara dengan menggelar Pelatihan Jurnalistik, Ahad (28/8) siang. Pelatihan program dengan jargon mengikat ilmu dengan hati ini bertujuan untuk menyebarkan ilmu yang disesuaikan dengan keahlian para duta MPS yang menjadi pemateri.

Acara Suryaksara yang dilaksanakan di panti asuhan Muhammadiyah Gondanglegi ini merupakan kerjasama MPS PDM Kabupaten Malang dengan MPS PCM Gondanglegi yang diikuti anak santri dari panti pesantren Muhammadiyah dan Aisyiyah se Kabupaten Malang. Suryaaksara sendiri adalah program dari MPS PDM divisi Sekolah Masyarakat.

Pada acara Suryaksara kali ini, yang menjadi pemateri adalah duta MPS, Cak Abdul Muntholib, yang kini pimred Radar Malang. Dikarenakan keahliannya di bidang jurnalistik maka materi yang disampaikan terkait dengan praktik menulis berita.

Pada acara tersebut ketua MPS PCM Gondanglegi yang juga telah menjadi Duta MPS, Drs. Parngadi, M.Pd,  mengatakan, kegiatan Suryaksara perlu diapresiasi dan dilanjutkan karena membantu peserta mengaktualisasi kemampuan mereka di berbagai bidang.

Dalam kesempatan ini, Cak Tholib mengaku sangat bersyukur bisa berbagi ilmu mengenai jurnalistik dan memberikan kesempatan kepada salah satu santri yang berhasil menulis berita dengan baik sehingga karyanya akan dimuat di Radar Malang pada pekan depan. Selain itu beliau juga menawarkan untuk selalu hadir di acara MPS jika tidak berhalangan hadir.

Ketua MPS, Ai Zahra ketika memberikan sambutan acara pelatihan jurnalistik di Gondanglegi.

"Acara MPS yang selalu didukung MPI dalam pemberitaannya ini juga memberikan kesempatan kepada anak santri yang mengikuti kegiatan tersebut. Nantinya, mereka diperkenankan membantu pemberitaan kegiatan di lingkungan panti dan cabang yang selanjutnya akan ditampilkan di website Muhammadiyah Kab. Malang yang dikelola MPI," terang ketua MPS PD Muhammadiyah, Ai Mulyani Az Zahra.

Ai Mulyani menekankan, seluruh panti asuhan di Kabupaten Malang harus menjadi panti pesantren yang berkemajuan. salah satunya melalui program Suryaksara hari ini, diharapkan anak-anak santri bahkan pengurus pengasuh panti pesantren Muhamnadiyah dapat menulis informasi yang bisa bermanfaat untuk orang banyak.

"Kedepan kegiatan Suryaksara akan diisi oleh para duta MPS, diantaranya seorang sastrawan, wakil rektor dan dokter gigi. Semoga dengan variasi ilmu dari para duta MPS, kita bisa mengikat ilmu dengan hati," demikian Ai Mulyani. (amin)

0 komentar:

Posting Komentar