Sabtu, 30 Juli 2016

Bibit pohon Mahoni yang akan ditanam disekitar lokasi rawan bencana Desa Lebakharjo

Setelah mengamati dan memperlajari penyebab bencana banjir bandang dan longsor yang menimpa rumah dan jalan di Lebakharjo pada bulan lalu, tim MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) akan menggelar bakti sosial yang bertema "Penghijauan di daerah rawan bencana". Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan Ahad (14/8/2016) di lokasi yang rawan bencana desa Lebakharjo Kecamatan Ampel Gading Kabupaten Malang.

Penghijauan ini setidaknya akan memberikan mitigasi pada masyarakat Lebakharjo pada khususnya mengenai kesadaran merawat lingkungan untuk mencegah terjadinya bencana. Seperti diketahui, daerah ini berupa lembah pegunungan yang rawan sekali terjadi ancaman bencana banjir dan tanah longsor. Sekretaris MDMC PDM Kabupaten Nurcholish Dwi menjelaskan bahwa kondisi tanah yang berada dilembah desa Lebakharjo ini memang sudah dalam pengawasan karena sangat memungkinkan terjadinya banjir dan tanah longsor. Dikarenakan kurangnya pohon-pohon yang fungsinya menahan aliran air dan tanah bila terjadi hujan deras yang ekstrim. "Untuk itulah tim MDMC PDM Kabupaten Malang sigap dengan kondisi seperti itu, setelah mengadakan peninjauan dan pengamatan yang intensif kami memandang perlu adanya reboisasi penghijaun kembali lahan-lahan yang rawan bencana tersebut", jelasnya.

Bhakti sosial yang diakselerasikan dengan penanaman seribu bibit pohon mahoni ini terselenggara atas kerjasama MDMC dan Lazismu serta didukung oleh Majelis Lingkungan Hidup PDM Kabupaten Malang. Menurut rencana, acara penamaman secara simbolis akan dilakukan serentak dengan Kepala Desa Lebakharjo, Tim MDMC, PDA, Lazismu, Tim MLH PDM Kabupaten Malang serta di bantu tim KSR SMK Mutu Kondanglegi.  Sisa bibitnya akan diserahkan pengelolaannya ke PCM Ampel Gading untuk diterukan ke lokasi sekitar. Acara ini merupakan kelanjutan dari bakti sosial Muhammadiyah  yang meliputi pembagian sembako dan pengobatan gratis bagi korban bencana Lebakharjo bulan lalu yang digerakkan kerjasama MDMC dan lazismu PDM Kabupaten dan Kota Malang.

Disamping penanaman  seribu pohon mahoni, MDMC juga menyediakan bibit durian untuk bisa membantu pemberdayaan masyarakat. "Diharapkan dengan adanya kegiatan penanaman pohon ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perawatan dan perlindungan bagi tumbuhan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya bencana banjir dan longsor di daerah rawan seperi Lebakharjo. Tim kami akan siap melakukan pendampingan dalam merawat dan mengembangkan penghijauan di daerah lembah ini bersama Majelis Lingkungan Hidup PDM Kabupaten Malang', pungkas Nurcholis. (Nur/Rid)

0 komentar:

Posting Komentar