Selasa, 26 Juli 2016

Ceremonial kegiatan di pendopo kantor desa Lebakharjo kec. Ampel Gading.

Sepekan setelah salurkan bantuan awal [11/07/2016] bagi korban bencana longsor di desa lebakharjo kecamatan ampel gading kabupaten malang tepatnya hari minggu [17/07/2016] kembali lazismu kabupaten malang melakukan bakti sosial kerja bareng dengan LPB (Lembaga Penanggulangan Bencana)/MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) kabupaten dan kota Malang. Bakti sosial yang di pusatkan di pendopo kantor desa Lebakharjo dihadiri lebih bari 90 perwakilan keluarga korban bencana untuk menerima bantuan paket sembako, pakaian layak pakai dan juga layanan kesehatan gratis dari tim dokter LPB/MDMC.

Pemeriksaan kesehatan Gratis dari tim dokter MDMC kabupaten & kota Malang

Aksi/kegiatan kali ini pun disambut antusias oleh masyarakat maupun segenap staf perangkat desa setempat dan juga jajaran PCM Ampelgading. Suhar perwakilan kepala desa Lebakharjo atas nama pemerintah desa menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih atas apa yang dilakukan oleh Muhammadiyah kabupaten Malang sejak awal terjadi bencana [11/07/2016] terus melakukan komunikasi dan koordinasi melalui pcm ampel gading guna membantu meringankan beban masyarakat lebakharjo khususnya keluarga korban bencana. Rossi hendrawan (ketua MDMC kab. Malang) dan Fathoni (ketua MDMC kota Malang) juga mengatakan bahwa muhammadiyah melalui LPB/MDMC akan selalu terus berusaha melakukan koordinasi guna membantu penanganan korban bencana dan kedepannya menyusun program-program rekruitmen relawan (siaga bencana) serta memberikan pelatihan sebagai langkah antisipasi sebagai upaya deteksi dini terhadap bencana bersama pemerintah desa dan dinas terkait pemkab Malang.

Penyerahan bantuan secara simbolis dari tim lazismu kab. Malang ke warga/
masyarakat korban bencana longsor Lebakharjo

Penyerahan bantuan dana dari perwakilan lazismu kota malang [dua dari kanan] ke Siswoto/ketua PCM Ampel Gading [dua dari kiri] disaksikan Cahyo/anggota PCM Ampel Gading [kiri] dan Fatoni/ketua MDMC kota Malang [kanan]

Muhammadiyah sebagai ormas islam yang juga bergerak dibidang sosial kemasyarakatan dituntut untuk selalu mengasah kepekaan terhadap permasalahan-permasalahan ummat/masyarakat dan bukan cuma sekedar empati yang disampaikan melalui slogan-slogan semata, namun muhammadiyah juga hadir dan akan selalu bekerja keras menjadi garda terdepan yang mengawali dalam ber-fastabiqul khoirot, lanjut rossi. Pada kesempatan bakti sosial peduli korban bencana longsor Lebakharjo kali ini perwakilan lazismu kota malang juga menyerahkan bantuan sejumlah uang yang diterima oleh Siwoto (ketua PCM ampel gading) disaksikan Fathoni dan Cahyo (anggota PCM Ampel Gading). di tempat terpisah Herunanto (ketua Lazismu kab. malang) dan juga Zakaria Subiantoro (ketua Lazismu kota Malang) juga mengatakan agar bantuan yang disalurkan dapat sedikit meringankan beban korban bencana, serta berharap aksi/kegiatan seperti ini juga bisa diikuti oleh majelis/lembaga yang ada di Muhammadiyah khususnya dan ormas-oramas islam pada umumnya dalam mesyiarkan dakwah Islam dalam bingkai ukhuwah.
Lazismu, tim MDMC kab. Malang brsm jajaran pemerintah desa lebakharjo.


Desa Lebakharjo dengan kondisi geografis alam nya yang merupakan lembah/dataran rendah serta akses jalan yang menghubungkan antar desa maupun dengan pusat pemerintah kecamatan yang tidak mudah dilalui diantara perbukitan dengan tekstur tanah yang sangat mudah tergerus air yang jadikan daerah ini sangat rawan dan langganan terkena longsor serta banjir. Maka dalam hal ini muhammadiyah sebagai salah satu kekuatan dengan gerakan tajdid nya perlu melakukan komunikasi dan terus mendorong pemerintah kabupaten malang agar mengambil langkah-langkah prioritas untuk recovery (pemulihan) pasca bencana sekaligus menyusun perencanaan program yang sistematis, efektif dan praktis serta berkalanjutan sebagai upaya menekan sememinimal mungkin adanya korban yang diakibatkan oleh bencana di masa-masa mendatang, terang Hariadi ketua divisi pengembangan Lazismu kab. malang.

0 komentar:

Posting Komentar