Selasa, 14 Juni 2016


"Amalan di bulan Ramadan seperti salat, Allah SWT menjanjikan pahalanya hingga 70 kali lipat. Maka dari itu, beribadah dan belajar lah pula dengan sungguh-sungguh dan sekuat tenaga agar mendapatkan keberkahannya." Begitulah salah satu nukilan tausiyah dalam kultum yang disampaikan KH Wakidi, dosen senior UMM sekaligus pendiri SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, usai salat tarawih di masjud sekolah setempat, Ahad (12/6/2016) malam.

Tak seperti sekolah lain kebanyakan memang, Masjid Fastabiqul Khoirat SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, selalu ramai dengan salat Isya' dan tarawih jamaah setiap malam puasa Ramadan. Ibadah salat tarawih ini diikuti sejumlah siswa dari tiap kelas yang dikadualkan giliran, disertai guru dan wali kelas.

Tak hanya salat tarawih berjamaah, SMK Muhammadiyah 1 juga melangsungkan kegiatan Darul Arqam Siswa selama 13-21 Juni 2016. Kegiatan ini diikuti sejumlah 1.221 siswa kelas X-XI dan harus dibagi secara bergelombang.

Waka kesiswaan SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, M Arief Lukman Hakim, SAg mengungkapkan, selama pondok ramadan ini siswa diberikan materi keagamaan dari guru ISMUBA dan materi umum lainnya dari luar.

"Materi darul arqam diberikan dengan penekanan pada pemantapan aqidah dan akhlak," kata Arief Lukman, Selasa (14/6/2016).

Ditambahkan, rangkaian kegiatan Ramadan juga berupa pengajian guru sebanyak empat kali. Juga direncanakan pembagian takjil kepada masyarakat umum. Rencananya, pembagian takjil dilakukan dua kali dengan memanfaatkan sumbangan sodaqah para guru. Takjil akan dibagi-bagikan di daerah depan Polres dan sepanjang Jl Panji Kepanjen. (amn)

0 komentar:

Posting Komentar