Kamis, 30 Juni 2016

Posted by Ridlo Posted on Juni 30, 2016 | No comments

Panti itu Kawah Candradimuka Kader Militan Muhammadiyah

Silaturahim pengurus MPS di Panti asuhan Muhammadiyah Ulil Absar
Ruh Muhammadiyah ada pada amal usaha. Maka, amal usaha perlu mendapatkan perhatian lebih. Majelis Pelayanan Sosial (MPS) PDM Kabupaten Malang bertugas untuk mengawal perkembangan sosial masyarakat Muhammadiyah dan termasuk di dalamnya panti pesantren bergegas melakukan kegiatan konkrit.

Untuk memaksimalkan program  itu, seluruh  anggota MPS  roadshow turun ke panti-panti Muhammadiyah yang berada di kawasan kabupaten Malang pada bulan Juni 2016. Kegiatan diawali kunjungan ke  Panti Asuhan Muhammadiyah  Pakisaji (10 Juni 2016), dilanjutkan ke Panti Al Amin Kepanjen (10 juni 2016), ke panti Muhammadiyah Gondanglegi (13 Juni 2016), kemudian ke panti  Aisyiyah Riverside, Aisyiyah Sengkaling, dan Muhammadiyah Ulil Abshar (21 Juni 2016), serta yang terakhir ke panti AL-Falah Lawang (22 Juni 2016).

Menurut Ketua MPS, Ai Mulyani aZ zahra, S. Hum, kegiatan ini bertujuan unttuk  menjalin keakraban dengan Pengurus,  mengenal lebih dekat pengasuh, profil, dan santri/wati Panti Asuhan Muhammadiyah (PAM).  “Disamping itu juga untuk sosialisasi profil panti dengan analisa SWOT. Bahkan kita juga berdiskusi soal  permasalahan panti dan perkembangan panti. Itu semua agar sesuai  visi misi, yaitu menjadi panti yang berkemajuan yakni mandiri secara ekonomi, individual, sosial & spiritual. Ke depan agar panti lebih profesional  karena panti adalah Kawah Candradimuka kader Muhammadiyah yang militan” tegas mahasiswa S-2 UMM tersebut.

Silaturahmi juga mendapatkan informasi baru. Misalnya ada beberapa panti yang telah mengajari anak asuhnya sedikit banyak berwira-usaha dalam mendapatkan dana. Hal ini seperti yang dilakukan   Panti Al-Amin Kepanjen yang mempunyai usaha membuat tusuk sate, Panti Al-Falah yang mempunyai usaha kue kering, panti Al Amin putri Kepanjen dan Panti Aisyiyah Sengkaling yang menjadi distributor air mineral Q-Mas.

Menurut Dr. Fauzik Lendriyono, M.Si selaku koordinator bidang panti dan pesantren di MPS, untuk usaha ekonomi produktif di masing-masing panti juga msh perlu ditopang dengan dukungan warga muhammadiyah sehingga keberlanjutan nya bisa sedikit terbantu.

“Itu semua langkah awal dalam  menanamkan kemandirian dalam diri anak asuh. Kedepan, harapannya dapat konsisten dan berkembang serta diikuti oleh panti-panti yang lain. Misalnya dengan membeli produk-produk PA, menjalinkan networking dengan stakeholder sekaligus mempromosikan dan upaya lain yang pro to save orphanages” tegas doktor lulusan UNPAD Bandung itu.

 MPS mengajak  seluruh jajaran pengurus PDM & PCM untuk bersama-sama membesarkan panti Asuhan Muhammadiyah di kabupaten. Malang. Juga berharap ke depan seluruh panti Muhammadiyah  menjadi panti yang berkemajuan, mandiri dan dapat mencetak kader-kader Muhammadiyah yang militan (nrd/nr).

0 komentar:

Posting Komentar