Sabtu, 04 Juni 2016

Posted by Ridlo Posted on Juni 04, 2016 | No comments

Masjid Kebanggaan PRM Sepanjang

Donatur Arab Saudi berfoto bersama dengan pengelola masjid


Kegembiraaan dan keceriaan benar-benar dirasakan warga muslim sekitar desa sepanjang kecamatan Gondanglegi kabupaten Malang. Betapa tidak, bangunan masjid yang anggun dan indah menghiasi lingkungan mereka dan siap digunakan sebagai tempat ibadah dan sentral kegiatan keagamaan setiap hari. Masjid Al Khoirot adalah salah satu masjid yang dirintis oleh Pimpinan Ranting Muhammadiyah Sepanjang dengan mengahabiskan biaya kurang lebih 800 juta rupiah.

Adalah Syaih Abdul Kholiq Al Ghomdi, salah satu donator besar dari Arab Saudi sebagai pelecut pembangunan masjid melalui proposal yang diajukan oleh pengelolal masjid. Dana sebesar 400 juta dari Syaih Arab ini telah digunakan sebagai modal awal untuk mendirikandan membangun Baitullah yang memliki lokasi strategis di jl. KH Ahmad Dahlan desa Sepanjang. Donatur dari keluarga Al Ghomdi ini, merupakan salah satu donator tetap dari Arab Saudi yang sudah banyak memberikan bantuan pembangunan Masjid di asia dan belahan dunia.

Proses pembangunan masjid mulai dari awal sampai selesai memerlukan waktu kurang lebih 5 bulan. Peletakan batu pertamanya pada tanggal  1 Januari 2016 oleh Ketua PDM Kab Malang, Drs. H. Mursidi, MM. Proses pembangunan sejak awal januari sampai 31 Mei berjalan dengan lancar dan didukung penuh oleh semua warga disekitar lokasi. Melalui berbagai persiapan dan rapat tiap minggu dan ahad malam yang ditempatkan bergiliran di rumah panitia, maka telah di hasilkan sebuah bangunan tempat ibadah yang sangat bermanfaat bagi umat muslin di desa sepanjang. Kekurangan pembiayaan pembangunan diupayakan mandiri bahu-membahu seluruh masyarakat dan para donatur sampai mencapai dana 400 juta. Sehingga bisa mempercepat proses finishingnya.

Masjid Al Khoirot desan Sepanjang Gondanglegi

Pada acara peresmian Masjid Al Khoirot, Jumat (3/6) di hadiri oleh Syaih Abdul Kholiq Al Ghomdi didampingi oleh perwakilannya di Indonesia sekaligus melakukan sholat Jumat perdana sebagai tanda dimulainya kegiatan peribadatan yang akan dikelola oleh takmir dalam binaan ranting Muhammadiyah Sepanjang. Sebagai muadzin adalah syaih donator Arab Saudi yang memiliki suara lantunan suara khas arab sehingga banyak warga sekitar yang mengikuti sholat jamaah disini.

Selesai melakukan sholat jum'ah, dilanjut dengan acara peresmian Masjid oleh  Syaih Abdul Kholiq Al Ghomdi dengan jajaran pimpinan Ranting Muhammadiyah serta pengelola pembangunan. Dalam sambutannya perwakilan donatur Arab Saudi mengaku sangant puas dengan hasil pembangunan yang dilakukan dengan solid, bersih, keserapan dana mencapai 100%, antusiasme jamaah dan tanggung jawab pengelola yang sangat baik. Untuk itulah pihaknya akan segera memberikan bantuan lagi untuk menambah karpet masjid dan pembangunan saran pendidikan anak dan kantornya.


Ketua PRM Sepanjang, Drs. Parngadi menyampaikan kebanggannya kepada semua pihak yang telah dengan tulus ikhlas baik material maupun tenaga sukarelawan sehingga proses pembangunan bisa dikerjakan dengan cepat dan tepat dengan hasil yang memuaskan. "Mudah-mudahan masjid ini akan memberikan sinar-sinar spiritual dakwah untuk masyarakat sekitar dan Muhammadiyah bisa memberikan pencerahan bagi kehidupan disini.", jelasnya. (Zaki/Ridlo)

0 komentar:

Posting Komentar